Sekolah di Kawasan Perumahan Elite

Perumahan mewah terus dibangun untuk memenuhi permintaan pasar terhadap hunian yang eksklusif terutama di kota-kota besar di Indonesia. Berbagai fasilitas pun dibangun guna menunjang keberadaan kawasan hunian. Pusat perbelanjaan modern dan mewah, sarana olah gara dan rekreasi, rumah sakit dan tidak ketinggalan adalah sekolah.

Namun pengembang perumahan mewah tidak sekedar merangkul yayasan sekolah, dipilih sekolah-sekolah favorit yang nantinya dapat bersinergi dengan keadaan lingkungan perumahan elite. Sekolah elite pun bermunculan di beberapa kawasan perumahan mewah. Sebut saja Sekolah Ciputra,  Sekolah Harapan Bangsa dan lain sebagainya. Kawasan hunian mewah, terus mencoba membangun lembaga pendidikan seperti sekolah di Summarecon Bekasi sebuah kawasan perumahan elite di Timur Jakarta.

sekolah-al-azhar

Sekolah di Kawasan Perumahan Elite

Beberapa sekolah yang berhasil bertahan dan berkembang di kawasan perumahan elite:

Sekolah Harapan Bangsa. Beroperasi sejak tahun 2005. Saat ini memiliki 4 gedung di perumahan Kota Modern dan Moderhill. Konsep Sekolah Harapan Bangsa (SHB) adalah mendidik siswa-siswi hingga berprestasi dalam pengetahuan akademik (Knowledge) dan non akademik, mempunyai prinsip keimanan yang teguh (Faith), serta memiliki pribadi yang berkarakter kuat (Character) saat berada ditengah masyarakat.

Sinarmas World Academy (SWA). Sekolah internasional yang beroperasi  berdiri sejak 2008 di BSD City. Memiliki visi untuk menciptakan masa depan komunitas pembelajar yang dinamis yang meliputi Asia dan terlibat secara global. Sementara misinya adalah Terlibat, Bertindak, dan Berkembang. Menggunakan pengantar bahasa Inggris sedangkan bahasa pendukung adalah Mandarin dan bahasa Indonesia. SWA menggunakan kurikulum Internatioinal Baccalaureate (IB) yang sudah mendapatkan otoritas penuh untuk IB Primary Years Programme (IB MYP) untuk Pre-Kindergarten hingga kelas 5, IB Niddle Years Programme (IB MYP) untuk kelas 6-10, dan IB Diploma Programme (IB DP) untuk kelas 11-12.

Sekolah Citra Berkat. Berada di perumahan CitraRaya menyediakan sarana pendidikan TK dan SD. Melalui pendirian Sekolah Citra Berkat, Ciputra ingin membagikan berkat bagi anak-anak Indonesia agar mereka dapat mempersiapkan diri menjadi entrepreneur masa depan, sekaligus membentuk generasi yang lebih siap menghadapi era globalisasi. Untuk tujuan inilah, dengan berdasarkan prinsip-prinsip Kristiani yaitu melayani dan mengasihi, Sekolah Citra Berkat memfokuskan pada pembangunan mindset dan karakter yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat global di era abad 21.

Sekolah Fajar Hidayah. Berlokasi di Sentul City terdiri atas jenjang pendidikan SD dan SMP. Menggunakan kurikulum nasional plus, yang berbasis Islam. Siswa juga diarahkan untuk menguasai dua bahasa yakni Inggris dan Arab, sehingga selepas sekolah mereka dapat melanjutkan keluar negeri baik ke Eropa maupun ke Timur Tengah.

Sekolah Islam Al Azhar Bekasi. Beroperasi pada tahun ajaran 2013-2014 di Summarecon Bekasi dengan membuka jenjang pendidikan SMP dan SMA, yang masing-masing terdiri atas 4 kelas paralel. Tahap 1 yang dibangun di atas lahan seluas 1 Ha, terdiri dari bangunan 5 lantai dengan 1 lantai basement dan 1 lantai atap. Dengan Fasilitas kelas dilengkapi dengan AC dan LCD, Lab Bahasa, Komputer, Musik, Biologi, Fisika, Kimia, Perpustakaan, Ruang OSIS/EKSKUL, Rapat Guru, Koperasi, Jam’iyyah, Klinik / UKS, Musholla, Kantin (150 orang) dan Aula (500 orang), Sarana Olahraga yang terdiri dari Lapangan Basket, Volley, Futsal, Badminton dan Tenis Meja.

Masih banyak sekolah-sekolah elite yang ada di perumahan mewah di Indonesia. Selain untuk menunjang fasilitas kompleks hunian, diharapkan sekolah-sekolah tersebut mampu mengakomodir pendidikan bagi warganya.

 

Comments
  1. Jamkho

    wah bagus sekali sekolahan ada di perumahan elite..

ADD YOUR COMMENT