Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Artikel Pendidikan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

A. Pengertian Pembelajaran Matematika

Pembelajaran Matematika adalah proses pemberian pengalaman belajar kepada siswa melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga siswa memperoleh kompetensi tentang bahan matematika yang dipelajari.

Salah satu komponen yang menentukan ketercapaian kompetensi adalah penggunaan strategi matematika, yang sesuai dengan (1) topik yang sedang dibicarakan, (2) tingkat perkembangan intelektual siswa, (3) prinsip dan teori belajar, (4) keterlibatan siswa secara aktif, (5) keterkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari, (6) pengembangan dan pemahaman penalaran matematis.

Untuk mendukung usaha pembelajaran yang mampu menumbuhkan  kekuatan matematika diperlukan guru yang profesional dan kompeten, yaitu guru yang menguasai pembelajaran matematika, memahami karakteristik belajar siswa dan dapat membuat keputusan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.

Beberapa komponen dalam standar guru matematika yang profesional adalah: (1) penguasaan dalam pembelajaran matematika, (2) penguasaan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran matematika, (3) penguasaan dalam pengembangan profesional guru matematika, dan (4) penguasaan tentang posisi penopang dan pengembang guru matematika dalam pembelajaran matematika. Guru matematika yang profesional dan kompeten mempunyai wawasan landasan yang dapat dipakai dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran matematika.

B. Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Matematika di SD

Matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bilangan dan simbol-simbol serta ketajaman penalaran yang dapat membantu memperjelas dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Simbol-simbol itu penting untuk membantu memanipulasi aturan-aturan dengan operasi yang ditetapkan. Simbolisasi menjamin adanya komunikasi dan mampu memberikan keterangan untuk membentuk suatu konsep baru. Konsep baru terbentuk karena adanya pemahaman terhadap konsep sebelumnya, sehingga matematika itu konsep-konsepnya tersusun secara hirarkis. Dengan demikian simbol-simbol itu dapat digunakan untuk mengkomunikasikan ide-ide secara efektif dan efisien. Agar simbol-simbol itu berarti, kita harus memahami ide yang terkandung di dalam simbol tersebut. Karena itu hal terpenting adalah bahwa itu harus dipahami sebelum ide itu disimbolkan. (Hudoyo, 1988:54)

      Tujuan pembelajaran matematika di SD adalah: (1) Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan dalam kehidupan melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran logis, rasional, kritis, cermat, jujur dan efektif; (2) Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan; (3) Menambah dan mengembangkan ketrampilan  berhitung dengan bilangan sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari; (4) mengembangkan pengetahuan dasar matematika dasar sebagai bekal untuk melanjutkan kependidikan menengah dan (5) membentuk sikap logis, kritis, kreatif, cermat dan disiplin. (Depdikbud, 1996)

 

Bekali masa depan dengan ilmu pengetahuan – Lentera Kecil


Tag artikel: ,
Kategori: Pembelajaran
6 komentar » Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
  1. Rukiah,S.Pd mengatakan:

    Mksh bykya…..
    Izinkan sy mengutip ilmu yg byk drmu wlau sdkit yg sy dpt nmun sy trus brsh agr psert ddk sy menjd tau d mengerti, mnjd dws, mnambah wwsannya…. pndai dlm imtek mantp dlm imtaq, insyallah…..Allah brsm km…

  2. Rosy Nopra mengatakan:

    aslmkm. kalau boleh saya tau siapa penulis blog ini ya?
    saya perlu untuk refrensi mengutip

  3. rachmavita mengatakan:

    kalo boleh, bisa lihat daftar pustaknya tidak. terimakasih

    • lenterak mengatakan:

      (1) Muhsetyo, Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta.Universitas Terbuka (2) Richey, Robert W (1974) dalam Satori Djaman, dkk. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta.Universitas Terbuka

2 Pings/Trackbacks for "Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar"
  1. [...] . 2012. Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. (Online), (http://lenterakecil.com/pembelajaran-matematika-di-sekolah-dasar), diakses pada 2 Mei 2012/ 20.10 Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this. [...]

  2. [...] 2011. ”Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar” (online) (http://lenterakecil.com/pembelajaran-matematika-di-sekolah-dasar/, diakses tanggal 18 Maret 2012) Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this [...]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

SEKILAS INFO !
Artikel Terbaru
Komentar Terakhir
Recommend us on Google!

Info



Spam