Blogging

Blogspot Vs WordPress blog gratis

Maksud hati ingin membuat situs blog gratis, terlalu banyak pilihan yang mana akan digunakan, tentu saja ada kekurangan dan kelebihan membuat situs blog gratis .

Saat ini WordPress.com dan Blogspot.com yang paling banyak dipakai untuk situs blog, di samping masih banyak lagi situs gratisan. Mana yang lebih baik ?

Blogspot Vs WordPress blog gratis

Catatan ini berlaku untuk yang versi free.

WordPress.com Vs Blogspot.com

Persamaannya sama-sama gratis, siapapun dapat memakainya dengan kebijaksanaan dan ketentuan yang berlaku.

Dengan menggunakan blog gratis, kita tidak perlu was-was karena terlambat membayar biaya perpanjangan blog setiap bulan/tahun. Kekurangannya, blog kita dapat sewaktu-waktu dihapus tanpa ada pemberitahuan atau tidak bisa komplain bila terjadi sesuatu.

Membuat blog wordpress dapat dilakukan oleh siapa saja, sedangkan blogspot harus melalui akun google.

Klaim wordpress banyak digunakan saat ini, mungkin ada benarnya. (Tetapi perlu digarisbawahi, wordpress dapat diinstall sendiri,  dalam arti dapat dipakai di selfhosting, lewat Cpanel/SPanel wordpress adalah skrip siap install sedangkan blogspot tidak ada)

Didukung oleh forum resmi wordpress.org dengan anggota yang cukup banyak dapat membantu mengembangkan situs, sedangkan blogspot tidak ada.

Tampilan dashboard wordpress lebih paktis dari pada blogspot yang menggunakan pop-up windows untuk mengedit. (sebenarnya hal ini tergantung kebiasaan)

Pengelolaan tampilan situs wordpress lebih lengkap dan rapi daripada blogspot dalam  navigasi. Sebenarnya wordpress banyak didukung plugin, tema, tapi ini berlaku untuk yang berbayar, blogspot lebih banyak pilihan.

Keuntungan memakai blogspot, langsung terindeks oleh searh google tanpa menunggu lama, blog wordpress harus addurl dulu ke google supaya cepat terindeks.

Untuk memasang iklan/adsense, blogspot bisa menerima javascript, sedangkan wordpress.com tidak mendukung (kecuali berbayar) perlu trik tertentu.

Untuk mengubah/memakai domain sendiri, blogspot lebih murah daripada wordpress. Ada beberapa web hosting yang menyediakan layanan ini tetapi hanya untuk blogspot, sedangkan wordpress hanya bisa dilayani di wordpress.com.

Silahkan anda pilih yang mana, atau keduanya tiada yang melarang. Saya juga memakai keduanya.

 

Blogspot Vs WordPress blog gratis Opini Lentera Kecil

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *