daftar iklan mgid

5 Alasan Mengapa Motor Disukai Masyarakat

Sepeda motor, selanjutnya disebut motor saja, merupakan salah satu moda transportasi yang kian disukai oleh masyarakat di Indonesia. Secara kasatmata saja, dari tahun ke tahun jumlah motor mengalami peningkatan yang cukup signifikan di jalan raya, baik itu di kota maupun di pedesaan. Tidak dipungkiri lagi bahwa saat ini banyak keluarga yang memiliki motor lebih dari satu.

Alasan Motor Disukai Masyarakat

Mayoritas masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah, motor banyak digunakan sebagai alat transportasi atau kendaraan pribadi untuk aktivitas sehari-hari, bahkan dijadikan sebagai sarana dan sumber pencaharian. Namun, bagi kalangan atas, motor bisa menjadi gaya hidup.

Oleh karena itu, dalam beberapa tahun terakhir peningkatan jumlah pengendara motor ini semakin terasa dengan meningkatnya kepadatan arus lalu lintas di jalan raya. Dominasi motor sangat terlihat pada jam-jam berangkat sekolah atau kerja sehingga tidak jarang terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan. Hal yang sama terjadi, terutama pada jam pulang kerja di sore hari.

Sepeda motor, dengan harganya yang relatif murah dan fleksibilitas yang ditawarkan kendaraan pribadi, menjadi pilihan banyak masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pergerakannya. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah kendaraan pribadi termasuk sepeda motor di kota-kota besar di Indonesia.

Alasan Mengapa Motor Lebih Disukai

Motor menjadi pilihan alat transportasi bagi masyarakat luas karena beberapa alasan. Antara lain:

Lentera kecil:  HIT Obat Nyamuk Andalan Godrej Indonesia

1. Harga Relatif Murah

Dibandingkan mobil, harga motor relatif lebih murah sehingga dapat terjangkau oleh hampir semua golongan masyarakat. Apalagi masyarakat dapat membeli motor baru maupun bekas secara kredit dengan uang muka yang cukup rendah.

Selain itu, banyak bermunculan penyedia layanan jual beli motor baru bahkan saat ini bisa dilakukan secara online untuk melihat, memilih dan menentukan motor yang akan dibeli dengan mudah. Salah satu penyedia layanan online jual beli motor baru dan bekas baik secara tunai maupun kredit adalah https://moladin.com.

2. Praktis dan Sederhana

Motor merupakan alat transportasi yang sangat lincah dan praktis di jalan raya. Ukuran motor yang kecil dan ringan akan secara cepat dan mudah menerobos kemacetan dan dibawa kemana-mana termasuk jalan sempit atau gang. Selain itu, perawatan motor lebih sederhana, mudah dan murah dibandingkan dengan mobil.

Lentera kecil:  Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

3. Lebih Ekonomis

Konsumsi BBM motor jauh lebih irit dibandingkan mobil, sehingga dapat menghemat pengeluaran biaya. Rata-rata konsumsi bahan bakar motor untuk satu liter bensin dapat menempuh jarak 50 kilometer. Bandingkan dengan rata-rata konsumsi BBM mobil yang hanya dapat menempuh jarak sekitar 10 kilometer untuk satu liter. Termasuk juga untuk perawatan dan perbaikan.

4. Dapat Untuk Usaha

Selain untuk kendaraan pribadi, tidak jarang masyarakat membeli motor untuk usaha. Sejak dulu sudah ada ojek yang merupakan angkutan umum menggunakan sepeda motor. Apalagi saat ini hadir ojek berbasis aplikasi online untuk kebutuhan masyarakat akan transportasi yang mudah didapat, nyaman, cepat, dan murah.

Tidak sedikit motor digunakan sebagai sarana usaha atau pedagang keliling yang menggunakan motor untuk menjajakan atau mengantar dagangannya.

5. Gaya Hidup

Lentera kecil:  Potensi Keindahan Alam Kota Batu Sebagai Tempat Wisata

Untuk sebagian masyarakat, motor sudah menjadi gaya hidup, tidak hanya sebagai sarana transportasi harian semata. Terutama bagi kalangan menengah ke atas menjadikan motor sebagai bagian dari gaya hidup dan identitas diri dengan memiliki motor-motor premium yang harganya bisa mengalahkan sebuah mobil.

Dengan melihat kelima alasan di atas maka tidak heran jika beberapa tahun belakangan ini jumlah pengguna motor meningkat drastis sebagai alat transportasi dan usaha sehari-hari.

Namun terlepas dari alasan tersebut, pertumbuhan motor yang cukup drastis itu, juga memiliki dampak negatif, baik itu dari sisi ekonomi, sosial, maupun lingkungan.

Selain menambah kepadatan lalulintas, iming-iming murah dan sangat mudah untuk dapat memiliki motor membuat masyarakat menjadi tergiur untuk terus membeli tanpa memikirkan fungsi utamanya, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

 

Alasan Mengapa Motor Disukai Masyarakat

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *