Kebutuhan Susu Kalsium Tinggi Untuk Lanjut Usia

Kebutuhan Susu Kalsium Tinggi Untuk Lanjut Usia

Lanjut usia (Lansia) adalah suatu keadaan yang terjadi di dalam kehidupan manusia dan merupakan proses alamiah. Memasuki masa lanjut usia berarti akan mengalami kemunduran, seperti kulit mengendur, rambut memutih, gigi mulai ompong, pendengaran kurang jelas, penglihatan semakin buruk, gerakan lambat, hingga kehilangan kalsium dari tulangnya.

Kebutuhan Susu Kalsium Tinggi pada Lanjut Usia

Pada usia lanjut diatas 50 tahun akan kehilangan kalsium dari tulangnya. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan resiko osteoporosis pada orang dewasa yaitu gangguan yang menyebabkan secara bertahap jumlah dan kekuatan jaringan tulang. Penurunan itu disebabkan oleh terjadinya demineralisasi, yaitu tubuh yang kekurangan kalsium akan mengambil simpanan kalsium yang ada pada tulang dan gigi.

Perlu diketahui bahwa kalsium termasuk ke dalam salah satu makro elemen, yaitu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang lebih dari 100 mg sehari. Makro elemen berfungsi sebagai zat yang aktif dalam metabolisme atau sebagai bagian penting dari struktur sel dan jaringan. Tubuh orang dewasa mengandung 1000-1300 gram kalsium (Ca) yang kurang dari 2% berat tubuh.

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalsium adalah bioavailabilitas, aktivitas fisik dan keberadaan zat gizi lain. Usaha mempertahankan kadar kalsium darah dalam keadaan normal tergantung pada keseimbangan antara masukan dan pengeluaran kalsium dari aliran darah. Hal ini mengingat bahwa kalsium merupakan mineral yang paling banyak dibutuhkan tubuh.

Artikel rekomendasi Lentera kecil :  Evolusi Bisnis Cuci-Mencuci di Indonesia

Peran dan Fungsi Kalsium dalam Tubuh

Kalsium berperan penting dalam hampir seluruh proses metabolisme tubuh, tidak semata hanya berurusan dengan masalah metabolisme tulang. Kalsium berperan dalam proses-proses vital tubuh. Peran kalsium dalam tubuh antara lain:

1. Pembentukan tulang dan gigi.

Kalsium berperan dalam pembentukan tulang di masa awal kehidupan dan pemeliharaannya di masa datang. Itulah mengapa ibu hamil sangat perlu memerhatikan asupan kalsium selama proses kehamilannya. Jika tidak, selama proses pembentukan organ, janin akan terancam kekurangan kalsium dan dan akan mempengaruhi kesempurnaan fisiknya di kemudian hari.

Anak-anak memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Anak yang kekurangan kalsium akan mengalami kerentanan masalah pada gigi. Orang dewasa membutuhkan kalsium untuk terus-menerus meremajakan sistem tulang dan giginya.

2. Asupan kalsium yang cukup akan mencegah osteoporosis.

Bila tidak mendapat cukup kalsium dari makanan, tubuh akan mengambilnya dari “bank kalsium” pada persendian tangan, kaki dan tulang panjang lainnya. Kekurangan konsumsi kalsium dalam waktu lama akan mengakibatkan tulang mengambilnya langsung dari tulang-tulang padat. Hal ini mengakibatkan tulang keropos dan mudah patah (osteoporosis).

Artikel rekomendasi Lentera kecil :  Internet Cafe Simulator Mod APK 1.4

3. Penyimpanan glikogen.

Kalsium berperan dalam proses penyimpanan glikogen. Bila tidak ada kalsium, tubuh akan merasakan lapar terus-menerus karena tidak dapat menyimpan glikogen.

4. Melancarkan fungsi otot, otak dan sistem saraf.

Otot, otak dan sistem saraf membutuhkan kalsium agar agar dapat berfungsi optimal. Kalsium sangat berperan dalam proses kontraksi otot, konduksi listrik jantung dan fungsi otak. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan spasme (kejang) otot dan gangguan fungsi otak dan sistem saraf.

5. Untuk kehidupan sel dan cairan jaringan

Kalsium juga penting dalam kehidupan sel dan cairan jaringan, aktivitas beberapa sistem enzim, membantu dalam proses kontraksi otot dan menjaga normalitas kerja jantung.

Sumber Kalsium Utama

Setelah mengetahui pentingnya kalsium pada tubuh manusia dan ketika masuk dalam usia lanjut  akan kehilangan kalsium, maka perlu mengetahui sumber-sumber kalsium yang ada agar kebutuhan akan kalsium dapat terpenuhi secara optimal.

Sumber kalsium utama adalah susu dan Susu tinggi kalsium untuk lansia. Juga termasuk hasil susu seperti keju, ikan dimakan dengan tulang, termasuk ikan kering adalah sumber kalsium yang baik.

Artikel rekomendasi Lentera kecil :  Peran Web Hosting di Masa Pandemi Covid-19

Serealia, kacang-kacangan dan dan hasil olahannya seperti keju dan tempe, dan sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang baik juga, tetapi bahan makanan ini mengandung banyak zat penghambat penyerapan kalsium seperti serat, fitat dan oksalat.

Susu non fat adalah sumber terbaik kalsium, karena ketersediaan biologiknya tinggi. Kebutuhan kalsium terpenuhi bila kita makan makanan seimbang setiap hari. Poin paling penting dalam pemenuhan nutrisi ini adalah memastikan bahwa makanan atau minuman yang dikonsumsi harus nikmat dan mudah dimakan.

Salah satu Produk nutrisi susu Ensure merupakan susu tinggi kalsium untuk lansia dengan kandungan Triple Protein. Ensure pun rendah laktosa, mampu menjaga level hidrasi, dan disajikan dengan cita rasa yang memikat lidah.

Kandungan tersebut dapat melengkapi kebutuhan jasmani, khususnya pada persendian dan tulang  yang sudah berusia lanjut. Kemudian, susu tinggi kalsium untuk lansia ini juga dilengkapi dengan kandungan 14 vitamin & 9 mineral, Omega 3 & 6, serat pangan, kalsium yang tinggi dan vitamin D.

 

Kebutuhan Susu Kalsium Tinggi pada Lanjut Usia

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *