Materi

Teknik Penulisan Artikel di Media Massa untuk kalangan Dosen PT

Teknik Penulisan Artikel di Media Massa untuk kalangan Dosen PT merupakan Bahan Diskusi dalam Workshop “Teknik Penulisan Artikel di Media Massa & Jurnal /How to Develop Academic Writing Skill” bagi Para Dosen di Universitas Internasional Batam (UIB) yang diselenggarakan oleh Academic Development Center UIB Batam pada  tanggal 11 Desember 2006) yang ditulis oleh Muh. Arief Effendi.

Teknik Penulisan Artikel di Media Massa

Adapun maksud dan tujuan penulisan adalah:

Pada saat ini tradisi kepenulisan di kalangan dosen perguruan tinggi belum membudaya. Oleh karena itu, untuk membangun budaya menulis bagi para dosen, sangat diperlukan komitmen penuh dan dorongan dari pimpinan perguruan tinggi.

Tenaga Dosen termasuk salah satu civitas akademik di perguruan tinggi yang seharusnya memiliki wawasan intelektual tinggi . Untuk itu diharapkan seorang dosen dapat menyampaikan ide / pemikiran / gagasannya secara sistematis, baik secara lisan maupun tulisan.

Kelemahan yang sering terjadi pada sebagian dosen di perguruan tinggi adalah karena kesibukan mengajar di kampus, sehingga melupakan salah satu kewajiban yang tidak kalah penting dari mengajar yaitu menulis sebuah karya ilmiah.

Hal ini ditunjukkan dengan masih sedikitnya hasil karya ilmiah oleh dosen yang dipublikasikan di media massa maupun jurnal-jurnal ilmiah.

Seorang Dosen yang dapat menuangkan pemikiran dalam bentuk tulisan artikel/karya ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini juga merupakan  salah satu penerapan Tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian pada masyarakat.

Oleh karena itu, agar para dosen berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam penulisan artikel / karya ilmiah, sehingga eksistensinya bukan hanya diakui dikalangan kampus saja namun juga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dalam artikel ini dibahas tuntas masalah Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Populer, Standar penulisan artikel, Kiat-kiat menulis artikel.

Makalah Teknik Penulisan Artikel di Media Massa untuk kalangan Dosen PT

 

Semoga artikel dari Muh. Arief Effendi SE, MSi, Ak, QIA, Senior Auditor PT. Krakatau Steel dan Dosen Luar Biasa FE Universitas Trisakti & STIE Trisakti Jakarta, bermanfaat bagi semua.

Arsip asli: Jun 10, 2011

 

Teknik Penulisan Artikel di Media Massa untuk kalangan Dosen PT – Lentera Kecil

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

2 Comments

  • asih imaniar

    saya sangat tertarik dengan artikel ini. saya ingin merekomendasikan sebuah halaman yang berisi kumpulan tulisan-tulisan dosen yang dapat menginspirasi dan menambah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *