daftar iklan mgid

Perbedaan Masker dan Serum Wajah

Masker dan serum wajah kedua memiliki peranan yang sama yaitu sebagai produk kecantikan untuk menyehatkan sekaligus mempercantik kulit wajah. Meskipun memiliki peran yang hampir sama, tetapi kedua produk tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda.

masker dan serum wajah

Untuk mengetahui perbedaan mendasar antara masker wajah dan serum wajah, berikut ulasannya.

Masker Wajah

Pengertian masker wajah dalam dunia kecantikan adalah sediaan dengan bahan kosmetik tertentu yang berwujud krim, pasta atau cair dan dioleskan di bagian wajah.

Kegunaan masker wajah banyak sekali terutama untuk mengencangkan kulit, mengangkat sel-sel tanduk yang sudah siap mengelupas, menghaluskan dan mencerahkan kulit, meningkatkan metabolisme sel kulit, meningkatkan peredaran darah dan getah bening, memberi rasa segar dan memberi nutrisi pada kulit serta kulit terlihat cerah, sehat, halus dan kencang.

Jenis-jenis masker wajah

  1. Masker Bubuk
  2. Masker Krim
  3. Masker Gel
  4. Masker Kertas atau Kain
  5. Masker Buatan Sendiri

Masker dioleskan dengan bantuan kuas pada seluruh wajah, leher dan pundak atau dada bagian atas, kecuali bagian mata dan bibir, karena bagian tersebut sangat sensitif. Sambil menunggu masker mengering, oleskan eye-cream di sekitar mata dan lip-conditioner di bibir. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kekeringan kulit di sekitar mata dan bibir.

Lentera kecil:  Di Balik Kelezatan Pempek Palembang

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, saat pemakaian masker hindari berbicara atau tertawa, bersin atau batuk, menggerakkan bagian wajah seperti mengernyitkan dahi, mengerutkan mulut dan menggerakkan leher atau kepala. Jadi dalam pemakaian masker ini, harus benar-benar dalam keadaan istirahat dan dengan posisi wajah agak tengadah.

Serum Wajah

Pengertian serum wajah adalah campuran dari berbagai bahan organis aktif. Serum dalam konsentrasi tinggi, memiliki kemampuan untuk menembus kulit secara lebih baik, dan penyerapannya ke kulit lebih efektif dan efisien. Serum wajah umumnya ditujukan untuk perawatan usia 30 tahun ke atas, yang biasanya sudah banyak mengalami masalah-masalah kulit.

Kandungan serum terdiri dari beberapa bahan aktif seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, berbagai jenis asam alfa hidroksil atau Alpha Hidroxyl Acid (AHA), ubiquinone, dan asam hialuronat.

Lentera kecil:  Tutorial Make Up Natural Untuk Sehari-hari

Vitamin C merupakan bahan aktif yang paling banyak dipakai dalam serum, karena merupakan vitamin yang larut dalam air, dapat mencegah dan mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari dan pengaruh lingkungan sehingga dapat menghambat penuaan kulit, mengurangi reaksi radang pada kulit akibat penyakit, sehingga dapat digunakan untuk mengurangi iritasi kulit, merangsang pembentukan kolagen pada kulit, serta dapat mengurangi pembentukan pigmen melanin sehingga dapat mengurangi bercak hitam.

Vitamin E berguna sebagai antioksidan bagi kulit yakni dapat mengurangi kerusakan kulit jangka pendek dan jangka panjang akibat sinar matahari.

Vitamin A merupakan salah satu zat aktif serum yang paling efektif dan berfungsi untuk memperbaiki kerusakan struktur kulit.

AHA merupakan kumpulan berbagai jenis asam yang berfungsi mengurangi ketebalan lapisan tanduk kulit, melembabkan kulit, menghambat pertumbuhan tumor kulit, dan menghambat pembentukan pigmen melanin kulit, tetapi AHA juga dapat menyebabkan kulit lebih sensitive terhadap sinar matahari, oleh karena itu harus selalu disertai pemakaian tabir surya.

Asam hialuronat yang merupakan molekul yang terlibat dalam menjaga kelembaban kulit dan untuk penyembuhan luka pada kulit.

Lentera kecil:  Bahayakah Darah HIV+ yang Terpapar Udara?

Sebagai bahan tambahan dalam serum yaitu vitamin B, dan berbagai protein yang terkandung dalam biji bunga matahari, kedelai, anggur, aloe vera, dan mentimun.

Kelemahan penggunaan serum dalam facial adalah kemungkinan timbulnya efek samping berupa iritasi yang disertai rasa panas dan pedih, juga alergi yang disertai rasa gatal hingga timbul bintik-bintik kecil di kulit.

Beberapa kegunaan serum untuk perawatan wajah.

  • Bahan aktif vitamin C atau Alfa Hidroksil Acid (AHA) untuk kulit wajah yang mengalami bercak-bercak hitam
  • Serum dengan bahan aktif AHA atau asam hialuronat untuk masalah kulit kering.
  • Bahan aktif vitamin A atau AHA untuk wajah berjerawat
  • Facial serum dengan vitamin C dapat membuat kulit menjadi cerah, pori-pori kecil, melembabkan, menghaluskan, dan menghilangkan kerutan pada kulit.

Untuk berkonsultasi dengan dokter langsung mengenai kulit maupun kesehatan lainnya, ada alternatif mudah yaitu dengan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter.

 

Perbedaan Masker dan Serum Wajah


Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *