daftar iklan mgid

Keuntungan Investasi Emas Bagi Pemula

Investasi merupakan sebuah istilah yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan terutama dalam kaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva. Secara umum pengertian investasi adalah penanaman atau penukaran uang atau harta dengan bentuk kekayaan lain yang dilakukan saat ini dengan tujuan suatu harapan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Sedangkan kata investasi sendiri berasal dari kata dalam bahasa Inggris “investment” yang memiliki kata dasar yaitu invest yang artinya menanam.

Investasi Emas Bagi Pemula

Keuntungan Investasi Emas

Secara umum investasi ada dua jenis kategori yaitu Aset Riil (Real Assets) seperti gedung, kendaraan, properti, dll dan Aset Keuangan (Financial Assets) misalkan saham, obligasi, reksadana, dan efek lainnya.

Emas merupakan salah satu jenis investasi aset riil ((Real Assets) karena berbentuk benda berwujud, yang sangat menguntungkan dibandingkan aset lain karena tidak berubah dan tidak terpengaruh oleh inflasi. Investasi emas bagi pemula sangat aman dibandingkan investasi lainnya karena emas mudah didapat dan mudah dibeli.

Lentera kecil:  Perlunya Data Keuangan Untuk Kredit

Emas merupakan salah satu logam mulia yaitu logam yang tahan terhadap korosi dan oksidasi sehingga dianggap berharga. Emas memiliki nilai sangat tinggi di semua kebudayaan di dunia, bahkan dalam bentuk mentahnya sehingga dijadikan komoditas dan standar nilai tukar.

Emas sebagai instrumen investasi sudah dikenal dunia sejak lama. Emas yang memiliki sejumlah keistimewaan karakteristik ini, membuat tetap bertahan untuk dijadikan aset ekonomi paling menguntungkan selama ratusan tahun.

Macam Investasi Emas

Mayoritas masyarakat umum dalam berinvestasi emas dilakukan dengan membeli dan menyimpan emas tersebut, sesuai dengan modal yang dimiliki. Saat harga emas naik, kemudian emas tersebut dijual. Selisih harga pembelian dan penjualan itu adalah keuntungan dari investasi emas ini.

Beberapa macam penjualan emas yang ada, antara lain:

  1. Emas dalam bentuk batangan.
  2. Emas dalam bentuk koin.
  3. Emas dalam bentuk perhiasan.
Lentera kecil:  Cari Hadiah Jam Dinding Unik Di Tengah Maraknya Produk Impor

Ada beberapa alasan mengapa seseorang melakukan investasi emas, antara lain:

  • Seseorang pastinya ingin memperoleh kehidupan lebih baik dan layak di masa mendatang. Untuk itu akan berusaha mempertahankan tingkat pendapatannya agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi dengan berinvestasi.
  • Dengan memiliki investasi dalam bentuk emas seperti halnya dengan menyimpan dana ekstra untuk masa depan. Saat terdesak, emas bisa langsung dicairkan dalam bentuk uang tunai dengan cepat dan mudah.
  • Dengan cara memilih investasi emas maka seseorang akan dapat menghindarkan diri agar kekayaan atau harta miliknya tidak merosot karena alasan inflasi.

Memang ada banyak ragam cara berinvestasi, namun saat terjadi inflasi atau suku bunga bank rendah, harga emas cenderung tetap bahkan dapat tetap naik secara signifikan, maka investasi emas bisa menjadi solusi bagi pemula.

Lentera kecil:  Alasan Mengasuransikan Agunan Kredit

 

Investasi Emas Lebih Menguntungkan

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *