daftar iklan mgid

Referensi Sekolah Swasta Unggulan dan Favorit di Malang

Mencari sekolah unggulan merupakan hal yang mudah bagi orang tua. Orang tua perlu jeli dalam memilih sekolah karena akan mempengaruhi anak kedepan. Perlu diketahui bahwa sekolah unggul bukan hanya berkutat di sekolah yang mahal, tapi yang paling penting adalah memperhatikan visi dan misi sekolah serta penerapannya.

Sekolah Swasta Unggulan dan Favorit di Malang

Menurut Terry McLaughlin, “Sekolah unggul adalah sekolah yang mampu membawa setiap siswa mencapai kemampuannya secara terukur dan mampu menunjukkan prestasinya tersebut”.  Christopher Day and Alma Harris menambahkan bahwa salah satu sekolah unggul adalah kejelasan dan misi yang fokus.

Sekolah Swasta Unggulan dan Favorit di Malang

Untuk itu dalam rangka memberikan kemudahan mencari sekolah yang unggul dalam dalam hal menjalankan managemen sekolah dan keberhasilannya melaksanakan visi dan misi, berikut info pendidikan tentang sekolah swasta mulai SD sampai dengan tingkat SMA/SMK yang dapat dijadikan referensi:

1. SD Islam Sabilillah (https://sd.sekolahsabilillah.sch.id)

SD Islam Sabilillah Malang merupakan Sekolah Dasar unggulan dalam pembentukan karakter keislaman dan kebangsaan serta pengembangan kecendekiaan siswa bertaraf internasional. Mengacu pada hal tersebut, maka kurikulum yang dikembangkan oleh SD Islam Sabilillah Malang meliputi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Muatan Lembaga.

VISI:

Terwujudnya Lembaga Pendidikan Islam unggulan dan rujukan dalam pembentukan karakter keislaman, kebangsaan, dan kecendekiaan siswa bertaraf internasional.

MISI:

  1. Mengembangkan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah unggulan dalam rangka membentuk karakter keislaman, kebangsaan serta kecendekiaan siswa bertaraf internasional.
  2. Mengembangkan pusat penjaminan mutu untuk terselenggaranya pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah unggulan dalam rangka membentuk karakter keislaman dan kebangsaan serta kecendekiaan siswa bertaraf internasional.
  3. Mengembangkan pusat pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan untuk terselenggaranya pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah unggulan dalam rangka membentuk karakter keislaman dan kebangsaan serta kecendekiaan siswa bertaraf internasional.
  4. Menyelenggarakan cloning system untuk membantu pemerintah dan lembaga swasta mengembangkan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan menengah unggulan dalam rangka membentuk karakter keislaman dan kebangsaan serta kecendekiaan siswa bertaraf internasional.

2. SD Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi (https://www.pmalrifaie2.com)

SD Modern AL Rifa’i adalah salah satu lembaga pendidikan dasar swasta yang berada dibawah naungan pondok pesantren Al Rifa’i 2 Ketawang-Gondanglegi-Malang yang diasuh oleh Dr. KH. Achmad Muflih Zamachsyari, SE., MM. and Dr. Ny. Hj. Luluk Zahrotul Maulidiyah, M.Pd.

Sekolah ini tergolong sekolah yang unggulan karena manajemen dibentuk sangat disiplin dan telah dikenal sampai keluar jawa. Sebagai sekolah yang unggul, SD ini memiliki program unggulan diantaranya:

  1. Sistem pendidikan menerapkan pola fullday school & boarding school.
  2. Fasih & benar baca Al-Qur’an sejak usia dini.
  3. Mahir berbahasa Inggris dan Bahasa Arab.
  4. Pembentukan karakter islami anak.
  5. Mempunyai kompetensi hafalan do’a Amaliah Yaumiah.
  6. Tahfidzul Qur’an.
  7. Study wisata setiap bulan.
  8. Menyediakan asrama santri bagi yang menginginkan.
  9. Antar jemput.

Sebagai SD Swasta unggulan, Berbagai kompetesi diluar dan berhasil diraih diantaranya:

  1. Lomba futsal di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  2. JUARA SD/MI se-Malang Raya di A & R Fashion Store  dalam lomba hafalan surat pendek alquran
  3. Juara dalam Aswaja Internasional Schooll Malang sebagai JUARA SD/MI se-Malang Raya yang meliputi lomba mewarnai dan Lomba Tari,
  4. Juara hafalan surat pendek tingkat SD Semalang raya di MTs Yaspuri Malang
  5. Juara I lomba hafidz Al Qur’an tingkat Kabupaten Malang dalam ajang Pentas Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kab. Malang tahun 2018
  6. JUARA 3 LOMBA PILDACIL TINGKAT SD Se-MALANG RAYA
Lentera kecil:  Semangat Belajar dari Tampur Paloh

Selain Program untuk siswa, Lembaga ini juga sering mengadakan seminar dan workshop peningkatan mutu guru supaya para guru SD Modern Al Rifai bias menyesuaikan dengan perkembangan zaman dalam mengasah keilmuannya.

3. SMP Ar-Rohmah Dau (https://www.arrohmahputri.sch.id – https://www.arrohmahputra.com – https://arrohmahtahfizh.sch.id)

SMP-SMA Integral Ar-Rohmah Tahfizh “Boarding School” Pesantren Hidayatullah Malang, hadir lewat jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, program pendidikan 6 tahun (3 tahun di jenjang SMP dilanjutkan ke 3 tahun SMA) dengan model Boarding School (sekolah berasrama).

Target hafalan santri yaitu 10 Juz dan 30 Juz. Visi SMP-SMA Integral Ar-Rohmah, mewujudkan SMP-SMA Boarding School Ar-Rohmah Tahfizh sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang unggul sehingga mampu melahirkan sumber daya manusia yang sanggup memikul amanah Allah sebagai hamba dan khalifah-NYA. Misi SMP-SMA Integral Ar-Rohmah, menyelenggarakan SMP-SMA Boarding School Ar-Rohmah Tahfizh secara Integral dalam aspek ruhiyah, aqliyah dan jismiyah, sehingga dapat melahirkan siswa muslim yang Hafizh dan memiliki aqidah yang kokoh, berakhlaq mulia, ilmu yang luas, dan mandiri. Tujuan SMP-SMA Integral Ar-Rohmah, mendidik siswa sebagai insan kamil.

4. SMP Tazkia IIBS (https://tazkiaiibs.sch.id)

Beberapa alasan yang dapat menjadi pertimbangan calon wali santri memilih Tazkia Malang International Islamic Boarding School baik JHS (Junior High School) maupun SHS (Senior High School) sebagai tempat untuk membentuk individu yang lebih unggul:

  1. Pendekatan Pendidikan Holistik & Balanced;
  2. Staf Pengajar Lokal dan Ekspatriat yang berasal dari dalam dan luar negeri sebagai guru, murabbi, murabbiyah serta staf yang sangat berdedikasi dan penuh perhatian;
  3. Sistem pendidikan dengan kurikulum yang komprehensif dan seimbang (Tahfidz, Diniyah, Akademik, IGCSE Cambridge-Pemeriksaan Checkpoint, Pengembangan Diri, Olahraga dan Kewirausahaan);
  4. Program Islam Terpadu (diniyah) dan pengembangan akademik dengan target menghafal Alquran setidaknya lima juz. Sedangkan Takhassus menjadi Program Tahfidz Intensif hingga 10 juz sampai dengan 30 juz;
  5. Lingkungan Arab dan Inggris yang kuat sehingga dapat membiasakan untuk berinteraksi menggunakan Bahasa Arab maupun Bahasa Inggris;
  6. Program pengayaan dan kunjungan ke luar negeri yang beragam dan menantang untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang bermakna;
  7. Siswa berasal dari berbagai daerah di Indonesia dengan budaya yang beragam dan unik sehingga dapat menciptakan suasana multikultural;
  8. Kelas Kecil (maksimum 20-25 siswa per kelas) untuk pembelajaran sehingga berorientasi mengenal secara Pribadi dan efektif;
  9. Fasilitas kelas dan asrama bersih, modern, dan dirancang khusus untuk pembelajaran yang nyaman;
  10. Kampus berada di wilayah pegunungan dengan lingkungan yang indah dan kondusif dengan konsep Modern Campus yang menjadi bagian dari fasilitas pembelajaran;
  11. Sistem layanan komunikasi yang responsif, cepat, dan ramah.
  12. Reputable University Enrolment sehingga berpotensi tinggi untuk diterima di universitas terkemuka di dalam dan di luar negeri (sesuai dengan peta kompetensi siswa)

5. SMP Islam Sabilillah (https://smp.sekolahsabilillah.sch.id)

Terdapat tujuh keunggulan, yakni :

  1. Sistem Fullday School Berbasis Pendidikan Karakter
  2. Mengadopsi Pembelajaran Negara Maju
  3. Everyday with Al Qur’an
  4. Pendidikan Agama Islam
  5. Program We Can Speak
  6. Pembelajaran Ekstrakurikuler
  7. Gerakan Sekolah Bersih

6. SMA Tazkia IIBS (https://tazkiaiibs.sch.id)

Tazkia sudah berdiri sejak 2012. Memasuki wilayah kampus Tazkia, Anda dijamin akan tercengang. Gedungnya mewah dan sangat bersih. Tamannya indah. Ruang kelasnya asyik dan tidak membosankan karena catnya berwarna-warni. Terdapat kamar mandi di setiap kelas dan loker untuk anak. Tempat makan juga bersih dan rapi.

Uniknya, untuk masuk Tazkia, calon santri harus mendaftar jauh sebelum lulus. Calon santri harus mendaftar pada saat kelas 3 SD apabila ingin SMP di Tazkia. Untuk SMA, calon santri harus mendaftar pada saat ia kelas 6 SD. Hal ini dikarenakan banyaknya antrean untuk mondok di sana. Untuk diketahui, yang belajar di Tazkia tidak hanya dari Indonesia saja. Ada juga yang dari Australia, Belanda, Thailand, Qatar, hingga Abu Dhabi.

Lentera kecil:  Teknologi RISHA Digunakan Dalam Rekonstruksi Sekolah di Aceh

Meski tergolong mahal, Tazkia memiliki keunikan di kurikulumya. Mereka sudah memakai kurikulum Al Azhar dengan mewajibkan santri hafalan minimal 8 juz. Selain itu, tentunya materi-materi keislaman juga diberikan. Tazkia masih menggunakan kurikulum nasional juga, namun digabung dengan kurikulum internasional Cambrige Checkpoint untuk pelajaran matematika, sains, dan bahasa Inggris. Di sana diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Selain itu, terdapat ekskul wajib yakni berkuda, memanah, berenang, bela diri, dan pramuka.

Uniknya lagi, saat jenjang SMA, Tazkia memiliki 5 jurusan, yakni ulama, scientistpreneur, sociopreneur, CEO, dan professional. Ulama untuk santri yang ingin terjun di bidang keislaman, scientristpreneur dan sociopreneur untuk santri yang ingin melanjutkan ke jenjang umum, CEO untuk menyiapkan santri yang akan membawahi perusahaan, sedangkan professional untuk santri yang ingin melanjutkan bidang kedokteran, militer, atau kepolisian.

7. SMA Ar-Rohman Dau (https://www.arrohmahputri.sch.id – https://www.arrohmahputra.com – https://arrohmahtahfizh.sch.id)

SMP-SMA Integral Ar-Rohmah Tahfizh “Boarding School” Pesantren Hidayatullah Malang, hadir lewat jenjang Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, program pendidikan 6 tahun (3 tahun di jenjang SMP dilanjutkan ke 3 tahun SMA) dengan model Boarding School (sekolah berasrama). Target hafalan santri yaitu 10 Juz dan 30 Juz. Visi SMP-SMA Integral Ar-Rohmah, mewujudkan SMP-SMA Boarding School Ar-Rohmah Tahfizh sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang unggul sehingga mampu melahirkan sumber daya manusia yang sanggup memikul amanah Allah sebagai hamba dan khalifah-NYA. Misi SMP-SMA Integral Ar-Rohmah, menyelenggarakan SMP-SMA Boarding School Ar-Rohmah Tahfizh secara Integral dalam aspek ruhiyah, aqliyah dan jismiyah, sehingga dapat melahirkan siswa muslim yang Hafizh dan memiliki aqidah yang kokoh, berakhlaq mulia, ilmu yang luas, dan mandiri. Tujuan SMP-SMA Integral Ar-Rohmah, mendidik siswa sebagai insan kamil.

8. SMA Sabilillah (https://sma.sekolahsabilillah.sch.id)

Pendidikan Karakter sebagai Program Unggulan Utama merupakan usaha untuk menghantarkan peserta didik menjadi manusia yang sempurna (insan kamil) dengan visi Siswa Sabilillah Penuh Cinta (SSPC). Dikembangkan menggunakan kerangka konseptual Cinta 360 derajat, dengan pendekatan pengembangan sekolah secara menyeluruh (whole school development approach). Kegiatan pengembangan pendidikan karakter diselenggarakan dalam bentuk keteladanan, pembiasaan, penciptaan lingkungan, pemantauan, dan kemitraan dengan orang tua.

Macam-macam program unggulan SMA Islam Sabilillah Malang yaitu:

  1. Program Maqoman Mahmudah
  2. Everyday with Al Quran
  3. Program Super Skills
  4. Program We Can Speak
  5. Program Sekolah Para Juara
  6. Program Semerbak
  7. Program Pendidikan Kebangsaan

9. SMK An-Nur Bululawang (www.smk-annur.sch.id)

SMK An Nur Bululawang atau yang lebih popular dengan nama SMK Unggulan An Nur Bululawang-Malang-Jawa Timur adalah lembaga pendidikan yang murni 100% menerapkan wajib mondok kepada seluruh siswanya. SMK tersebut berada didalam Pondok Pesantren An Nur Bululawang Malang Jawa Timur yang mana pesantren tersebut memiliki santri berjumlah kurang lebih dari 10.000. SMK yang tepatnya berada di dalam Ponpes An Nur Satu ini didirikan pada tahun 2014 atas persetujuan kiai, alumni  dan Tokoh tokoh penting dilingkungan pesantren, sehingga SMK tersebut tergolong masih muda.

Meskipun tergolong muda, SMK Yang dipimpin oleh Nasional Master Trainer dan Motivator Nasional (Dr. HM. Taufiq.SP.,M.Pd atau yang lebih terkenal dengan Mr. Viqi) ini berhasil mewujudkan cita-citanya sebagai SMK yang murni berbasis pesantren sebab sampai saat ini semua siswa dan siswinya konsisten diwajibkan di pesantren.

Lentera kecil:  Daftar Alamat PTN Indonesia I

SMK yang memiliki 7 jurusan (Teknik Komputer Jaringan, Teknik Sepeda Motor, Tata Busana, Tata Kecantikan, Tata Boga, Keperawatan, dan Multimedia) ini juga telah ditunjuk menjaki SMK Pesantren Rujukan Nasional bidang Smart School serta  berhasil mewujudkan visi-misinya meskipun masih berusia 5 tahun. Adapun keberhasilannya dalam mewujudkan visi misinya sebagai berikut:

Bidang hafalan al quran

Sebagai program visi dan misi, pembelajaran Al quran dilakukan setiap hari di awal pembelajaran. Program ini diawasi khusus oleh Manager tahfidz sehingga kegiatan harian, program jangka pendek sampai jangka panjang tercapai. Para siswa yang telah mencapai target hafalan mendapatkan beasiswa pendidikan selama 1 semester

Bidang Bahasa Inggris

Dalam bidang Bahasa Inggris sama seperti manajemen bidang Hafalan Al Quran. Tim ini fokus pengembangan siswa dalam hal komunikasi berbahasa inggris. untuk  mensukseskan program tersebut English communication diadakan setiap awal pembelajaran dan setiap 3 hari dalam seminggu mereka wajib komunikasi bahasa inggris. Selain itu, sekolah juga mendatangkan guru bahasa inggris dari luar negeri (Native speaker).

Selama 5 tahun sudah lebih dari 10 native speaker yang ngajar di SMK Unggulan An Nur. Bahkan kursus bahasa inggris khusus guru dan saf juga pernah diadakan dalam membantu mensukseskan program ini.

Bidang wirausaha

Salah satu visi skolah adalah menjadikan para siswa yang utama adalah berwirausaha. Untuk program ini, sekolah membuat sebuah program teaching factory dan mendirikan unit usaha. Selain itu, seminar dan workshop kewirausahaan yang melibatkan wirausahawan sukses sering didatangkan untuk memberikan motivasi dan pembeljaran wirausaha kepada para siswa.

Selain sukses dalam menjalankan dan menerapkan visi dan misinya, sekolah yang memiliki Motto “Disiplin-Bersih-dan Ramah” ini juga berhasil menjuarai berbagai kompetisi regional dan nasional. Adapun kompetisi dan juara yang pernah didapatkan diantaranya:

  1. Juara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Budang Multimedia Tingkat Kabupaten
  2. Juara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Budang Multimedia Tingkat Kabupaten
  3. Juara Lomba kesehatan tingkat kabupaten dan provinsi
  4. Juara LKTI Tingkat Provinsi 2019
  5. Juara LKTI Nasional 3 kali 2019

https://www.padamu.net/5-referensi-smk-berbasis-pesantren-unggulan-dan-favorit-di-indonesia

10. SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (https://www.smkmutumalang.sch.id)

SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang (SMK MUTU) berdiri pada tahun 1994 atas prakarsa tokoh dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gondanglegi Kabupaten Malang.

Pada awalnya SMK MUTU mengelola 2 kompetensi keahlian: Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Seiring kebutuhan masyarakat terhadap keragaman kompetensi keahlian, maka pada tahun 2008 SMK MUTU membuka dua kompetensi keahlian: Perbankan dan Teknik Komputer & Jaringan. Satu tahun kemudian 2009 SMK MUTU menambah 1 kompetensi keahlian; Teknik Sepeda Motor. Tahun 2012 membuka Kompetensi Keahlian Farmasi, dan pada tahun 2014 SMK MUTU kembali menambah 4 kompetensi keahlian baru; Keperawatan, Perhotelan, Administrasi Perkantoran, dan Teknik Ototronik. Semua kompetensi keahlian tersebut telah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Saat ini SMK MUTU Gondanglegi mendidik kurang lebih 2.300 siswa yang tersebar kedalam 13 kompetensi keahlian. Sebagian mereka, berasal dari luar Malang Raya seperti Lumajang, Pasuruan, Blitar, Surabaya, Probolinggo, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, Samarinda, Banjarmasin, Lampung, Bengkulu dan Manokwari Papua. Informasi SMK ini diperoleh mereka dari para alumni, media sosial, media cetak dan elektronik nasional dan internasional.

Ditulis dan dikirim oleh: Mohammad Feri, S.S via email: feri16887@gmail.com.

 

Sekolah Swasta Unggulan dan Favorit di Malang


Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *