Doa Sebelum Melakukan Perjalanan Untuk 6 Agama

Berdoa sebelum melakukan perjalanan atau bepergian merupakan nasihat yang sangat bijak. Entah itu perjalanan jauh dekat, entah itu berjalan kaki atau menggunakan sarana transportasi, entah apa itu tujuannya, dengan melakukan doa sebelum berangkat diharapkan agar mendapat perlindungan dari Sang Pencipta.

Semua agama di dunia menganjurkan berdoa sebelum berangkat dan masing-masing agama memiliki cara doa untuk bepergian, terlebih melakukan perjalanan jauh dengan alat transportasi darat, laut dan udara. Inti dari doa tersebut adalah agar perjalanan dapat lancar sampai ke tempat tujuan tanpa ada halangan apapun.

Doa Sebelum Melakukan Perjalanan

 

Doa 6 Agama Sebelum Melakukan Perjalanan

Berikut doa dari 6 agama seperti yang umumnya tersedia di pesawat udara sebagai petunjuk ringkas membaca doa. Tidak ada keharusan untuk membacanya jika memiliki bacaan doa yang berbeda. Yang terpenting adalah niat dan berpasrah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar perjalanan selamat sampai tempat tujuan.

Doa Agama Islam

Doa Sebelum Melakukan Perjalanan Agama Islam

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Mahasuci (Allah) Dzat Yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu mengusasinya, dan sesungguhnya kepada Tuhan kami tempat kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan dan ketakwaan dan amal yang Engkau ridhoi pada perjalanan kami ini. Ya Allah, ringankanlah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jaraknya yang jauh.Ya Allah, Engkaulah kawan (yang melindungi) perjalanan dan wakil (yang menjaga) keluarga kami. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan perjalanan dan keburukan pemandangan dan kejelekan di saat kembali, pada harta dan keluarga.

Doa Agama Kristen Protestan

“Bapa sorgawi, kami mengucap terima kasih atas Rachmat dan Kasih Sayang Mu yang tidak berkeputusan di dalam hidup kami. Saat ini kami panggil nama Mu yang Kudus untuk menyertai perjalanan kami, kiranya Tuhan melindungi dengan kuasa Roh Kudus Mu pesawat yang kami tumpangi ini agar terhindar dari gangguan dan marabahaya. Demikian juga para awak pesawat kiranya Tuhan yang memimpin serta memberi kemampuan bagi mereka untuk melaksanakan tugas mereka masing-masing dengan baik sehingga kami di tujuan tepat waktu dan selamat dan dalam suka cita. Terimakasih atas pertolongan serta kasih Mu yang tidak berubah dari dahulu, sekarang sampai selama-lamanya. Dan dalam nama Tuhan Yesus kami naikkan do’a dan permohonan kami ini”. Amin.

Doa Agama Katholik

“Dalam (demi) nama Bapak, Putera dan roh Kudus, Amin. Ya Tuhan. Dahulu kala Engkau pernah menyelamatkan anak-anak Israel yang menyeberang laut dengan kaki kering. Dan tiga raja budiman dan sebelah timur telah Engkau tunjukkan jalan kepada-Mu dengan bimbingan bintang ajaib. Kami mohon kepadaMu: Karuniakanlah kami suatu perjalanan yang selamat, dengan cuaca yang bagus dan menyenangkan. Berilah supaya dengan bimbingan malaikat-malaikatMu yang kudus, awak pesawat terbang ini mengantarkan kami mencapai tujuan perjalanan kami dengan selamat. Kami mohon juga agar keluarga yang kami tinggalkan Engkau hibur dalam rasa damai, sampai akhirnya boleh mendarat dengan aman di tempat tujuan. Terpujilah nama Mu, sekarang dan selamanya. Amin. Demi nama Bapa, Putera dan roh Kudus”. Amin.

Doa Agama Buddha

“Namo Tassa Bhagavato Arahato Samma Sambuddhassa. Sabbe Sata BhavantuSukhitatta. Sadhu! Sadhu! Sadhu!”

(Terpujilah Sang Bhagava, yang Maha Suci, Yang Telah Mencapai Penerangan Sempurna. Semoga Semua Makhluk Berbahagia. Demikianlah hendaknya).

Doa Agama Hindu

“Om om jaya jiwat sarira raksan dadasi me. Om mjum sah waosat mrityun aya namah swaha. Om ayu widhi labhate dhanam widhi guna suci yadnya sudha sila sudhadyanam bhukti mukti phalam swargam”.

(Om Sanghyang Widhi Wasa Yang maha Jaya Yang maha mengatasi segala kematian. Kami memujamu. Lindungilah kami dari marabahaya. Om Sanghyang Widi Wasa, semua keuntungan kekayaan, kepandaian adalah atas yadnya  suciMu. Semoga tingkah laku dan pikiran kami menjadi bersih dan mencapai kebahagiaan  lahir bathin).

Doa Agama Khonghucu

“Xian You Yi De (3x). Wei De Dong Tian Fei Tian Se Wo  Xian You Yi De.. Haung Yi Shang Di, Wei Tian You De. Shanzai”.

(Kehadirat Tian, Tuhan Yang Maha Esa di tempat Yang Maha Tinggi. Dengan bimbingan Nabi Kong Zi. Dipermuliakanlah. SHANG DI, Tuhan Yang Maha Kuasa berikanlah bimbingan kepada seluruh awak  pesawat, agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berikanlah karunia yang terbaik, agar kami semua dapat selamat sampai tujuan dan  berkumpul kembali dengan keluarga tercinta. Shanzai).

 

Doa 6 Agama Sebelum Bepergian – Lentera Kecil

ADD YOUR COMMENT