Blogging

Blog Gratis Di Sisi Lain

Membuat blog gratis tidaklah sulit, hanya bermodal email yang gratis juga, jadilah sebuah blog. Blogspot, wordpress, blog.com, yola, dan banyak lagi situs yang memberikan kepada setiap orang untuk membuat blog dengan gratis. Sayangnya, ada sedikit persoalan yang dihadapi sebagian orang untuk memulai. Yang saya maksud di sini bukan cara mendaftar, membuat atau mengelola blog gratis.

Blog gratis memang bagus untuk pembelajaran, apalagi dengan minimnya anggaran. Akan tetapi ada sedikit (tidak banyak kok) masalah, menurut saya. Coba kita cari nama URL yang akan didaftarkan/dibuat. Membuat nama URL yang sesuai dengan keinginan kita sendiri sulitnya minta ampun. Tentu saja kita ingin sebuah URL yang unik, bagus, mudah diingat, baik untuk SEO, dll, tentunya akan berebut dengan jutaan orang di dunia, siapa cepat akan dapat.

Blog Gratis Di Sisi Lain

Sayangnya…yang ini membuat saya sedih sekaliguus jengkel. Banyak blog gratis kosong tanpa isi apapun alias hanya namanya saja, ada juga yang sekian tahun tidak terupdate, masih dapat diakses. Pengalaman saya mengajukan nama URL sering tidak tersedia atau sudah digunakan, baik di blogspot maupun di wordpress yang merupakan situs blog terbesar. Dan kenyataannya URL tersebut kosong atau sudah lama tidak ada kegiatan oleh pemiliknya. Pengalaman lain lagi, meskipun blog kita sudah dihapus, di blogger.com masih tersembunyi demikian juga di wordpress, dalam arti masih bisa dimunculkan kembali.

Saya belum menemukan TOS di beberapa situs gratis yang mengatur masa berlakunya sebuah blog. Kebijakan untuk menerima, menghapus blog gratis sepenuhnya ada pada pemilik situs, tanpa ada pemberitahuan. Lain dengan situs berbayar dengan aturan yang jelas, dan kita dapat menuntut apabila merasa dirugikan.

Alangkah ada kebijakan bagi blog gratis, misalnya blog akan dihapus apabila tidak melakukan aktivitas oleh pemiliknya selama kurun waktu tertentu. Sehingga nama URL dapat dipakai oleh orang lain.

Atau ada kebijakkan lain yang mengatur, tetapi saya sedih ketika nama URLyang  saya ajukan tidak tersedia karena sudah dipakai dan yang memakai menyia-nyiakan (bahkan sudah lama terdaftar).

Gratis sih… coba bayar, akankah seperti itu ?

Blog Gratis Di Sisi Lain – Lentera Kecil

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *