daftar iklan mgid

Perangkat Kasir POS Sebagai Media Transaksi Bisnis

Saat ini persaingan dalam dunia semakin ketat, seiring bertambahnya usaha-usaha baru terutama untuk kelas usaha kecil dan menengah. Oleh karena itu, pelaku bisnis dituntut untuk mampu berfikir sekreatif mungkin dalam menjalankan roda usahanya. Salah satunya adalah melalui pengelolaan transaksi dan informasi bisnis yang baik melalui media transaksi modern.

Perangkat Kasir POS

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa perkembangan teknologi informasi juga berkembang sangat pesat, dimana perkembangan tersebut membawa pengaruh yang cukup besar dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang bisnis atau usaha.

Oleh karena itu, seorang pelaku bisnis selayaknya menggunakan bantuan suatu media sistem informasi manajemen yang terkomputerisasi dengan baik untuk memaksimalkan kinerja bisnis dalam pengelolaan usahanya. Bukan lagi masih melakukan proses transaksi, pencatatan keuangan dan laporan terkait pengelolaan informasi bisnis secara manual. Misalkan masih menggunakan mesin kasir manual/konvensional sebagai media transaksi bisnis.

Selain tidak efektif dan efisien, proses transaksi manual juga akan mempersulit dalam proses pencarian informasi bisnis dan data transaksi yang ada. Juga, proses transaksi yang dilakukan secara manual memungkinkan akan terjadinya kesalahan dan laporan menjadi tidak akurat, apalagi jika data yang ada sangat banyak.

Perangkat Kasir POS (Point of Sale)

Secara umum, pengertian Point of Sale (POS) adalah sebuah aplikasi khusus yang dirancang untuk mempermudah dalam melakukan transaksi penjualan. Aplikasi ini menggunakan sistem perangkat kasir yang tercatat dan dibutuhkan oleh pebisnis dalam menjalankan usahanya. Istilah sistem Point of Sale ini di Indonesia sering disebut juga dengan istilah mesin kasir digital (cash register).

Lentera kecil:  Dapur Berjalan Cloud Kitchen, Bagaimanakah Menjalankannya?

Dalam aplikasi Point of Sale terdapat dua modul, yaitu modul kasir untuk melayani penjualan dan modul administrasi yang digunakan untuk berbagai macam transaksi pembelian dan invetarisasi.

Penggabungkan antara perangkat keras dengan perangkat lunak pada metode Point of Sale ini  bertujuan untuk mempermudah atau membuat sistem transaksi berupa biaya, waktu, maupun struk transaksi agar menjadi lebih cepat, sederhana dan efisien.

Cara pengoperasian Point of Sale pun cukup mudah serta hasil menyajikan data pun akurat, seperti jenis laporan stok barang, hutang-piutang, konsumen, pemasok, penjualan dan pembelian, laporan keuangan dan lain-lain.

Sudah banyak pebisnis toko swalayan, restoran, UMKM dan usaha-usaha yang lainnya yang telah menggunakan media transaksi mesin kasir POS. Dan terbukti transaksi bisnis semakin mudah dan cepat.

Apalagi perangkat POS pada saat ini sudah semakin maju dengan dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti mengetahui stok barang dan merekam transaksi yang terjadi, menggunakan barcode scanning dan layar transaksi sehingga menjadikan pencatatan penjualan jauh lebih mudah.

Lentera kecil:  Keuntungan Membeli Pien Tze Huang di SSAbadi

Sistem Point of Sale bukan sekedar memberikan laporan akurat serta lebih rinci terhadap transaksi harian, melainkan juga dapat melacak stok/persediaan barang dengan lebih baik. Dengan demikian sistem, penggunaan mesin kasir Point of Sales ini dapat diperkirakan memperoleh tren penjualan berdasarkan kebutuhan bisnis yang dijalankan.

Cara Kerja Point of Sale

Saat ini umumnya teknologi Point of Sale menggunakan sistem Cloud. Sistem yang memungkinkan pengguna untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan akses internet.

Berikut ini cara kerja sistem Point of Sales :

1. Transaksi

  • Terminal mesin kasir Point of Sale secara elektronis terkoneksi ke bank milik pebisnis yang selajutnya terkoneksi ke finansial tracking sistem, sehingga para konsumen dapat memanfaatkan kartu kredit maupun debit saat melakukan transaksi.
  • Fitur-fitur perangkat lunak Point of Sale yang diperlukan dalam bisnis dapata menampilkan transaksi dan menghitung pajak penjualan atau diskon.
  • Perangkat lunak Point of Sale umumnya memiliki platform “inventorytracking” yang bisa segera menghapus item dari inventaris pada saat transaksi terjadi penjualan.
Lentera kecil:  Apartemen Green Pramuka City Jakarta

2. Berbasis Internet

  • Sistem Point of Sale yang berbasis internet cocok untuk bisnis yang memiliki banyak lokasi. Pemilik bisa mengakses total harian pendapatan dari semua lokasi dan pemilik juga dapat mengetahui transaksi harian.
  • Model Point of Sale dapat berinteraksi dengan sistem akuntansi agar bisa melacak pengeluaran, pendapatan, gaji dan jam kerja karyawan dan inventaris.

3. Perangkat Keras

  • Transaksi mesin kasir Point of Sale dapat dihubungkan dengan printer dot matrix atau printer thermal yang bisa mencetak lebih cepat, tidak berisik, dan lebih tahan lama.
  • Sistem Point of Sale juga terintegrasi dengan card swipe reader dan pemindai barcode untuk mempermudah transaksi.

Salah satu penyedia mesin kasir POS (Point of Sale) adalah iMin yang berkantor pusat di Singapura. Selain mesin kasir desktop POS dan Mobile POS, iMin juga menyediakan berbagai macam solusi perangkat keras komersial cerdas intelligent seperti Self-service Kiosk, Weight POS, Kitchen Display, Face Scanner, dan lain-lain.

Produk iMin yang selalu menggunakan teknologi terbaru membantu lebih banyak pebisnis untuk memajukan bisnis berjalan lebih efektif di era digital saat ini.

 

Perangkat Kasir POS Sebagai Media Transaksi Bisnis

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (1)