daftar iklan mgid

Inferensi Dalam Penyelidikan IPA

Pengertian Inferensi Dalam Penyelidikan IPA memiliki dua dasar pengertian yang saling berkaitan yaitu inferensi dan penyelidikan IPA.

Inferensi Dalam Penyelidikan IPA

Pengertian inferensi secara umum adalah kesimpulan atau pendapat yang terbentuk karena fakta atau bukti yang diketahui (sesuatu yang disimpulkan).

Inferensi merupakan tindakan meneruskan dari satu proposisi, pernyataan, atau penilaian yang dianggap benar ke yang lain, yang kebenarannya diyakini mengikuti dari yang sebelumnya.

Sedangkan pengertian Penyelidikan IPA adalah bagaimana cara melakukan pengamatan (observasi) menggunakan panca indera dan mempelajari pengukuran sebagai bagian dari pengamatan.

Dengan demikian pengertian Inferensi Dalam Penyelidikan IPA adalah sesuatu yang disimpulkan (hasil kesimpulan) setelah melalui pengamatan (observasi) dengan teliti terhadap benda-benda di sekitar serta mempublikasikan hasil-hasil penyelidikan tersebut.

Manfaat penyelidikan IPA

Apa saja kegunaan mempelajari IPA? Kegunaan belajar IPA antara lain membuat kamu mampu untuk:

Lentera kecil:  Pengertian Fisika Dan Pembelajaran Fisika

Memahami berbagai hal di sekitar kita.

Contoh, mengapa matahari bersinar, apa itu bulan, mengapa bintang bersinar di malam hari, dan lain-lain;

Berpikir logis dan sistematis.

Contoh, jika menemukan suatu data, apa kesimpulannya; Menyelesaikan masalah. Contoh, bagaimana mendapatkan air bersih dari air keruh;

Meningkatkan kualitas hidup.

Contoh, apakah bunga yang ditanam akan tumbuh.

Obyek IPA

Obyek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segala interaksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya.

Obyek tersebut dapat berupa benda yang sangat kecil (renik), contoh bakteri, virus, partikel penyusun atom; juga benda-benda berukuran sangat besar seperti lautan, bumi, matahari, bulan hingga alam semesta.

Penyelidikan tentang alam telah menghasilkan kumpulan pengetahuan yang kompleks. Untuk memudahkan, pengetahuan-pengetahuan tersebut digolongkan menjadi empat, yaitu:

  1. Fisika: mempelajari tentang aspek mendasar alam, misal materi, energi, gaya, gerak, panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lain;
  2. Kimia: meliputi penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat;
  3. Biologi: mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik sampai lingkungan yang sangat luas;
  4. Ilmu Bumi dan Antariksa: mempelajari asal mula bumi, perkembangan dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai benda langit lainnya.
Lentera kecil:  Pengertian Belajar Menurut Psikolog

Proses penyelidikan IPA

Tahapan penyelidikan ilmiah IPA melibatkan sejumlah proses. Berikut ini langkah-langkah penyelidikan IPA, yaitu:

Pengamatan

Pengamatan menggunakan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi.

Membuat inferensi

Merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan. Penjelasan ini digunakan untuk menemukan pola-pola atau hubungan antar aspek yang diamati dan membuat perkiraan.

Mengkomunikasikan

Mengkomunikasikan hasil penyelidikan secara lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.

Melakukan penyelidikan IPA  dengan mengobservasi secara sistematis dengan mengumpulkan fakta dan menghubungkan fakta-fakta untuk membuat suatu penafsiran atau kesimpulan, sangat penting untuk mempelajari berbagai ilmu, serta dalam kehidupan sehari-hari.

 

Inferensi Dalam Penyelidikan IPA

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *