daftar iklan mgid

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Ampuh dan Efektif

Jika membahas bau badan mungkin Anda mengira jika keringat adalah penyebab utamanya. Padahal, keringat pada dasarnya tidak menimbulkan bau. Jutaan bakteri yang ada pada permukaan kulit merupakan penyebab utama dari timbulnya bau tak sedap tersebut. Ketiak menjadi bagian paling rentan dalam mengeluarkan bau badan. Oleh karena itu, baik pria maupun wanita selalu mencari cara menghilangkan bau ketiak agar tetap bisa beraktivitas dengan nyaman.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Ketiak menghasilkan lebih banyak keringat dibandingkan area lainnya pada tubuh karena area pada ketiak selalu lembab dan hangat. Lingkungan yang seperti itu merupakan tempat yang sangat ideal bagi perkembangan bakteri. Untuk mengetahui penyebab dan cara menghilangkan bau pada ketiak, silahkan mengikuti ulasan berikut ini.

3 Penyebab Munculnya Bau Ketiak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika bau ketiak disebabkan oleh bakteri yang ada pada tubuh. Namun, selain faktor alamiah tersebut, munculnya bau ketiak juga bisa dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan setiap harinya. Oleh sebab itu, tidak semua orang memiliki bau yang tidak sedap pada tubuhnya.

Lentera kecil:  Artikel Kesehatan Lengkap di SehatQ.com

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan munculnya bau badan.

1. Mengkonsumsi Banyak Alkohol dan Merokok

Rokok dan alkohol memang sangat berbahaya untuk kesehatan. Selain bisa menyebabkan berbagai penyakit, rokok dan alkohol juga bisa menyebabkan kematian jika terlalu sering mengkonsumsinya. Namun, tahukah Anda jika rokok dan alkohol juga bisa menimbulkan bau badan. Ya, asap rokok yang menempel pada baju bisa menyebabkan bau badan. Sementara alkohol memang termasuk jenis minuman keras yang memiliki bau yang sangat menyengat. Jika Anda adalah pecandu rokok dan alkohol maka tentu keringat yang Anda keluarkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Memiliki Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih juga bisa menyebabkan bau badan. Terlebih jika Anda memiliki aktivitas yang cukup banyak dengan postur tubuh yang cukup besar. Semakin banyak aktivitas maka tubuh juga akan sering mengeluarkan banyak keringat. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih ada baiknya untuk selalu menjaga kebersihan tubuh.

3. Terlalu Stress

Lentera kecil:  Memperingati Hari Handuk Internasional

Memiliki stress berlebih juga bisa menjadi penyebab bau ketiak. Solusi atau cara menghilangkan bau ketiak akibat stress ini hanya bisa dihilangkan dengan mengubah pola pikir yang selalu overthinking menjadi lebih positif. Jika terlalu stress maka sistem tubuh tidak akan stabil dan bisa menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak.

4 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Ampuh dan Efektif

Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda coba.

1. Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan makanan yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin. Selain menyehatkan tubuh, sayur dan buah juga bisa membantu Anda agar terhindar dari bau badan. Sebaliknya, jika sering mengkonsumsi daging-dagingan maka keringat yang Anda keluarkan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Gunakan Sabun Mandi yang Tepat

Tidak semua sabun mandi mampu menghilangkan bau badan. Meskipun pada umumnya sabun mandi memiliki wangi yang harum namun hanya beberapa yang mengandung antiseptic. Oleh sebab itu, sabun dengan kandungan anti bakteri lebih direkomendasikan untuk Anda yang memiliki keringat yang berlebih.

Lentera kecil:  Nutrisi dan Vitamin untuk Daya Ingat Otak

3. Rutin Berolahraga

Meskipun berolahraga bisa menimbulkan banyak keringat, akan tetapi dengan berolahraga maka pori-pori pada tubuh akan terbuka. Saat berkeringat itulah, bakteri dan kuman pada tubuh akan keluar melalui pori-pori tubuh. Oleh sebab itu, semakin rutin Anda berolahraga maka akan semakin sering pula bakteri pada tubuh akan terbuang melalui keringat.

4. Gunakan Deodorant yang Tepat

Di antara semua cara menghilangkan bau ketiak, menggunakan deodorant adalah cara yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. Selain karena lebih cepat mengatasi bau badan, deodorant juga sangat mudah dan praktis digunakan. Namun, sebelum memakai deodorant ada baiknya jika Anda memperhatikan kandungan yang terdapat pada deodorant tersebut. Gunakanlah deodorant yang mengandung antiperspirant yang dapat menyerap keringat lebih cepat dan mampu menghilangkan bakteri penyebab keringat berlebih.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab bau ketiak serta cara menghilangkan bau ketiak. Jika Anda mengalami masalah bau ketiak silahkan mencoba rangkaian tips dalam artikel ini.

 

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *