Bisnis

Tips Meningkatkan Penjualan Online

Lenterakecil.com mencoba berbagi tips untuk rekan-rekan yang akan mengoptimalkan SEO halaman produk toko online. Tips ini saya rangkum dari beberapa sumber juga sedikit pengalaman saya tentang SEO seperti permintaan beberapa rekan sebagai cara meningkatkan penjualan online mereka.

Ada rekan mengeluh, kenapa penjualan online-nya tidak ada perkembangan sama sekali, bahkan di hasil pencarian google sedikit dengan kata kunci yang diharapkan. Setelah melihat tampilan situsnya, dukungan konten kurang menarik dan struktur SEO-nya tidak bersabahat (SEO Friendly)

bisnis online

Berikut beberapa tips cara meningkatkan penjualan

Nama Produk

Terkadang nama produk yang dijual diabaikan, padahal ini paling penting. Jika hanya menggunakan kode barang dan nama singkat tidak menarik bagi pengunjung juga mesin pencari. Beri nama produk yang jelas dengan beberapa kata (deskriptif) Misalkan: Baju Keren Korea Satin (Merah-Import) M210. Usahakan juga memberi nama yang berbeda-beda untuk setiap produk.

Deskripsi Produk (Description)

Penjelasan atau deskripsi produk ini bisa menjadi bagian penting untuk pengoptimasian mesin pencari. Terkadang deskripsi sangat singkat bahkan tidak jarang dikosongkan. SEO on page sangat dominan di sini. Nama produk, kategori produk dan spesifikasi produk harus ditampilkan dan mendapat perhatian dengan tag-tag H2,H3. Bold, dsb. Buatlah 2 atau 3 paragraf tentang produk. Selain pengunjung mendapat informasi jelas, mesin pencari pun akan mengindeks dengan keyword yang berbeda.

Kategori Produk

Membuat kategori produk sangatlah penting. Selain mempermudah konsumen mencari produk, mesin pencari pun bisa mengindeks lebih beragam. Pastikan produk  sesuai dengan kategorinya. Misalkan produk baju lebih tepat berada di kategori pakaian daripada di gadget.  Selain itu url akan tampak menarik dan sesuai, misalkan www.namablog.com/pakaian/baju-bayi-menarik.html. Terlihat lebih profesional dan seo friendly.

Media Pendukung

Lucu dan aneh jika ingin berjualan baju tidak ada foto pendukung. Pengunjung akan malas jika diajak membayangkan hanya berdasarkan keterangan saja. Foto merupakan daya tarik utama orang untuk membeli. Untuk itu buat gambar produk dengan menarik dan sedetail mungkin (tampak depan, belakang dan samping) sehingga calon pembeli dapat dengan mudah mengenali produk Anda. Selain itu, beberapa mesin pencari mendukung pencarian gambar. Gunakan Alt (teks pengganti) gambar sesuai dengan nama produk sehingga mesin pencari akan mengindeks-nya. Anda juga dapat menambahkan video yang diunggah ke youtube dengan menyertakan link ke situs toko online anda..

Semoga tips singkat dan sederhana ini dapat diterapkan sebagai salah satu  cara meningkatkan penjualan online bagi Anda. Semoga sukses !

 

Loading...
loading...

Lentera kecil media online sarana pembelajaran pendidikan yang informatif, inspiratif dan edukatif

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *