daftar iklan mgid

Persyaratan Umum Sekolah Penerbangan Yang Perlu Diketahui

Barang kali sewaktu kecil, mungkin ada yang punya cita-cita ingin menjadi pilot. Bisa saja beranggapan bahwa seorang pilot itu sebuah profesi yang membanggakan, keren, punya masa depan cerah serta masih banyak alasan lainnya. Namun, untuk menjadi pilot tidak semua orang bisa karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Minimal harus mencari sekolah untuk penerbangan yang kredibel.

Sekolah Penerbangan

 

Mengemudikan pesawat terbang memiliki resiko bahaya jauh lebih besar dibandingkan dengan mengemudikan kendaraan lain baik itu di darat maupun di air. Oleh karena itu, ada banyak persyaratan yang harus dimiliki oleh seseorang jika ingin menjadi pilot.

Persyaratan Sekolah Penerbangan (Pilot)

Lantas, apakah syarat-syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi pilot? Yang pasti adalah memilih sekolah untuk penerbangan yang siap mencetak pilot-pilot handal untuk menerbangkan sebuah pesawat terbang. Namun untuk masuk sekolah penerbangan tersebut tentu ada syarat dan ketentuannya.

Meskipun syarat dan ketentuan sekolah untuk penerbangan dapat berbeda satu dengan yang lainnya, namun ada syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh calon siswa sekolah penerbangan.

Lentera kecil:  Cara Cek SK Tunjangan Profesi (SKTP) Guru 2016

Bagaimanapun juga, menjadi pilot merupakan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan khusus yang tak semua orang mampu melakukannya serta pihak yang bertanggungjawab penuh terhadap pesawat yang diterbangkan beserta penumpang di dalamnya.

Berikut ini beberapa persyaratan umum baik di Indonesia maupun di luar negeri yang harus dipenuhi:

1. Pendidikan

Minimal Lulusan SMA sederajat dengan umur minimal 17 sudah dianggap sudah cukup memiliki kemampuan berpikir, percaya diri, melakukan beberapa tugas dalam waktu yang sama, memanajemen waktu, memecahkan masalah, dan beradaptasi, yang diperlukan oleh seorang pilot.

2. Tinggi Badan

Secara umum untuk menjadi pilot harus memiliki tinggi badan minimal 170 cm untuk pria, sedangkan wanita 160 cm. Hal ini bukan tanpa alasan mengapa pilot harus memiliki tubuh yang tinggi bahkan lebih dari bidang pekerjaan lainnya.

Tinggi badan pilot sangat mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan penerbangan. Oleh karena itu kaki pilot harus menyentuh rudder pesawat dan tangan harus  mampu bekerja di kokpit dengan baik untuk mencapai bagian pesawat dengan mudah.

Lentera kecil:  Semangat Belajar dari Tampur Paloh

Hal itu disebabkan semua sistem di dalam kokpit harus dijalankan dengan sebaik mungkin, terutama bergerak cepat pada saat mengalami segala insiden seperti cuaca buruk yang menyebabkan guncangan dahsyat.

3. Sehat Jasmani Rohani

Untuk menjadi pilot, calon siswa sekolah untuk penerbangan harus lulus tes kesehatan (MEDEX). Pilot itu punya fisik yang bagus dan mental yang prima. Bukan tanpa sebab, karena untuk menerbangkan pesawat bukan pekerjaan yang mudah. Pilot bakal harus fokus dan siap menjalani penerbangan yang lama. Mulai dari pandangan mata yang baik, pendengaran yang akurat, serta insting yang kuat.

4. Mampu Berbahasa Inggris

Seorang pilot wajib memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik, terutama speaking dan listening. Hal itu disebabkan buku panduan penerbangan di sekolah pilot menggunakan bahasa Inggris karena hampir semuanya diterbitkan oleh penerbit luar negeri berbahasa Inggris, instrumen-instrumen di kokpit pesawat semuanya menggunakan bahasa Inggris, komunikasi pilot dengan ATC (Air Traffic Controller) juga wajib menggunakan bahasa Inggris.

Lentera kecil:  Jadwal Pelaksanaan Sertifikasi Guru PLPG 2016

Oleh karena itu, sebelum masuk sekolah pilot, calon siswa harus memiliki Sertifikat TOEIC dari institusi terakreditasi dengan skor minimal yang telah ditentukan.

Apakah seseorang yang telah memenuhi syarat-syarat di atas bisa diterima di sekolah untuk penerbangan?

Masih ada syarat lainnya. Di atas merupakan syarat umum dan masih ada persyaratan lain seperti:

  • Persyaratan dokumen harus lengkap, seperti: ijazah terakhir, Sertifikat TOEIC, KK dan KTP, SKCK , Pas foto terbaru, dll.
  • Lulus Ujian, seperti: tes aptitute (bakat terbang), tes akademik , Lulus psikotes, dll.
  • Melunasi biaya pendidikan.

Meskipun untuk menjadi pilot itu tidak mudah dan murah, namun tidak ada yang menolak jika dianugerahkan profesi sekelas pilot. Tertarik?

 

Persyaratan Umum Sekolah Untuk Penerbangan

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *