Tips Agar Bunga Tabungan Tidak Habis Termakan Biaya Bank

Menabung merupakan salah satu langkah yang paling efektif untuk mengumpulkan uang guna menyiapkan kebutuhan di masa depan. Dan kini Anda bisa menabung di bank agar lebih aman, terlebih lagi akan ada sejumlah bunga tabungan yang menguntungkan Anda. 

Namun sayangnya masih banyak kasus nasabah yang menabung di bank tetapi tidak bertambah malah berkurang karena biaya admin bank. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? 

Biasanya nasabah bank tidak mengetahui bagaimana strategi menabung yang tepat agar tidak terkuras karena biaya admin. Dengan mengetahui bagaimana tips menyimpan uang di bank, dijamin tabungan Anda akan cepat menggunung ditambah dengan adanya bunga tabungan yang menguntungkan.

5 Tips Menabung Tepat Agar Bunga Tabungan Semakin Cuan

Bunga tabungan sendiri merupakan keuntungan dalam jumlah tertentu yang nantinya akan dibayarkan oleh bank kepada nasabah sebagai feedback atas simpanan mereka.

Nah jika Anda menabung di bank, maka dalam kurun waktu tertentu mulai per bulan atau per tahun akan mendapatkan sejumlah keuntungan tersebut. Anda bisa mulai mencari tahu tentang bagaimana cara menghitung bunga tabungan agar semakin yakin. 

Namun sebelum itu, sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu bagaimana tips menabung di bank yang efektif agar simpanan Anda tidak habis termakan biaya admin.

1. Buka Rekening Tabungan Khusus

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum menyimpan uang tabungan di bank adalah dengan membuka rekening khusus. Pastikan untuk memisahkan rekening tabungan dengan rekening kebutuhan lainnya agar tidak tercampur.

Nantinya rekening tabungan tersebut hanya digunakan untuk kebutuhan menyimpan uang saja dan tidak boleh digunakan untuk melakukan transaksi lain. Tidak hanya itu, rekening tabungan juga memiliki sejumlah biaya yang berbeda dengan rekening konvensional. 

2. Ketahui Rincian Biaya Tabungan di Bank

Setelah membuka rekening khusus tabungan, jangan lupa untuk mengetahui apa saja biaya yang harus dikeluarkan saat proses menabung di bank. Pasalnya saat menabung di bank akan ada beberapa biaya potongan, jadi Anda harus memilih produk yang tepat.

Banyak produk tabungan yang akan ditawarkan oleh bank, dan Anda tidak boleh asal memilih produk tabungan begitu saja. Ketahui apa saja biaya transaksi, biaya admin, fasilitas perbankan, sampai jumlah bunga tabungan yang akan didapatkan nantinya. 

3. Sisihkan Penghasilan Secara Rutin

Agar bisa mencapai target tabungan yang Anda inginkan, maka Anda pun harus rutin menyisihkan penghasilan setiap bulan setelah menerima gaji. Besarannya sangat relatif tergantung kebutuhan Anda.

Namun biasanya jumlah yang harus disisihkan adalah sekitar 5 sampai 10 persen dari jumlah penghasilan yang Anda dapatkan per bulan. Setelah menyiapkan uang tersebut, segeralah simpan di rekening tabungan yang sudah Anda buat tadi.

4. Gunakan Sistem Debet Otomatis

Untuk mendapatkan keuntungan dari bunga tabungan, pastinya Anda harus aktif menabung di bank. Agar tidak tertinggal, maka Anda bisa menggunakan sistem auto debet yang nantinya akan secara otomatis memotong penghasilan Anda dan disimpan ke dalam rekening tabungan. 

Jangan khawatir uang Anda akan terpotong banyak karena sebelum mengaktifkan fitur ini akan ada kesepakatan terkait jumlah pemasukan yang akan dipotong dan berapa lama waktu layanan ini akan berlaku jadi Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan. 

5. Tetapkan Tujuan dan Target

Meskipun Anda sudah melakukan berbagai tips sebelumnya termasuk cara menghitung bunga tabungan, tetapi cara di atas masih belum lengkap jika Anda tidak menentukan tujuan dan target yang akan dicapai.

Tujuan ini akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan tabungan dan bisa dijadikan sebagai motivasi untuk terus menabung di bank. Biasanya nasabah bank akan menabung untuk tujuan seperti biaya pendidikan, ibadah haji, keperluan pernikahan, hingga biaya untuk anak mereka.

Nah Anda tidak perlu khawatir lagi akan kasus penipuan yang marak terjadi untuk mendapatkan bunga tabungan. Pasalnya kini Anda bisa menabung dengan produk digibank by DBS.

Dapatkan Kelancaran Menabung Bersama digibank by DBS

Membuka tabungan di bank kini tidak perlu repot lagi, bersama digibank by DBS Anda sudah bisa menabung dengan aman hanya dengan menggunakan sidik jari saja. Bahkan produk digibank by DBS juga menawarkan beberapa keunggulan yang menarik, seperti berikut ini:

Buka Tabungan Tanpa Harus ke Bank

Buka Tabungan Tanpa Harus ke Bank

Anda bisa membuat tabungan hanya melalui Aplikasi digibank by DBS dan tidak perlu datang ke cabang untuk mengisi dokumen berlembar-lembar. Simple bukan?

Verifikasi Mudah

Selain prosesnya yang bisa dilakukan di aplikasi, kini digibank by DBS juga telah menggunakan face biometric. Hanya dengan menyiapkan e-KTP, lalu dilanjutkan dengan pengisian data diri dan diselesaikan dengan verifikasi wajah melalui kamera. Jika Anda ingin lebih praktis, maka Anda bisa datang langsung ke booth digibank by DBS terdekat. 

Gratis Transfer dan Tarik Tunai

Bersama digibank by DBS, Anda bisa merasakan sensasi transfer bebas biaya ke mana saja di Aplikasi digibank by DBS dan tarik tunai gratis di semua ATM untuk pengguna yang memiliki saldo rata-rata minimal 1 juta rupiah per bulan.

Banyak alasan kenapa Anda sebaiknya menggunakan digibank by DBS sebagai tempat aman untuk menyimpan tabungan Anda, ‘kan? Yuk segera daftarkan diri Anda dan nikmati bunga tabungan melimpah. Jangan lupa juga untuk menghitung bunga tabungan agar semakin yakin untuk menentukan tujuan finansial kamu.

 

Tips Agar Bunga Tabungan Tidak Habis Termakan Biaya Bank

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.