Trigonal Pencil Untuk Belajar Menulis Tangan

Pengertian trigonal pencil adalah model pensil segitiga (pencil grip) sebagai salah satu bentuk sarana untuk anak yang memiliki kesulitan menulis dengan tangan. Bentuk trigonal pencil dengan pola pegangan tangan yang nyaman serta kualitas isi pensil yang lebih pekat atau hitam akan membentuk posisi jari yang tepat dan benar dalam memegang pensil sehingga anak yang mulai belajar menulis dengan tangan dapat merasakan kenyamanan.

Produsen trigonal pencil umumnya membuat pensil ini berbentuk segitiga yang ergonomis sehingga membuat pensil dapat di genggam dengan mantap oleh anak. Selain itu, isi dalam pensil (grip) menggunakan sistem SV Bonding yang akan membuat isi pensil tidak mudah patah serta hasil tulisan akan lebih jelas karena warna lebih hitam.

Trigonal Pencil Untuk Belajar Menulis Tangan

Fungsi Penggunaan Trigonal Pencil

Penggunaan pensil berbentuk segitiga atau trigonal pencil ini berfungsi bagi anak yang kurang mampu menulis halus. Terutama berguna  sebagai alat bantu menulis bagi siswa dalam mata pelajaran menulis halus di Sekolah Dasar karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan pensil pada umumnya.

Beberapa fungsi khusus pensil segitiga bagi anak yang memiliki kesulitan belajar menulis terutama anak penderita disgrafia atau anak berkebutuhan khusus (Children with special education need) dalam mengkoordinasikan motorik halusnya (tangan) untuk menulis. Selain itu, untuk membantu kesiapan anak dalam kegiatan pra menulis dan membentuk atau menanamkan cara memegang alat tulis atau pensil yang tepat pada tahap awal pembelajaran menulis.

Beberapa manfaat penggunaan pensil segitiga bagi anak yang mulai belajar menulis tangan:

  • Membantu dalam memegang pensil yang benar.
  • Membentuk genggaman jari jari ke dalam pola segitiga yang telah ada di pensil
  • Membantu menulis secara lebih perlahan dan hati-hati
  • Membantu anak untuk berlatih menulis
  • Mengurangi tekanan pensil pada kertas, sehingga menghindari sobeknya kertas.
  • Melatih anak dalam kemampuan pra menulis (seperti membuat garis lurus, lingkaran, corat-coret)
  • Melatih menulis huruf-huruf alphabet

Penggunaan trigonal pencil atau pensil segitiga lebih mengarah kepada merevisi cara memegang pensil atau alat tulis anak terutama bagi anak yang mengalami kesulitan belajar menulis tangan. Dalam hal cara memegang alat tulis, terkadang anak mempunyai cara yang khas seperti menggenggam pensil seperti mengepalkan tangan, menyeret pensil ataupun bagi pemilik tangan kidal dan lain sebagainya.

Dengan demikian menggunakan trigonal pencil dapat diperoleh teknik atau cara memegang alat tulis yang benar dalam pengajaran menulis permulaan atau menulis dengan tangan (handwritting) bagi siswa yang mulai mengenal alat tulis.

 

Trigonal Pencil Untuk Belajar Menulis Tangan – Lentera Kecil

Rekomendasi Artikel

loading...

ADD YOUR COMMENT