Jalur Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru PTN

Jalur Pendaftaran Calon Mahasiswa

Bagi siswa Kelas XII SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, memasuki semester genap, maka sudah harus mempersiapkan diri untuk mencari Perguruan Tinggi maupun program studi (prodi) yang diinginkan.

Secara umum, Perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) akan melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan berbagai macam jalur pendaftaran, seperti pendaftaran jalur tes, pendaftaran jalur mandiri dan pendaftaran jalur prestasi (undangan).

Jalur Pendaftaran Calon Mahasiswa PTN

Khusus Perguruan Tinggi Negeri (PTN), saat ini ada 3 (tiga) jalur pendaftaran yang dilaksanakan sebagai metode penerimaan calon mahasiswa baru, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri.

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

SNMPTN merupakan metode seleksi yang menggunakan raport Sekolah Menengah Atas (SMA). Seleksi ini merupakan jalur undangan calon mahasiswa berdasarkan nilai portofolio akademik dan prestasi siswa.

Selain itu, penilaian juga dilihat dari akreditasi sekolah dan persyaratan lain berdasarkan PTN yang dipilih.

  • Sekolah akreditasi A, siswa yang bisa mengikuti SNMPTN adalah 40 persen terbaik di sekolahnya.
  • Sekolah akreditasi B, siswa yang bisa mengikuti SNMPTN adalah 25 persen terbaik di sekolahnya.
  • Sekolah akreditasi C, siswa yang bisa mengikuti SNMPTN adalah 5 persen terbaik di sekolahnya.

Jumlah kuota mahasiswa yang akan diterima dalam jalur seleksi SNMPTN, di setiap PTN minimal 20 persen dari kuota mahasiswa baru yang disediakan. Dan setiap siswa diperbolehkan memilih 2 program studi dari 1 PTN atau 2 PTN.

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Jalur SBMPTN merupakan metode seleksi mahasiswa baru melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Nilai atau skor UTBK menjadi syarat wajib lewat jalur SBMPTN agar diterima pada Perguruan Tinggi Negeri yang dipilij.

Pada metode seleksi SBMPTN, caon mahasiswa diperkenankan untuk memilih 2 prodi (program studi) dari 1 PTN atau 2 PTN. Sedangkan materi ujian adalah:

  • Tes Potensi Skolastik (TPS): Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif.
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek: Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi.
  • Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum: Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah

3. Jalur Mandiri

Jalur Mandiri merupakan metode penerimaan calon mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) selain SNMPTN dan SBMPTN. Pendaftaran calon Mahasiswa atau mahasiswa baru jalur mandiri merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri melalui seleksi yang dilaksanakan secara mandiri oleh perguruan tinggi tersebut.

Dengan kata lain, Pendaftaran Jalur Mandiri untuk calon mahasiswa baru mulai dari proses pendaftaran hingga proses pengumuman penerimaan mahasiswa dilakukan sepenuhnya oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.

Jika SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, maka pelaksanaan pendaftaran mahasiswa baru jalur Mandiri ini dapat berbeda-beda antar PTN sesuai jadwal perguruan tinggi masing-masing.

Oleh karena pendaftaran jalur Mandiri ini diatur dan ditetapkan oleh masing-masing universitas secara independen, maka calon mahasiswa harus mencari tahu lebih detail di website resmi PTN yang akan dipilih. Website resmi kampus akan memberikan informasi persyaratan jalur mandiri dan biasanya ada kontak panitia seleksi untuk menjawab persyaratan yang belum dipahami.

Sebagai tambahan informasi tentang informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri 2022-2023, jadwal, syarat, dan cara daftarnya serta informasi yang berkaitan kampus seperti info kost di dekat kampus idaman dan lain sebagainya, ikuti informasinya di https://mamikos.com/info/

Itulah sekilas tentang info pendaftaran calon Mahasiswa atau mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri.

 

Jalur Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru PTN

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.