daftar iklan mgid

Inilah Penyebab dan Cara Menghilangkan Rambut Bercabang

Memiliki rambut indah berkilau dan sehat merupakan dambaan setiap wanita di dunia. Rambut yang sehat tentu menjadi kebanggaan tersendiri pula bagi mereka. Sayangnya, tidak semua wanita bisa memiliki rambut idaman seperti itu. Rambut rusak dan bercabang seakan-akan menjadi mimpi buruk untuk para wanita. Padahal, mereka sudah susah payah merawat rambut sedemikian rupa. Beraneka macam cara menghilangkan rambut bercabang hingga menggunakan produk perawatan rambut pun sudah dicoba berkali-kali akan tetapi tetap saja rambut rusak dan bercabang terus menghantui.

Cara Menghilangkan Rambut Bercabang

5 Penyebab dan Cara Menghilangkan Rambut Bercabang

Untuk Anda yang sedang mengalami hal rambut bercabang tidak usah galau dan khawatir. Berikut ini kami bagikan beberapa informasi mengenai penyebab dan cara menghilangkan rambut bercabang yang ampuh dan efektif.

1. Terkena Sinar Matahari Secara Langsung

Paparan sinar ultraviolet secara langsung memang sangat berbahaya untuk kulit dan rambut Anda. Terlebih jika Anda sering menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari secara langsung.

Sinar ultraviolet akan merusak kutikula rambut Anda sehingga rambut menjadi tidak berkilau lagi. Tak hanya itu, kelembaban rambut juga akan terus terkikis dan membuatnya merah, kering dan bercabang. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, rambut akan menjadi rusak dan susah untuk diperbaiki lagi. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda selalu menggunakan pelindung kepala saat bepergian seperti hijab atau pun topi.

Lentera kecil:  Sejarah Berdirinya Kampung Inggris Pare Kediri

2. Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya

Kebanyakan wanita juga tidak menyadari jika menggunakan bahan kimia terlalu berisiko untuk kesehatan rambut mereka. Maksud hati ingin memiliki rambut yang indah tapi yang terjadi adalah sebaliknya. Rambut menjadi bercabang di mana-mana dan tidak berkilau lagi. Rambut yang rutin diberikan bahan kimia hanya akan menjadikan rambut stress dan tidak bisa beradaptasi secara alami lagi. Proses penataan rambut seperti smoothing, bleaching, rebonding, catokan dan berbagai jenis penataan rambut lainnya secara tidak langsung hanya akan merusak rambut dan membuatnya bercabang.

Cara menghilangkan rambut bercabang karena penggunaan bahan kimia ini bisa Anda lakukan dengan beralih ke bahan-bahan alami. Cobalah memakai sampo organic seperti tea tree oil, jojoba oil, avocado oil, keratin, almond oil atau pun coconut oil. Nutrisi pada bahan alami akan membuat rambut lebih bervolume dan mampu mengembalikan rambut rusak menjadi sehat lagi.

Lentera kecil:  Pengertian Zakat

3. Menyisir Rambut Dalam Keadaan Basah

Jika Anda adalah tipe yang suka menyisir rambut dalam keadaan basah maka sebaiknya segeralah menghentikan rutinitas tersebut. Rambut yang sering disisir dalam keadaan basah hanya akan membuat rambut cepat rusak dan menjadi bercabang.

Tunggulah rambut Anda hingga benar-benar kering sempurna. Jangan lupa menggunakan sisir dengan gigi yang jarang pula. Sisir yang tajam dan memiliki gigi yang rapat lebih rentan menjadikan rambut rapuh, kusut dan bercabang.

4. Sering Mengikat Rambut dan Memakai Jepitan Rambut

Mengikat rambut memang selalu dibutuhkan apalagi ketika Anda merasa gerah saat beraktivitas. Akan tetapi, mengikat rambut terlalu lama juga berbahaya untuk kesehatan rambut. Rambut menjadi tidak bisa bernafas dengan baik dan menjadikannya lepek.

Seperti halnya mengikat rambut, memakai jepitan rambut terlalu sering juga bisa menyiksa rambut. Tak hanya itu, jika Anda memiliki kebiasaan mengikat rambut saat tidur, maka mulai dari sekarang hentikanlah kebiasaan buruk tersebut. Selain membuat kepala nyeri, rambut Anda juga bisa menjadi rusak dan rapuh.

Lentera kecil:  Kandungan Minuman Berenergi

5. Keramas Dengan Air yang Tidak Bersih

Pada umumnya, banyak orang tidak menyadari jika air yang sering mereka gunakan untuk mandi bisa menjadi penyebab alergi pada kulit hingga rambut rontok dan rusak. Penting untuk mengetahui jika air yang Anda gunakan terbebas dari bahan kimia atau pun dari kotoran lainnya.

Klorin yang sering ditemukan pada air kolam bisa menjadi penyebab rambut kering dan bercabang. Untuk menghindari kerusakan rambut akibat klorin tersebut maka segeralah mencuci rambut Anda menggunakan sampo dan air bersih sehabis berenang. Akan lebih baik jika Anda menggunakan penutup rambut saat berenang demi menghindari bahan kimia klorin masuk ke dalam rambut.

Demikianlah informasi mengenai penyebab dan cara menghilangkan rambut bercabang yang ampuh dan efektif untuk Anda. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.

 

Penyebab dan Cara Menghilangkan Rambut Bercabang


Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *