3 Cara Memahami Ayat Al Quran [Tips Mudah]

Bagaimana cara memahami ayat Al Quran dengan mudah? Banyak sekali tahapan atau metode yang bisa kita lakukan untuk memahami makna setiap ayat Quran. Namun yang pertama harus kita persiapkan adalah niat atau prinsip yang sangat kuat serta tak mudah putus asa.

Memahami Ayat Al Quran

Muat Lebih

Di zaman yang sangat canggih seperti saat sekarang ini, banyak sekali media atau alat yang bisa kita gunakan untuk itu. Namun hakikat dari mempelajari atau memahami arti dari setiap Al Quran adalah agar kita menjadi manusia yang memiliki batasan batasan dari sisi agama.

Dan berikut ini beberapa metode yang bisa sobat lakukan dalam rangka memahami atau mempelajari ayat Al Quran.

Tips Memahami Al Quran

Ada beberapa cara yang bisa sobat gunakan, namun semuanya itu harus dilakukan dengan bimbingan orang yang berkompeten dibidang Al Quran.

Seperti para ustadz, guru ngaji, ulama ahli tafsir dan orang orang yang memang memiliki pengetahuan luas terhadap Al Quran. Dan berikut ini metode yang bisa sobat gunakan.

1. Memahami Al Quran Melalui Artinya

Salah satu cara termudah yang bisa sobat lakukan adalah dengan membaca arti dari setiap ayat Al Quran itu sendiri, dan saat ini sudah banyak sekali Al Quran dan terjemahannya yang bisa sobat miliki.

Dan jika sobat sangat sibuk sehingga terasa sulit untuk sekedar membaca terjemahan Al Quran, silahkan dengarkan saja mp3 Al Quran dan Terjemahan yang banyak dibagikan di internet.

Ada banyak sekali versi yang bisa kita dengarkan, mulai dari qori luar negeri sampai dengan dalam negeri semuanya tersebar banyak di internet.

2. Menggunakan Kitab Tafsir

Untuk metode yang satu ini lebih kompleks lagi dibandingkan yang pertama, jika pada point pertama kita bisa mengerti apa arti dari setiap ayat Al Quran, maka dimetode yang kedua ini akan lebih jauh lagi kita memahami setiap ayat Al Quran.

Ketika kita mempelajari tafsir Al Quran, kita tidak boleh mempelajari dan menetapkan tafsiran dari ayat yang sedang kita baca itu secara otodidak.

Kaidah tafsir Quran sudah ditetapkan dan kita harus mempelajarinya dari ulama atau ustadz ahli tafsir yang memang benar benar ahli dalam bidang tafsir Al Quran.

Dan salah satu kitab tafsir yang banyak digunakan adalah karya Syaikh Ibnu Katsir, karena penjelasannya lebih mudah untuk dipahami.

Tafsir Ibnu Katsir sendiri memiliki pembahasan yang sangat luas serta mendetail, dan untuk sobat yang masih awam silahkan pelajari saja kitab tafsir ini melalui para ustadz.

3. Mempelajari Bahasa Arab

Al Quran adalah kitab suci yang diturunkan di tanah Arab, yang mana bahasa yang digunakan juga bahasa Arab.

Loading…

Dan cara agar kita bisa lebih dalam memahami makna setiap ayat Al Quran adalah dengan belajar berbahasa Arab, dan bahasa Arab merupakan bahasa yang lumayan sulit untuk dipelajari tak semudah untuk belajar bahasa Inggris atau bahasa lainnya.

Bahasa Arab memiliki tingkat kerumitan tersendiri, dan untuk sobat yang ingin mempelajari bahasa Arab disarankan untuk kursus belajar berbahasa Arab.

Nantinya akan banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan setelah kita mampu atau mahir berbahasa Arab.

Salah satunya adalah kita akan bisa mempelajari kitab kitab asli para ulama yang menggunakan bahasa Arab.

Kemampuan untuk memahami dan mengartikan bahasa arab bagi orang yang fasih berbahasa arab akan sangat jauh berbeda dengan orang orang yang hanya mempelajari dari arti bahasa arab di kitab kitab yang sudah ada artinya.

Dan itu tadi setidaknya 3 cara yang bisa kita lakukan untuk memahami makna dari setiap ayat Al Quran. Lalu apa saja keutamaan dari orang yang mempelajari Al Quran? berikut ini ulasan singkatnya.

Keutamaan Mempelajari Al Quran

Orang yang mempelajari Al Quran akan mendapatkan ganjaran berupa pahala yang sangat besar.

Mereka yang membaca saja akan mendapatkan satu pahala dari setiap hurufnya, dan bagi orang orang yang masih terbata bata dalam membaca Al Quran akan mendapatkan 2 pahala, yakni pahala membaca dan pahala belajar untuk melancarkan bacaanya.

Dan bagi sobat yang sudah lancar lalu kemudian mereka mempelajari tafsir dari Al Quran untuk diamalkan maka mereka akan mendapatkan pahala yang sangat besar pada sisi Allah Ta’ala.

Tapi harus dengan syarat yakni ikhlas mempelajari dan mengamalkan kandungan Al Quran hanya kerena Allah Ta’ala dan hanya mengharap keridhoan-Nya dan bukan mengharap pujian dari makhluk.

Akan sangat merugi orang orang yang beramal hanya karena ingin mendapat pujian dari makhluk, dan akan sangat beruntung orang orang yang beramal dengan hanya mengharap balasan dari Allah Ta’ala.

Mempelajari Al Quran merupakan jenis perniagaan yang tiada merugi, seperti yang tertulis dalam Al Quran surat Fathir ayat ke 29-30.

Dan jika kita mengamalkan secara terus menerus walau sedikit maka ini adalah salah satu amalan yang dicintai oleh Allah Ta’ala.

Selain itu, Al Quran kelak bisa memberikan syafaat kepada orang yang dalam masa hidupnya dihabiskan untuk membaca, mempelajari dan mengamalkan isi kandungannya. Hal ini berdasarkan hadits yang telah diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Sahabat muslim semuanya, itu tadi sekilas ulasan yang semoga bisa menjadi penyemangat untuk terus mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Al Quran pada setiap lini kehidupan kita.

Dikutip dari berbagai Sumber : islamiques.net | id.wikipedia.org


Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *