daftar iklan mgid

Apa itu Kartu Prakerja

Persaingan dunia kerja semakin ketat di era globalisasi ini. Bukan hanya Indonesia, negara-negara lain pun mengalami hal yang sama. Terlebih persaingan bukan hanya terjadi antar sumber daya manusia pencari kerja namun juga dengan dengan teknologi yang juga semakin berkembang.

kartu prakerja

Meskipun mencari kerja sejak dulu memang bukan perkara mudah, namun hilangnya pekerjaan yang tergantikan teknologi semakin tinggi. Oleh karena itu, bagi prakerja atau calon pencari kerja tidak dapat hanya mengandalkan ijazah akademik yang baru diterima untuk bersaing di dunia kerja.

Terutama bagi prakerja lulusan baru, masih dibutuhkan kemampuan diri lainnya untuk menghadapi persaingan yang begitu ketat saat ini dengan menumbuhkan kualitas yang paling banyak dicari oleh dunia kerja, baik itu di nasional maupun internasional..

Kartu Prakerja

Pemerintah Indonesia berusaha mengatasi masalah kerja dengan membuat program yang membantu prakerja untuk melatih dirinya dengan memberikan bantuan biaya pelatihan dalam mengembangkan kompetensi, meningkatkan produktivitas dan daya saing melalui Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja didesain dan dikemas sebagai sebuah produk sedemikian rupa oleh pemerintah dengan menggandeng pelaku usaha swasta, agar dapat memberikan nilai bagi penggunanya sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Bantuan biaya pelatihan melalui kartu prakerja ini bukan saja diperuntukan untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, akan tetapi juga dapat digunakan untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja

Kartu Prakerja diperuntukan untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 18 tahun keatas dan tidak sedang bersekolah ataupun kuliah. Meskipun karyawan, pegawai dan buruh atau pekerja lepas boleh ikut serta, namun program Kartu Prakerja ini diprioritaskan untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan atau para pengangguran muda.

Untuk sementara waktu, Kartu Prakerja akan diprioritaskan bagi pekerja maupun pelaku usaha mikro/kecil yang terdampak penghidupannya dikarenakan dampak COVID-19.

Tujuan dan Manfaat Kartu Prakerja

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  • Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  • Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  • Menjadi komplemen dari pendidikan formal
  • Membantu daya beli masyarakat yang terdampak penghidupannya akibat COVID-19

Cara Memperoleh Kartu Prakerja

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja, diwajibkan membuat akun pada laman website resmi Kartu Prakerja. Pendaftaran dengan menggunakan email atau nomor ponsel yang aktif. Jika pendaftaran akun sudah berhasil, kini saatnya melakukan pendaftaran untuk memperoleh Kartu Prakerja, dengan cara:

  • Buka website resmi Kartu Prakerja kemudian login akun yang sudah dimiliki, klik “Daftar Kartu Prakerja”
  • Isi formulir pendaftaran
  • Setelah selesai, klik “Selanjutnya”
  • Lakukan Tes Kemampuan Dasar, tes ini bersifat wajib
  • Klik “Selesai”
  • Setelah selesai melakukan pendaftaran dan mengisi formulir serta melakukan tes, akan dikirim notifikasi berikutnya di akun.
  • Silahkan melakukan pengecekan status pendaftaran Kartu Prakerja di akun, dengan klik Cek Status Pendaftaran

Catatan

Tidak semua pendaftar Kartu Prakerja diterima karena keterbatasan anggaran yang ada. Dengan kata lain ada proses seleksi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh pemerintah untuk memperolehnya.

Bantuan yang diberikan dalam Kartu Prakerja bersifat sekali seumur hidup, namun hanya bisa digunakannya sesuai dengan besarnya pagu atau besaran bantuan biaya yang diterima untuk mengikuti beberapa pelatihan.

Adanya kartu Prakerja juga diharapkan mampu mendorong meningkatkan kompetensi dan produktivitas yang sesuai dengan minat dan kemampuan seseorang serta mengurangi ketidakcocokan antara keterampilan yang dimiliki dengan pekerjaannya.

Misalkan jika ingin membuka Usaha Kedai Kopi dengan Modal Minim namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi terbaik, maka bisa mengikuti paket pelatihan Barista yang diadakan oleh Bencoolen Coffee yang memang ahlinya kopi.

Biaya pelatihan bisa dibayar dengan Kartu Prakerja yang telah dimiliki. Selengkapnya dapat dilihat di https://prakerja.bencoolencoffee.com/

Alamat dan Info Kartu Prakerja

  • Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia
  • Jl. Lapangan Banteng Timur Nomer 2-4
  • Jakarta Pusat 10710
  • Website : prakerja.go.id
  • Email : info@prakerja.go.id
  • Instagram : prakerja.go.id

 

Info Kartu Prakerja

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (1)