daftar iklan mgid

Jenis Dinamo Listrik Pada Genset

Perlu diketahui, dalam dunia kelistrikan ada alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dalam bentuk putaran yang disebut dinamo listrik yang berada pada dalam genset.

Dinamo Listrik Pada Genset

Sebaliknya dari motor listrik, terdapat alat pengubah energi mekanik menjadi energi listrik yaitu genset. Namun terdapat sebuah alat yang berfungsi sebagai generator dan motor listrik.

Dinamo listrik terbagi menjadi 2 jenis dalam segi supply, yaitu arus Direct Current (DC) dan arus Alternating Current (AC)

Dinamo Listrik Direct Current (DC) umumnya terdapat pada komponen elektronika yang dilengkapi dengan baterai seperti pada starting sepeda motor dan kipas baterai. Karena dilengkapi dengan magnet permanen, jenis dinamo AC dapat digunakan sebagai motor juga generator.

Jenis DC merupakan arus searah sehingga harus diperhatikan posisi penghantarnya. Jangan salah memposisikan min (-) dan positif (+) nya agar tindak merusak komponen yang sedang digunakan.

Lentera kecil:  Memiliki Bisnis Restoran Sendiri dengan Modal Minim

Jenis Dinamo Listrik Pada Genset

1. Dinamo Listrik 3 phase

Dinamo listrik ini di jalankan dengan menggunakan supply listrik 3 (tiga) phase RST, umumnya tipe ini berjenis motor kapasitor atau motor kapasitor atau motor induksi yang memiliki 3 kutup saling mendorong sehingga menghasilkan putaran yang lebih bertenaga. Karena listrik rumah tidak dapat menjalankan 3 phase secara optimal maka diperlukan supply arus ke 3 phase dari PLN.

1. Motor induksi kapasitor

Jenis ini merupakan jenis motor 1 phase yang mengandalkan dua kumparan yaitu kumparan utama memiliki ukuran yang lebih besar dan kumparan bantu berukuran kecil namun jumlahnya banyak. Jenis ini dilengkapi dengan kapasitor sebagai pembantunya.

2. Motor Shaded Pole

Jenis ini memiliki konstruksi yang paling sederhana karena terdapat kawat di kedua ujung stator yang berfungsi sebagai kumparan. Pada jenis ini bentuk kumparannya mengumpul seperti kumparan transformotor dan rotornya berbentuk sangkar tupai yang posisi porosnya ditempatkan pada rumah stator. Dari dua kawat yang dialiri daya magner pada kumparan inilah yang menghasilkan putaran pada motor shaded pole.

Lentera kecil:  Hobby Travelling? Pastikan Mengasah Kemampuan Berbahasa Inggris dan Rasakan Manfaatnya

Jenis Motor shaded pole memiliki keunggulan yang sangat irit dan awet. Karena itu umumnya jenis ini digunakan secara lama seperti pada kipas cocok digunakan pada pekerjaan industri.

2. Motor Universal

Motor universal merupakan jenis motor listrik dengan dua tenaga sekaligus yaitu tenaga dari kumparan stator dan dari rotor yang dilengkapi juga dengan kumparan. Jenis motor listrik ini memiliki kecepatan paling tinggi dan kekuatan yang paling besar, namun dengan daya yang lebih besar juga menghasilkan suara yang bising, sehingga Anda bisa menggunakan canopy genset silent untuk mengurangi kebisingan.

Peralatan listrik umumnya menggunakan motor universal adalah bor listrik, mixer, gerinda tangan, blender, dan peralatan kecil berkecapatan tinggi. Motor listrik jenis ini harus di rawat dengan baik dan tepat terutama pada bagian penggunaan sikat karbon yang harus diganti karena seting habis.

Lentera kecil:  Jasa Penulisan Artikel

 

Jenis Dinamo Listrik Pada Genset

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *