Ragam

Mau Hunian Murah Dekat Ibukota? Cari Rumah Dijual di Tangerang Harga 100 Juta

Mencari hunian murah seperti rumah dijual di Tangerang harga 100 juta atau pun berkisar di angka tersebut, mungkin tak terlepas dari keberadaan rumah subsidi.

Rumah Dijual di Tangerang

Bisa dibilang pengadaan rumah subsidi merupakan program besar pemerintah khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang bertajuk Program Satu Juta Rumah yang dirilis sejak 2015.

Dari namanya tentu sudah bisa ditebak bahwa pengadaan rumah adalah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar bisa memiliki hunian yang layak.

Program ini juga mendapat sambutan menggembirakan dari masyarakat karena lebih dari 2 juta unit rumah subsidi telah terjual hingga kini.

Hal yang paling menonjol dari rumah ini tentunya adalah harganya yang murah, dimana nilainya berbeda-beda di setiap kawasan.

Misalnya untuk kawasan Jabodetabek harganya adalah Rp 148,5 juta, di kawasan Jawa lainnya dan Pulau Sumatera (kecuali Kep.Riau dan Bangka Belitung) harganya paling murah yakni Rp 130 juta.

Sementara Kawasan Indonesia Timur tepatnya di Papua, nilai rumah subsidi paling tinggi yakni Rp 205 juta.

Selain harga yang murah, kelebihan rumah subsidi lainnya adalah DP yang ringan. Ini tentunya terkait harga rumah yang murah, maka otomatis uang muka alias DP-nya juga terbilang kecil, misalnya untuk Jabodetabek berada di kisaran Rp 10 juta.

Bahkan tak sedikit juga lho yang menawarkan uang muka 1%.

Lagi-lagi, karena harga yang murah, kelebihan rumah subsidi lainnya adalah cicilan yang relatif kecil setiap bulannya.

Dimana rata-rata dikenakan biaya cicilan sekitar Rp 1 juta per bulan, ditambah suku bunga tetap, dan tempo cicilan yang panjang yakni maksimal 20 tahun.

Jadi nantinya, Anda akan lebih diringankan dalam masa cicilan.

Lalu kelebihan lain dari rumah subsidi adalah sudah dalam kondisi siap huni.

Dengan begini, Anda bisa terhindar dari kemungkinan untuk kena kasus gagal bangun seperti yang banyak terjadi dalam kasus pembelian rumah.

Bahkan untuk rumah subsidi, Anda baru boleh mulai mencicil setelah pengerjaan bangunan rumahnya selesai.

Tapi, tentunya ada juga kekurangan dari rumah subsidi.

Misalnya bahan bangunan yang standar alias non-premium.

Jelas saja, karena harganya juga jauh di bawah rata-rata rumah non-subsidi.

Tapi pemerintah dalam hal ini tetap memantau dan memastikan pada setiap pengembang yang berpartisipasi dalam pengadaan rumah subsidi, untuk membangun hunian dengan kualitas yang layak huni.

Jadi tak perlu khawatir, meski tidak berkualitas premium, tapi setidaknya sudah memenuhi standar ya…

Selain kualitas bahan bangunan yang standar, keterbatasan lainnya adalah pada luas lahan, yang berkisar sekitar 60m2.

Lalu kekurangan berikutnya dari rumah subsidi adalah lokasi yang biasanya berada jauh dari pusat kota. Ini disebabkan oleh harga lahan di kawasan pinggiran masih jauh lebih murah.

Dan lagi-lagi, Anda tak perlu khawatir, karena meski jauh dari pusat kota, yang penting aksesnya terbuka dan tersedia transportasi serta infrastruktur memadai untuk mendukung mobilitas Anda sehari-hari.

Pilihan Rumah Dijual di Tangerang Harga 100 Juta

rumah subsidi di Tangerang

Jika Anda salah satu pencari hunian murah, bisa coba pertimbangkan rumah subsidi atau rumah dijual di Tangerang harga 100 juta.

Untuk mencari informasinya mudah saja, karena kini Anda bisa mengecek langsung via situs jual beli properti www.99.co/id.

Sebagai contoh, ada hunian bersubsidi di Gardenia Sepatan yang bisa Anda beli dengan harga tepatnya Rp 99 juta secara tunai.

Hunian tipe 30/60 ini memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan carport.

