Inspirasi

Penuhi Kebutuhan Anak Saat Puasa

Penuhi Kebutuhan Anak Saat Puasa – Bulan puasa telah tiba sebagai umat muslim pasti bahagia akan hadirnya bulan ini dan tentu saja dalam berpuasa tentu kita harus mempersiapkan semuanya, entah itu kebutuhan rumah tangga, kebutuhan anak, dan kebutuhan lebaran. Banyak yang harus dipersiapkan ketika Ramadhan tiba khususnya persiapan anak Anda untuk berpuasa. Anda harus memperhatikan makanan si buah hati saat ia sudah mulai berpuasa terutama pilihan makanan dan nutrisi yang terkandung.

Anak-anak biasanya membutuhkan asupan cairan itu sekitar 1000 ml-1800 ml, yakni setara dengan 6 gelas liter per hari. Berbeda dengan konsumsi orang dewasa yang membutuhkan 8 gelas sehari. Khusus pada bulan puasa asupan cairan untuk anak ini wajib terpenuhi agar tubuh mereka tahan berpuasa sehari penuh. Ketka sahur anak-anak itu minimal meminum 2 gelas air putih, sisanya bisa disambung pada jam buka puasa.

Air putih merupakan cairan yang sangat dibutuhkan anak-anak untuk tumbuh kembangnya. Dengan air putih yang banyak anak Anda akan kuat untuk melatih berpuasanya sehari penuh. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir pada kesehatan anak Anda saat sedang menjalani puasa.

 

Kebutuhan Anak Saat Puasa

Penuhi Kebutuhan Anak Anda Saat Berpuasa

Untuk makanan biasanya yang baik bagi anak adalah pola makan 3 kali sehari dan tiga kali makan kecil atau selingan. Susu juga cocok untuk dijadikan pilihan karena mengandung protein yang banyak dan dapat menjaga ketahanan tubuh anak Anda. Ketika berpuasa tentu pola makan ini berubah yang tadinya 3 kali menjadi 2 kali sehari, yakni makan saat sahur dan buka. Perubahan ini cukup sulit dilakukan bagi anak Anda yang sudah terbiasa makan 3 kali sehari.

Dari perubahan pola makan tersebut Anda tidak tidak perlu khawatir akan ketahanan tubuh anak Anda. Pada dasarnya menu makanan yang diberi sama saja, Anda harus tetap memberikan makanan dengan nutrisi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air disesuaikan dengan kebutuhan gizi anak. Kalori sebagai sumber energi untuk aktivitas, dan metabolisme basal. Protein untuk pertumbuhan, vitamin serta mineral sebagai pembangun dan pemelihara kesehatan.

Untuk lebih memberi semangat ia dalam berpuasa berikan tempat minum dan piring yang menarik dengan desain tokoh kesukaan si anak. Dengan begitu anak Anda akan lebih semangat menyantap menu sahur dan subuh. Untuk melihat tempat minum dan piring yang sesuai dengan umur anak Anda bisa lihat-lihat di Character-land.com, semoga ini bisa jadi refrensi Anda untuk menyemangati Anak

Loading...

Lentera kecil media online sarana pembelajaran pendidikan yang informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *