Perlunya Jaga Imun Tubuh Saat Perjalanan Jauh

Perjalanan Jauh

Bagi orang yang akan melakukan perjalanan jauh entah itu urusan pekerjaan, acara keluarga, berwisata, mudik dan lain sebagainya, wajib menjaga imun tubuh. Pasalnya, daya tahan tubuh harus tetap sehat dan kuat selama menempuh perjalanan agar tetap segar dan sehat sampai di tujuan.

Sistem Imun Tubuh

Pengertian sistem imun tubuh adalah sistem perlindungan yang ada di dalam tubuh manusia. Sistem imun tubuh atau yang sering disebut juga sebagai sistem kekebalan maupun daya tahan tubuh memiliki fungsi penting untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyerang tubuh manusia setiap saat dan bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit.

Jika imun tubuh lemah atau tidak kuat maka tubuh akan menjadi rentan terhadap berbagai jenis patogen yang menyerang tubuh. Hal ini dikarenakan sistem imun tubuh yang pertama kali bertugas melawan serangan virus, kuman atau parasit.

Dan sebaliknya, jika sistem imun atau sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik maka tubuh akan mendapat proteksi yang semestinya sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit yang disebabkan berbagai jenis patogen, termasuk virus dan bakteri.

Oleh sebab itu, saat melakukan perjalanan jauh yang bisa menyebabkan imun tubuh berkurang karena membutuhkan banyak energi daripada sekadar melakukan aktivitas sehari-hari, maka dibutuhkan cara agar imun tubuh tetap kuat selama melakukan perjalanan jauh.

Jaga Imun Tubuh Saat Perjalanan Jauh

Perlu diketahui bahwa sistem imun tubuh yang dimiliki setiap orang berbeda satu dengan yang lainnya. Namun pada umumnya, sistem imun tubuh semakin kuat dan berkembang otomatis seiring pertambahan usia dan berbagai jenis patogen masuk dalam tubuh.

Oleh karena itu, saat melakukan perjalanan jauh, terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda saat ini, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga imun tubuh tetap kuat, antara lain:

1. Pemenuhan Nutrisi dari Makanan

Mengkonsumsi makanan sehat bergizi dan bernutrisi secara teratur setiap hari penting untuk kesehatan termasuk juga untuk memperkuat imun tubuh. Meskipun terkadang tidak terpenuhi setiap hari, namun sebelum dan selama dalam perjalanan jauh sangat disarankan mengkonsumsi makanan sehat bergizi dan bernutrisi.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa melakukan perjalanan jauh membutuhkan banyak energi daripada sekadar melakukan aktivitas sehari-hari, maka dengan dengan mengkonsumsi makanan bergizi akan membuat tubuh lebih bertenaga dan memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi selama dalam perjalanan.

Beberapa jenis sumber makanan yang bergizi dan banyak nutrisi antara lain buah, sayur, daging, ikan, telur, hingga kacang-kacangan. Tidak kalah penting adalah mengkonsumsi suplemen multivitamin, yang mengandung vitamin C 500 mg, vitamin D dan Zinc dalam dosis tepat yang bekerja bersama-sama meningkatkan ketahanan tubuh.

suplemen multivitamin Redoxon

2. Minum Air Putih lebih Banyak

Ada yang menyarankan untuk mengurangi minum saat melakukan perjalanan jauh karena takut akan sering buang air kecil. Saran ini kurang tepat karena jika kebutuhan cairan dalam tubuh tidak terpenuhi, maka dapat menyebabkan mudah merasa lelah, mengantuk, dan kehilangan konsentrasi. Terlebih jika menempuh perjalanan jauh dengan mengemudikan mobil sendiri, kondisi itu justru bisa membahayakan keselamatan.

Oleh sebab itu, saat melakukan perjalanan jauh, lebihi kebutuhan minum dar biasanya. Setidaknya  minum air putih minimal 8 gelas. Jangan takut sering buang air kecil karena saat ini banyak SPBU, rumah makan maupun tempat-tempat lainnya yang bisa digunakan untuk numpang kencing. Selain air putih, bisa juga minum minuman sehat lainnya, seperti jus buah. Selain membantu mencukupi asupan cairan juga terdapat nutrisi penting bagi imun tubuh.

3. Olahraga Ringan

Olahraga dapat dilakukan saat menempuh perjalanan panjang. Selain agar tubuh tetap fit dalam perjalanan, olahraga juga bisa memperkuat sistem imun tubuh untuk melawan infeksi. Cobalah melakukan olah raga ringan seperti senam ringan, peregangan tubuh, menggerakkan tangan-kaki, lari ditempat, dan lain sebagainya, kurang lebih 5-10 menit.

4. Tidur dan istirahat yang cukup

Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat saat melakukan perjalanan jauh adalah tidur dan istirahat yang cukup, terutama sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, istirahat yang cukup diperlukan saat melakukan perjalanan yang panjang.

Beristirahatlah sejenak jika merasa capek atau lelah saat menyetir kendaraan sendiri. Selain untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat kondisi mengantuk dan lelah, istirahat yang cukup bisa menjaga imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit selama perjalanan. Jika naik kendaraan umum, sebaiknya tidur selama perjalanan agar nantinya merasa sehat dan segar setelah tiba di tempat tujuan.

5. Jaga stres

Stres merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan imun tubuh. Oleh karena itu, usahakan mengelola stres dengan baik. Jangan terpancing emosi dengan situasi dan kondisi yang ada, seperti lalu lintas padat, kemacetan panjang, cuaca buruk, dan lain-lainnya. Cobalah melakukan teknik relaksasi, mendengarkan musik atau mengalihkan pemicu emosi untuk meredakan stres yang mungkin muncul selama perjalanan.

Kesimpulan

Banyak orang setelah melakukan perjalanan jauh justru tampak loyo, tidak segar, bahkan sakit setelah tiba di tempat tujuan. Hal tersebut bisa saja disebabkan imun tubuh yang tidak dapat bekerja secara optimal.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi menjadi salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi saat melakukan perjalanan jauh, entah itu perjalanan kerja, acara keluarga, wisata hingga mudik.

Oleh karena itu, sebagai alternatif tambahan untuk memperkuat imun tubuh adalah dengan mengkonsumsi suplemen multivitamin Redoxon, yang mengandung vitamin C. Vitamin C adalah salah satu mikronutrien yang banyak dikenal dan memiliki manfaat membantu imunitas tubuh.dan berkontribusi melindungi sel-sel karena fitur antioksidan yang kuat dimilikinya.

 

Perlunya Jaga Imun Tubuh Saat Perjalanan Jauh

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.