Untuk spesifikasi fisik bangunan antara lain berupa pondasi batu kali, dinding bata merah, atap baja ringan, lantai keramik, genteng metal pasir, plafon gypsum dan kusen aluminium.

Lokasinya pun hanya berjarak setengah jam ke Bandara Soekarno Hatta, dan dekat ke Pasar Sepatan, RSUD serta ke sejumlah sekolah.

Sementara aksesnya juga cukup mudah karena berada di pinggir jalan raya dengan angkutan umum yang beroperasi 24 jam.

Selain cash keras, Anda bisa mendapatkan hunian ini dengan cash bertahap mulai dari 6 bulan, 12 bulan, atau juga bisa dengan KPR.

Pilihan lain rumah dijual di Tangerang harga 100 juta atau di kisaran tersebut bisa juga Anda coba di kawasan Cisoka, Tigaraksa.

Rumah dengan 2 kamar tidur, kamar mandi, ruang serbaguna ini memiliki luas 42m2 dengan struktur bangunan beton bertulang, pondasi batu kali, rangka atap baja ringan, lantai keramik, dan listrik berdaya 1300W.

Lokasinya pun cukup menarik karena berada di kawasan bebas banjir dan dekat ke Stasiun Tigaraksa dan Terminal Balaraja.

Anda bisa mendapatkan rumah murah satu ini dengan mencicil via KPR dengan angsuran flat hingga lunas, booking fee Rp 1,5 juta dan uang muka sebesar Rp 3,5 juta dan bisa juga dicicil.

Sebelum Beli Rumah Dijual di Tangerang Harga 100 Juta, Cek Dulu Beberapa Hal Ini!

membeli rumah di tangerang

Kalau Anda tertarik untuk membeli rumah dijual di Tangerang harga 100 juta atau rumah subsidi ada beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan.

Mulai dari menyiapkan surat keterangan bahwa Anda belum memiliki rumah dari kelurahan. Lalu juga keterangan bahwa Anda adalah karyawan tetap, serta pastikan semua dokumen telah lengkap, antara lain fotokopi identitas, NPWP, slip gaji hingga SPT tahunan.

Lalu untuk tahapannya Anda bisa langsung datangi pengembang yang menyediakan rumah subsidi.

Ya, meski Anda bisa memilih-milih rumah subsidi via online, tetap saja Anda perlu melihat langsung rumah yang telah dipilih.

Mendatangi pengembang langsung juga bertujuan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai booking fee dan hal-hal lainnya secara lebih detail, termasuk berkas lengkap yang harus dikumpulkan.

Nah, jika berkas Anda sudah lengkap, nantinya pengembang akan melimpahkan berkas tersebut ke bank yang telah diajak bekerja sama.

Dan kalau disetujui maka Anda bisa membayar uang muka dan dilanjutkan dengan melakukan akad kredit.

Jika proses ini dilakukan, maka Anda sudah bisa menerima kunci, dan mulai membayar cicilan.

Oya, pastikan juga Anda telah memenuhi syarat umum yang di antaranya adalah Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP dengan usia minimal 21 tahun atau sudah menikah.

Lalu juga belum memiliki rumah, serta belum pernah menerima subsidi dalam bentuk apapun sebelumnya, dengan penghasilan maksimal 4 juta untuk rumah petak dan maksimal 7 juta untuk rumah susun.

Namun di aturan baru untuk tahun ini, syarat penghasilan untuk PNS/TNI/Polri tidak melebihi batas Rp 8 juta dan masyarakat umum penghasilan lebih dari Rp 4 juta per bulan.

Selain itu, demi kelancaran segala urusan dengan perbankan juga pastikan anda memiliki riwayat perbankan yang bagus ya…

Artinya jika pernah mencicil ke bank, maka pembayaran cicilan sebaiknya berjalan lancar.

Karena kalau Anda memiliki tunggakan kredit atau angsuran, ini bisa jadi pertimbangan bagi bank untuk tidak memberikan Anda bantuan KPR. Sayang sekali bukan?

Apalagi mendapatkan rumah subsidi di Tangerang harga 100 juta melalui program KPR banyak sekali lho keuntungannya, salah satunya adalah cicilan yang tidak memberatkan.

Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk mendapatkan rumah subsidi seperti ini ya, mengingat harga properti yang makin hari makin selangit.

Jadi sudah siap untuk beli rumah dijual di Tangerang harga 100 juta?

Selamat mencoba!

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *