daftar iklan mgid

Cara, Tips, dan Panduan Jitu Membuat Blog Gaming yang Sukses

Ingin membuat blog gaming yang sukses? Ingin menjadi blogger yang berhasil? Jika ya, simak artikel ini. Sebab kita akan bahas cara, tips, dan panduan jitu untuk membuat blog gaming yang sukses.

blog gaming - UniPin blog

Blog merupakan media publikasi yang sangat populer. Kita bisa menggunakan blog untuk publikasi berbagai jenis konten. Termasuk untuk Anda yang hobi bermain game, Anda bisa membuat blog dengan tema gaming. Di artikel ini kita akan bahas langkah-langkah membangun blog gaming yang berhasil. Untuk para gamers dan blogger, wajib simak artikel ini.

Besarnya Potensi Tema Gaming

Tema gaming termasuk tema blog yang menarik. Sebab tema ini sangat populer. Bayangkan saja, ada berapa banyak gamers di Indonesia. Anak-anak pun sudah sangat gemar bermain game. Sebut saja game-game populer seperti Free Fire, Mobile Legends, atau PUBG Mobile. Sudah tentu tema gaming menjadi tema blog yang menarik.

Jika tak percaya, coba lihat jumlah unduhan untuk game Free Fire di Google Play Store. Hingga saat artikel ini ditulis, jumlah unduhan game Free Fire sudah mencapai lebih dari 500 juta unduhan. Tak hanya itu, kalau Anda cek YouTube channel yang membahas tentang Free Fire, channel YouTube tersebut biasanya akan mendapatkan jumlah views yang sangat banyak.

game Free Fire

Dari sini terlihat betapa besar potensi tema gaming. Termasuk untuk urusan konten, seperti blog. Jika Anda ingin mulai membuat blog, tema gaming dapat menjadi salah satu tema yang dipertimbangkan.

Inilah tips dan langkah-langkah membangun blog gaming yang sukses.

1. Tentukan Dulu Tema Blog yang Spesifik

Langkah pertama untuk membuat blog adalah menentukan tema. Banyak blogger yang melewati langkah ini. Padahal ini adalah step yang sangat penting. Dalam memilih tema blog, usahakan untuk memilih tema yang spesifik. Oke, misalkan Anda akan membuat blog dengan tema gaming. Hanya saja, akan lebih baik kalau Anda membuat gambaran yang lebih spesifik.

Lentera kecil:  Hosting24: Rekomendasi Web Hosting Berkualitas dan Murah

Misalkan blog yang membahas tentang mobile game, blog yang membahas tentang PC game, atau tema spesifik lainnya. Hadirnya tema yang spesifik akan memperkuat branding blog Anda ke depannya. Ini bisa menjadi pembeda antara blog Anda dengan blog gaming yang lain.

Contoh tema blog gaming yang menarik misalnya:

  • Blog Mobile Legends,
  • Blog Free Fire,
  • Blog Point Blank,
  • Blog game android,
  • Dan sebagainya.

Usahakan untuk memilih tema blog yang spesifik.

2. Buat Rencana Konten yang Unik dan Menarik

Setelah mendapatkan ide blog gaming, maka mulailah membuat rencana konten. Rencana konten ini akan memudahkan Anda saat mengelola blog ke depannya. Dengan adanya rencana konten, Anda tidak akan bingung lagi harus menulis konten apa di blog. Pikirkan dan siapkanlah kira-kira konten apa saja yang akan Anda hadirkan di blog.

Misalkan untuk sebuah blog dengan tema Mobile Legends, Anda bisa membahas tema-tema berikut:

  • Hero-hero Mobile Legends,
  • Panduan memakai hero MLBB,
  • Karakter-karakter Mobile Legends, misal: karakter Nana Mobile Legend.
  • Tips main MLBB,
  • Dan banyak lagi.

Untuk mengetahui jenis konten yang menarik, Anda bisa lakukan riset. Misalkan dengan melihat tren di media sosial, melihat blog gaming lain, melihat konten yang ramai di YouTube, dan sebagainya.

contoh konten blog gaming

Contoh konten blog gaming – UniPin Blog

3. Buat Blog Anda

Berikutnya Anda bisa segera membuat blog. Kini membuat blog sudah sangat mudah. Contoh platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog misalnya: WordPress.com dan Blogger.com. Dengan memakai dua platform tadi, Anda bisa buat blog secara gratis.

