Mengenal Investasi Saham Bagi Pemula di Dunia Bisnis

Investasi, merupakan suatu cara atau strategi untuk memutar kelebihan dana atau uang yang kita miliki dengan tujuan agar dapat menghasilkan dana yang lebih besar, baik dengan campur tangan orang lain maupun kita lakukan sendiri.

Investasi ada 2 macam yaitu  yang berwujud secara fisik  dan tidak berwujud. Investasi terlihat misalnya, tanah, rumah, amas, perak, valuta asing atau membangun usaha bisnis. Sedangkan inevstasi yang tidak berwujud adalah saham atau instrumen derivative lainnya.

Mengenal Investasi Saham Bagi Pemula di Dunia Bisnis

Pada saat melakukan investasi yang berwujud, investor dapat melihat dan memegang barang yang telah dibeli, sedangkan jika melakukan investasi yang tidak terlihat atau tidak nampak, biasanya investor hanya akan menerima bukti dari investasi yang ia miliki dengan suatu bukti tertentu, yang diletakan dalam bentuk lembaran kertas atau hanya dalam surel.

Dari jenis investasi diatas, mereka sama-sama memiliki peluang dan resiko masing-masing. Setiap orang mempunyai profil investasi yang tidak sama. Biasanya pertama-tama orang akan melakukan investasi dalam bentuk yang berwujud dan jika sudah  terbiasa melakukan investasi terlihat atau berwujud,  biasanya orang akan mulai berkembang untuk mencoba investasi dalam bentuk tak berwujud, dengan alasan lebih praktis.

Seseorang hanya akan mendapatkan keuntungan dari investasi jika sudah bersedia untuk menanggung resiko yang mungkin akan terjadi. Resiko terburuk dari sebuah investasi adalah gagal investai yang dapat menghilangkan semua uang yang diinvestasikan. Resiko yang paling sering terjadi adalah resiko likuiditas artinya ketidak mampuan  menjual kembali investasi yang dimiliki secara cepat. Biasanya hal ini dialami oleh orang yang melakukan investasi dalam bentuk jangka panjang. Selain resiko likuiditas resiko lainnya adalah resiko kerugian, yaitu membeli barang investasi dengan harga yang lebih tinggi  dibandingkan pada saat menjualnya.

Investasi Saham di Dunia Bisnis

Salah satu contoh investasi yang mudah untuk djual kembali adalah dalam bentuk pembelian saham. Terkadang orang awam banyak mempetanyakan, apa yang menjadi daya tarik keuntungan  dari investasi saham, sehingg banyak orang yang tergoda untuk berinvestasi.

Saham adalah surat berharga (efek) yang berbentuk sertifikat guna menunjukkan bukti kepemilikan suatu perusahaan. Semakin banyak saham yang dimiliki oleh seseorang di satu perusahaan, berarti jumlah uang yang diberikan ke perusahaan juga semkain besar, demikian juga penguasaan orang tersebut terhadap perusahaan itu juga semakin tinggi.

Ketika melakukan investasi saham ada dua keuntungan yang didapatkan, yaitu capital gain dan deviden. Capital gain adalah selisih positif antara harga beli dan harga jual. Misalnya kita membeli saham dengan harga per lembar adalah Rp 12.500 dan pada saat menjual harga per lembarnya adalah Rp 13.250, maka terdapat capital gain sebesar Rp 750 per lembar.

Keuntungan kedua adalah mendapatkan deviden yaitu merupakan bagian laba yang dibagian oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Perusahaan jika mendapatkan keuntungan biasanya menggunakan sebagian labanya  untuk mengembangkan usaha dan sebagian untuk diberikan kepada para pemegang saham. Deviden biasanya dinyatakan dalam satuan rupiah per lembar saham atau dalam bentuk persentase.

Pembelian saham tidak dapat dilakukan sendiri tetapi harus melalui broker atau pialang sebagai perantara. Diperlukan ketelitian dalam memilih broker agar dana yang kita tanamkan aman serta dapat memberikan keuntungan. Kami rekomendaiksn untuk memilih fibo group, merupakan broker yang sudah berpengalaman dan terkenal di seluruh dunia ,berdiri sejak tahun 1998. Anda akan mendapat keuntungan jika bergabung dengan fibogroup.

 

Comments
  1. Arif

    Hallo..
    Nama saya Arif, partner manager program afiliasi untuk InstaForex Group, broker terbaik di Asia.
    Kami ingin menawarkan kerjasama program afiliasi yang memungkinkan Anda mendapatkan $ 1.5-5.3 dari setiap lot pasar standar pelanggan Anda. Jika Anda tertarik, silahkan hubungi saya dan saya akan memberikan rincian.
    Facebook: arif.ifxteam

ADD YOUR COMMENT