SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang

SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang sebagai lembaga pusat unggulan pelayanan pendidikan generasi penerus, berdasarkan nilai-nilai persaudaraan serta cinta kasih.

SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang

SMA Katolik di Palembang Sumatera Selatan ini tidak terlepas dari ciri khas Konstitusi Gereja Katolik  No. 5 “Gravissium Educationis” yaitu:  Sekolah Katolik menumbuhkan kemampuan memberikan penilaian yang cermat, memperkenalkan harta warisan budaya yang telah dihimpun oleh generasi-generasi masa silam, meningkatkan kesadaran akan tata nilai, menyiapkan siswa untuk mengelola kejuruan tertentu, memupuk rukun persahabatan antara para siswa yang beraneka watak-perangai maupun kondisi hidupnya, dan mengembangkan sikap saling memahami.

Konstitusi tersebut selaras dengan tujuan Pendidikan Nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya.

“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.” (Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3)

SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang

SMU Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang telah mengukir jejak-jejak langkah perjalanan sejarah, baik bagi masyarakat Palembang dan Sumatera Selatan maupun Indonesia dan internasional.

Tatkala pada 15 Juli 1951 seorang Rohaniwan berkebangsaan Belanda L. F. J. Nienhuis mendirikan sekolah menengah atas Jln. Talang Jawa 4 Palembang (sekarang Jln. Kol. Atmo) dengan nama SMA Xaverius di bawah yayasan Xaverius yang didirikan 05 Mei 1930. Nama Xaverius diambil dari Santo Fransiskus Xaverius (7 April 1506 –2 Desember 1552) seorang pionir misionaris besar Katolik asal Navarre, Spanyol, di puri Xavier, dekat Pamplona.

Dengan lokal hanya 1 kelas menumpang di gedung Pastoran,  SMA Xaverius Palembang memulai aktivitas belajar mengajar, meski dengan sarana dan prasarana yang kurang memadai. Bahkan untuk kapur tulis pun meminta bantuan dari Belanda. Murid hanya berjumlah 32  dan Fr. Plechelmo sebagai pengajar sebagian besar dari pelajaran Ilmu Pasti dibantu tenaga pengajar dari guru negeri.

Namun semangat menjadikan SMU Xaverius Palembang terus maju karena untuk memenuhi suatu keinginan dan kebutuhan masyarakat (Pro Ecclisia et Patria – Demi Gereja dan Tanah Air) serta lahir dari suatu keluarga baik dan teratur.

Tahun 1953, awal pemimpinan Joseph Hubertus Soudant, SCJ seorang pastor kelahiran Heer, Belanda, pengganti Frater L. F. J. Nienhuis, lokasi sekolah berpindah  ke Jalan Bangau yang dulunya merupakan daerah rawa-rawa yang sepi.

Tahun 1956 Pastor J. J. M. Goeman SCJ diangkat sebagai Kepala Sekolah SMA Xaverius yang mempunyai pengalaman mendidik dan mengajar di SMA Kolese de Britto dan SMA St. Thomas di Yogyakarta (Juli 1952 – Agustus 1954). Selama Pastur J. J. M. Goeman SCJ. menjadi pimpinan SMA Xaverius tahun 1956-1961 banyak keberhasilan yang telah dicapai antara lain :

  1. Mendirikan wadah persatuan pelajar, tepatnya Kamis, 29 November 1956 dengan nama Ikatan Pelajar SMA Xaverius, yang kemudian berganti nama Perhimpunan Pelajar Sekolah Katolik (PPSK) SMA Xaverius 1. Kini menjadi OSIS/PPSK SMA Xaverius 1.
  2. Menetapkan lambang perhimpunan pelajar sekolah dengan mengadakan sayembara dan F.X. Mulyadi (almarhum) keluar sebagai pemenangnya.
  3. Pendirian sebuah wadah untuk menampung gagasan kreativitas tulisan siswa yaitu GITA PELAJAR, yang terbit pertama bulan Januari 1957 dan berganti nama menjadi majalah GITA hingga sekarang.
  4. 1959 SMA Xaverius mempunyai tiga jurusan: Bagian A, B, dan C (sekarang jurusan IPA, IPS, dan Bahasa).

SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang yang awalnya dipimpin oleh kaum biarawan, tahun 1961 diserahkan kepada kaum awam dan terpilih Drs. F.S. Bandiman untuk dipercaya memimpin sekolah dari tahun 1961 sampai 1966. Berkat kepemimpinan beliau, banyak prestasi yang mulai dapat mengangkat nama harum sekolah hingga dikenali oleh masyarakat dan instansi terkait. Nama SMA Xaverius 1 telah menjadi bagian hidup masyarakat Palembang dan membentuk persepsi tersendiri di hati mereka sebagai SMA terbaik.

Meski SMA Xaverius 1 Palembang berada dalam lingkungan Katolik bukan berarti tertutup bagi masyarakat beragama lain. Penerapan pelajaran agama tidak memaksa, artinya siswa diberi kebebasan untuk menjalankan agamanya masing-masing. Tujuan sekolah dikembalikan ke mukadimah Undang-Undang Dasar 45, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, serta pemahaman budi pekerti yang baik.

Sebagai contoh:

Dr H. Marzuki Alie, SE, MM (Ketua DPR RI 2009-2014)  yang dibesarkan dalam tradisi lingkungan keluarga muslim yang harmonis, bersahaja dan religius merupakan salah seorang alumni SMA Xaverius 1 Palembang. Beliau tetap seorang muslim yang taat tanpa terpengaruh perbedaan agama, bahkan kini sebagai ketua Dewan Pembina Nasional Ikatan alumni SMA Xaverius 1 Palembang (2011-2015).

guru SMA Xaverius 1 di Palembang

Guru dan karyawan SMA Xaverius 1 Palembang siap membimbing siswa

 

Fasilitas Sarana  SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang

Keberadaan sarana yang lengkap dan baik merupakan faktor pendukung bagi keberhasilan menjadi SMA Xaverius 1 menjadi Sekolah Terbaik di Palembang. Lingkungan sekolah yang asri, kelas yang nyaman, pendidik dan karyawan sekolah yang profesional akan tercipta suasana proses belajar mengajar yang tenang dan nyaman, sehingga diharapkan lulusan sesuai dengan harapan Visi dan Misi sekolah.

Fasilitas yang telah dikembangkan secara terus-menerus untuk proses belajar mengajar maupun ekstrakurikuler bagi peserta didik seperti: Ruang Kelas, Laboratorium ( Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa, IPS, Komputer dan Seni ), Perpustakaan, Lapangan Olahraga ( Sepakbola, Bola Voli, Basket & Lintasan Lari ), Jaringan Internet dan Hot Spot, Parkir Kendaraan, Atrium, Kantin dan Fotocopy, Ruang Pertemuan, Ruang Bimbingan & Konseling, Ruang Ekstrakurikuler, Ruang OSIS / PPSK, Ruang Komite Sekolah, Klinik Kesehatan, Pelayanan Bank, Koperasi.

Kegiatan untuk menampung aspirasi, hobi, latihan siswa tertampung dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti: Basket, Marching Band, Pecinta Alam, PAKAXA, Catur, Gardening, PMR, Komputer Analisis, Teater , Sepak Bola, Koperasi, Jurnalistik,dll.

SMA Xaverius 1 sekolah terbaik di Palembang siap menggali potensi anak didik. Lewat event-event kegiatan kesiswaan kemampuan siswa dibina dan dikembangkan. Dengan bimbingan yang serius, prestasi akademik maupun prestasi non akademik siswa, di tingkat daerah sampai internasional dapat diraih.

Dunia Internasional telah mencatat nama: Yudistira Virgus, saat meraih medali Perunggu dalam IPhO (Internasional Physic Olimpiade) di Taiwan 2003, meraih Medali Emas di APhO (Asian Physic Olimpiade) di Bangkok 2003,  meraih medali emas di IPhO (International Physic Olimpiade) di Pohang, Korea Selatan, 2004.

Ali Sucipto, meraih Honorable Mention dalam APhO (Asia Physic Olimpiade) di Vietnam, 2004, meraih Honorable Mention di IPhO (International Physic Olimpiade) di Pohang, Korea Selatan, 2004, meraih Emas dalam IPhO (International Physic Olimpiade) di Salamanca, Spanyol, 2005.

Dan sederet nama siswa SMA Xaverius 1 Palembang di tingkat daerah maupun nasional

 

SMA Xaverius 1 Palembang

 

SMA Xaverius 1 Palembang Berstandar Internasional

Manajemen sekolah tidak luput dari perhatian yang serius. Menghadapi tuntutan persaingan sekolah yang semakin ketat penerapan strategi modern bagi kemajuan dan perkembangan sekolah terus ditingkatkan. Sumber daya manusia sampai fasiltas terus dibenahi. Harapan “Menjadi Unggul dan terus Berprestasi”, sesuai Visi, Misi dan tujuan SMA Xaverius 1 Palembang terus dilaksanakan sampai saat ini.

Pembenahan kekurangan yang ada, baik itu sarana dan prasarana, administrasi, pendidik, ketenagaan, dan lain-lain, terus dilakukan SMA Xaverius 1 Palembang. Pemenuhan SNP (standar nasional pendidikan), guru lulusan S2/S3 sebanyak 30 persen, kepala sekolah minimum S2 dan mampu berbahasa asing secara aktif, sarana/prasarana berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK), dan manajemen berbasis TIK, ISO 9001 dan ISO 14000, Akreditasi A serta dokumen meraih kejuaraan Nasional, Regional dan Internasional siap menuju Sekolah Berstandar Internasional (SBI) dan agar dapat  mewujudkan SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang.

Referensi:

  • smaxaverius1-plg.blogspot.com
  • www.carmelia.net
  • smaxaverius1.com
  • ikaxa.tumblr.com

 

 

 


Tag artikel: , ,
Kategori: Pendidikan
6 komentar » SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang
  1. ikaxa mengatakan:

    Luar biasa!

  2. Faried hi mengatakan:

    Salam silaturahmi Mastah,
    Blog dan postingannya bagus , , kpn ya ane punya domain kyk mastah ini.

  3. berita mengatakan:

    wah agan nih kurang optimasi ayoo gan dioptimasi biar bisa menang gan

  4. SMA Terbaik mengatakan:

    memang bagus sekolahan itu gan, visinya Melaksanakan pelayanan pendidikan bagi siswa menjadi pribadi yang utuh, mandiri, kompeten dan kompetitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

*

SEKILAS INFO !
Artikel Terbaru
Komentar Terakhir
Recommend us on Google!

Info



Spam