Lentera kecil:  Pengalaman Menggunakan Web Hosting Niagahoster

Atau jika ingin membuat blog dengan lebih powerful, Anda bisa memanfaatkan CMS seperti WordPress.

4. Fokus pada Menghadirkan Konten Berkualitas

Strategi terpenting dalam mengembangkan blog adalah menghadirkan konten blog yang berkualitas. Mengapa? Sebab saat ini ada banyak blog di luar sana. Konten yang berkualitas, unik, dan menarik akan menjadi daya tarik bagi blog Anda. Ketika konten Anda bagus, unik, atau menarik, kemungkinan besar audiens akan lebih betah untuk membaca blog Anda.

Seperti apa konten berkualitas untuk blog? Beberapa tips berikut bisa Anda gunakan.

  • Buatlah konten yang original. Hindari membuat artikel yang bersifat copy paste.
  • Buatlah konten yang menjawab kebutuhan pembaca blog. Misal, kalau pembaca suka dengan konten-konten tutorial game, maka hadirkanlah konten tersebut.
  • Buatlah konten yang unik dan berbeda. Misalkan dengan cara membuat konten yang punya ciri khas atau keunikan.
  • Libatkan pembaca dalam membuat konten. Caranya? Misal Anda membuat konten berdasarkan pertanyaan pembaca, berdasarkan usul/komentar pembaca, dan sebagainya.

Yang tak kalah penting, pastikan untuk menghadirkan konten secara rutin dan berkelanjutan. Semakin banyak konten blog Anda, maka semakin besar peluang blog Anda mendapatkan trafik.

5. Gencarkan Promosi Blog Gaming Anda

Salah satu kunci sukses sebuah blog adalah trafik. Semakin tinggi trafik blog Anda maka akan makin banyak peluang monetisasi yang bisa Anda dapatkan. Keberhasilan sebuah blog, salah satunya bisa diukur dari trafik blog tersebut. Nah agar blog Anda punya trafik yang bagus, lakukan promosi dengan gencar.

Promosi blog dapat Anda lakukan melalui cara-cara berikut.

  • Bagikan konten blog di media sosial. Jadikan media sosial sebagai salah satu sumber trafik blog.
  • Optimalkan SEO (Search Engine Optimization) di blog.
  • Promosikan blog ke komunitas-komunitas gamer.
  • Tingkatkan publikasi terhadap blog Anda dengan berbagai cara. Jadikan makin banyak orang yang tahu tentang blog Anda.
Lentera kecil:  Perubahan Publisher Google Adsense

6. Monetisasi Blog Anda

Tahap terakhir dan sekaligus yang paling menyenangkan adalah memonetisasi blog. Di tahap ini Anda bisa mulai memonetisasi blog. Dengan monetisasi, Anda bisa menghasilkan uang dari blog. Ada berbagai cara monetisasi blog gaming yang bisa Anda gunakan. Contohnya:

  • Dengan menayangkan iklan Google AdSense. Untuk bisa mengikuti program ini, Anda harus mendaftarkan blog Anda di Google AdSense terlebih dahulu. Pastikan blog Anda memenuhi persyaratan agar lolos review Google AdSense. Salah satu syarat utama agar lolos review Google AdSense adalah Anda berusia minimal 18 tahun. Selain itu, pastikan blog Anda memenuhi seluruh ketentuan Google AdSense. Yang tak kalah penting, pastikan blog Anda sudah punya trafik yang lumayan.
  • Dengan menerima sponsor dari pihak lain. Misalkan dari brand atau perusahaan tertentu. Seperti misalkan dari perusahaan penyedia layanan top up game, perusahaan game publishers, dan sebagainya.
  • Dengan menjual produk/jasa yang berkaitan dengan bidang gaming. Misal menjual jasa-jasa yang berkaitan dengan bidang game, menjual merchandise game, menjual item game, dan sebagainya.

google adsense

Google AdSense, salah satu program iklan yang dapat digunakan untuk monetisasi blog gaming

Nah pembaca, itulah langkah-langkah, strategi, dan tips jitu untuk memulai dan membangun blog gaming yang sukses. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Cara, Tips, dan Panduan Jitu Membuat Blog Gaming yang Sukses

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *