daftar iklan mgid

Pembelajaran Bermakna Di Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang penting dalam pendidikan sekolah. Selain itu, Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang berbagai negara menggunakan dan menerapkan dalam pendidikan sekolah maupun percakapan sehari-hari. Oleh karena itu banyak orang belajar bahasa Inggris di lembaga kursus bahasa Inggris untuk lebih mendalaminya.

Kursus Bahasa Inggris

Pengertian Belajar Bermakna

Pengertian pembelajaran bermakna adalah suatu proses yang mengaitkan informasi baru terhadap konsep-konsep relevan yang telah ada dalam kognitif atau pemikiran seseorang. Artinya bahwa seseorang telah mendapat pembelajaran sebelumnya akan mengaitkan dengan materi yang baru melalui struktur kognitif. Sedangkan model pembelajaran bermakna lebih sesuai menggunakan teori kognitif dalam penerapan kegiatan belajar mengajar di lembaga kursus bahasa Inggris.

Pengertian kognitif secara umum adalah kemampuan atau potensi intelektual seseorang dalam berfikir, mengetahui, dan memecahkan masalah. Dengan demikian, kognitif berkaitan dengan persoalan yang menyangkut kemampuan untuk mengembangkan kemampuan otak (akal rasional).

Teori kognitivisme mengungkapkan bahwa belajar yang dilakukan individu adalah hasil interaksi mentalnya yang mencakup ingatan, pengolahan informasi, emosi, dan aspek-aspek kejiwaan lainnya dengan lingkungan sekitar sehingga menghasilkan perubahan pengetahuan atau tingkah laku.

Lentera kecil:  Pengertian Sumber Bahan Ajar

Selain itu, teori ini menitikberatkan pada proses pembelajaran daripada hasil belajar dan menekankan pada keadaan yang saling berhubungan dengan seluruh konteks dan situasi. Oleh karena itu, teori pembelajaran bermakna ini lebih sesuai dengan metode pembelajaran di lembaga kursus bahasa Inggris.

Sebagai contoh. Seperti kita ketahui bahwa banyak orang mengasah dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris-nya dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di lembaga EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional.

Padahal mereka sebelumnya telah mendapatkan pendidikan Bahasa Inggris di sekolah formal baik pada tingkat SD, SMP, SMA maupun pendidikan perguruan tinggi. Hal tersebut membuktikan bahwa orang akan mengkaitkan pembelajaran di sekolah formal yang didapat dengan pembelajaran Bahasa Inggris di lembaga kursus.

Demikian juga ketika masih bersekolah banyak siswa yang pada mulanya tidak memahami materi Bahasa Inggris yang dijelaskan oleh guru mereka di sekolah, maka ketika mengikuti kursus Bahasa Inggris tidak menutup kemungkinan akan lebih memahami penjelasan dar materi tersebut.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Bermakna di Kursus Bahasa Inggris

1. Struktur Kognitif

Struktur kognitif yang dimaksud disini fakta-fakta dan konsep-konsep yang telah dipelajari dan diingat oleh siswa. Kognitif dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Lembaga Kursus terdiri dari pola pikir individu dan motivasi setiap individu dalam mengikuti kegiatan kursus Bahasa Inggris. Setiap siswa kursus memiliki pola pikir dan motivasi yang berbeda.

Lentera kecil:  Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar

Beberapa siswa mengikuti kegiatan kursus bahasa Inggris dengan tujuan yang berbeda-beda, seperti:

  • mengikuti kursus dengan tujuan ingin memperlancar kemampuan Bahasa Inggris-nya
  • mengikuti kursus karena ingin mendapatkan beasiswa untuk mendaftar pada perguruan tinggi
  • mengikuti kursus karena keterpaksaan dari keinginan atau perintah orang tua.
  • dan lain sebagainya.

2. Stabilitas

Stabilitas dalam model pembelajaran Bahasa Inggris di tempat kursus yang dimaksud adalah intensitas pembelajaran Bahasa Inggris. Metode pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan bersifat fleksibel dengan menyediakan berbagai program inovasi. Hal ini bertujuan agar setiap siswa terpenuhi atau tercapai tujuan utamanya ketika mengikuti kursus bahasa Inggris.

Cara yang digunakan untuk meningkatkan pembelajaran terutama dalam program speaking adalah dengan menggunakan dan mengaplikasikan Bahasa Inggris sehari-hari. Menyediakan program intensif dengan intensitas pembelajaran Bahasa Inggris dengan bermacam macam program dengan 4 kali pertemuan dalam sehari. Sedangkan jika ada kegiatan di luar kelas seperti gathering, maka setiap siswa dan tutor tetap menggunakan Bahasa Inggris.

Lentera kecil:  Mengapa Perlu Belajar Bahasa Inggris

Intensitas pembelajaran Bahasa Inggris harus diikuti dengan penggunaan atau mengaplikasikan materi Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Karena pada dasarnya, Bahasa Inggris membutuhkan sebuah kebiasaan untuk memperlancar keahlian dalam berbahasa Inggris.

3. Kejelasan Pengetahuan

Kejelasan pengetahuan disini yang dimaksud adalah Bahasa Inggris sebagai ilmu pengetahuan yang menjadi materi utama dalam lembaga kursus bahasa Inggris. Setiap siswa yang mengikuti kursus dibatasi dengan waktu tertentu. Misalnya program EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional ditempuh intensif selama 6 bulan. Selain program tersebut, ada yang dapat ditempuh selama 3 bulan bahkan ada yang satu bulan.

Standar materi yang digunakan disusun oleh bagian Litbang lembaga kursus yang kemudian dipresentasikan untuk dilakukan pengkajian dan pertimbangan keefektifan materi. Selain itu, referensi lain yang digunakan untuk sebuah kurikulum berasal dari perbandingan lembaga kursus nasional, internasional, serta video, buku dan lietaratur lainnya yang direkomendasikan.

 

Pembelajaran Bermakna Di Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *