Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Mesin Cuci

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Mesin Cuci

Pastinya mesin cuci menjadi perangkat elektronik yang sangat penting untuk membantu meringankan pekerjaan mencuci. Dengan mesin cuci pekerjaan mencuci akan cepat selesai, namun jarang disadari banyak orang yang masih melakukan kesalahan saat memakai mesin cuci. Lantas apa saja kesalahan yang sering dilakukan saat memakai mesin cuci?

Mungkin bagi sebagian orang terutama mereka yang sibuk berkegiatan seperti bekerja mesin cuci menjadi pilihan tepat untuk menghemat waktu dan tenaga. Menjadikan mesin cuci selalu dibutuhkan kapan saja, namun masih jarang yang memperhatikan kondisi mesin cuci yang sering dipakai tersebut.

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Mesin Cuci

Padahal sangat penting memperhatikan keadaan mesin cuci yang sering digunakan setiap hari, agar kondisi mesin cuci tetap baik. Sering kali bahkan banyak orang yang sering melakukan kesalahan saat menggunakan mesin cuci ini, namun jarang yang menyadarinya.

Kesalahan tersebut memang karena mereka tidak tahu atau ada juga yang memang sering ceroboh sehingga melakukan kesalahan saat menggunakan mesin cuci. Nah, untuk itu sebaiknya Anda perhatikan beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memakai mesin cuci seperti berikut ini.

1. Tidak Membaca Buku Panduan

Mungkin kesalahan saat memakai mesin cuci, entah itu mesin cuci front loading terbaik atau tipe top loading, pertama ini memang kerap terjadi oleh sebagian orang. Mereka cenderung menyepelekan buku panduan tersebut karena merasa sudah bisa menggunakan mesin cuci.

Padahal pastinya setiap merek mesin cuci memiliki perbedaan cara kerjanya dan biasanya cara kerja mesin cuci tersebut terdapat pada buku panduan. Bahkan sekarang ini para produsen mesin cuci sudah menambah banyak fitur baru dan hanya bisa dipelajari menggunakan buku panduan tersebut.

2. Terlalu Banyak Menggunakan Detergen

Mungkin sering kali banyak orang yang banyak memakai detergen apalagi jika pakaian yang mereka cuci sangat kotor. Mereka beranggapan dengan memakai banyak detergen maka pakaian akan cepat bersih, padahal hal ini justru salah.

Banyaknya detergen yang digunakan ini tidak akan terbalas dengan sempurna dan mengakibatkan endapan pada komponen unit mesin. Endapan ini nantinya bisa menyumbat dan menyebabkan kerusakan, makanya kesalahan yang sering dilakukan saat memakai mesin cuci ini penting diperhatikan.

3. Membiarkan Pakaian Berada dalam Mesin Cuci

Seringkali kita menumpuk pakaian dalam mesin cuci agar terlihat rapi, namun hal ini sebenarnya kurang tepat. Karena dengan menumpuk pakaian dalam mesin cuci pada waktu yang cukup lama maka akan berakibat tumbuhnya jamur.

Hal ini disebabkan kondisi di dalam mesin cuci ini biasanya lebih lembab ditambah dengan pakaian yang kotor, sehingga menimbulkan tumbuhnya jamur. Dengan ini pastinya mesin cuci mengeluarkan bau tidak sedap dan mesin cuci menjadi rentan terkena bakteri.

4. Meletakkan Mesin Cuci Tidak Seimbang

Kesalahan yang sering dilakukan saat memakai mesin cuci berikutnya adalah pada saat meletakkan mesin cuci ini dalam kondisi tidak seimbang. Hal ini bisa berakibat pada kerusakan, karena ketika posisinya tidak seimbang maka mesin cuci akan bekerja lebih keras.

Jika sudah begini maka mesin cuci bisa cepat mengalami kerusakan, nah untuk itu sebaiknya perhatikan kondisi keseimbangan mesin cuci. Karena jika sudah rusak pastinya biaya untuk perbaikannya akan lebih mahal.

5. Tidak Menyortir Pakaian

Terkadang banyak orang yang hanya asal memasukkan pakaian tanpa memperhatikan ukuran atau warnanya, tentunya hal ini adalah kesalahan. Karena dengan cara ini mesin cuci Anda akan cepat mengalami kerusakan, untuk itu sebaiknya pilih atau sortir terlebih dahulu pakaian yang akan dicuci.

Anda harus memilih sesuai ukuran, warna dan bahan dari masing-masing pakaian, jangan sampai Anda malam mencampurbaurkan menjadi satu. Anda juga harus memastikan setiap saku apakah ada barang yang tertinggal, karena barang seperti koin jika masuk dalam mesin bisa merusak mesin.

6. Tidak Rutin Membersihkan Mesin Cuci

Kesalahan yang sering dilakukan saat memakai mesin cuci yang berikutnya ini sering kali dilakukan banyak orang, biasanya mereka akan membiarkan begitu saja setelah dipakai.

Padahal sangat penting membersihkan mesin cuci setelah dipakai atau saat tidak digunakan. Gunanya agar kotoran yang menempel dari pakaian kotor bisa bersih dan tidak mengendap pada mesin atau komponen lain mesin cuci. Jika tidak dibersihkan endapan tersebut dapat terkumpul dan bisa membuat mesin cuci cepat rusak.

 

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Mesin Cuci

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.