daftar iklan mgid

Mengenal 5 Perangkat Penting yang Terdapat Dalam Data Center!

Bagi Anda yang menyukai dunia teknologi dan TI pasti tahu dan tidak asing dengan Data Center. Apa sih itu? Data Center atau yang dikenal sebagai pusat data merupakan sebuah fasilitas yang mempunyai jaringan komputer beserta penyimpanan yang akan digunakan dalam dunia bisnis. Pusat data memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, yaitu sebagai sarana untuk mengatur dan menyebarluaskan data yang memiliki jumlah yang besar.

data center

Adanya Data Center juga bisa menyebabkan stabilnya pada sumber daya listrik. Sehingga saat dilakukannya proses penyimpanan pada data pusat tidak akan mengalami kendala. Jika Anda ingin menggunakan pusat data demi masa depan perusahaan yang lebih baik, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa kriteria. Contohnya, lokasi yang aman dari bencana, sifat yang fleksibel dalam pelayanan, dan akses yang cepat.

Sebelum itu, ada baiknya juga untuk mengenal berbagai macam perangkat yang ada dalam pusat data. Simak ulasannya di bawah ini.

Lentera kecil:  Apa sih Voucher Belanja itu?

1. Blade Server

Salah satu komponen atau perangkat penting yang wajib ada dalam pusat data adalah Blade Server. Blade Server memiliki ukuran yang ramping dan juga hemat dalam segi energi. Biasanya, server ini digunakan untuk tugas yang berhubungan dengan keamanan SSL, website, file sharing, transcoding, dan streaming audio serta video.

Salah satu keunggulan yang terdapat dalam Blade Server adalah kemampuannya dalam pengelolaan yang bersifat failover. Selain itu, server tersebut juga memiliki fasilitas berupa load balancing. Adanya keunggulan tersebut dapat membantu dan mendukung sistem konvergensi yang terdapat pada pusat data.

2. Network Attached Storage

Perangkat penting kedua yang terdapat dalam pusat data adalah Network Attached Storage. Server tersebut lebih dikenal dengan nama Hardisk Wireless yang berfungsi untuk membantu pekerjaan yang bersifat internal. Sehingga bisa mengoptimalkan SSD SAN dan VTL dalam penggunaannya.

Lentera kecil:  Pengertian Kapitalisme, Sejarah, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

3. Digital Data Shredder

Perangkat penting ketiga yang terdapat pada pusat data adalah Digital Data Shredder. Server ini digunakan untuk mengoptimalkan keamanan data pada server milik perusahaan. Dengan kata lain, fungsi dari perangkat ini adalah menghapus data.

Adanya perangkat lunak ini bisa membantu Anda untuk memilih data mana saja yang akan dihapus tanpa harus melakukan pemformatan pada hardisk. Tentunya data tersebut akan dihapus secara permanen. Sehingga data server Anda tidak akan penuh dengan data-data kotor dan tidak penting.

4. FlyWheel UPS

Perangkat penting ini bernama FlyWheel UPS di mana salah satu merek terkenal adalah Liebert. Perangkat tersebut memiliki kapasitas sebesar 200kw dengan kapasitas ruangan 1,8 meter. Fungsi dari perangkat ini adalah sebagai pencadangan listrik atau penstabilan dalam keadaan darurat.

Biasanya hal tersebut akan menggunakan sistem yang bernama kinetik dengan tujuan agar bisa menyimpan cadangan listrik dalam sebuah rotor. Penggunaan perangkat ini sangat efisien dari segi tempat sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Lentera kecil:  Keunikan Vihara Avalokitesvara Candi Pamekasan

5. Akses Point Wireless

Perangkat Akses Point Wireless juga merupakan salah satu perangkat yang terdapat dalam pusat data. Perangkat ini akan membantu dalam melakukan pemonitoran dan pengendalian dalam menggunakan akses internet. Untuk itu diperlukan WIFI untuk memperlancar tugas tersebut. Selain itu, juga bisa mengurangi jumlah orang yang pergi ke ruangan data pusat. Alhasil keamanan akan lebih terjaga.

5 perangkat di atas adalah perangkat yang sangat penting dan wajib tersedia dalam Data Center. Apabila Anda sudah memilih dan memutuskan untuk menggunakan pusat data, Anda harus mencari jasa layanan server. Salah satu perusahaan yang membuka jasa untuk layanan pusat data adalah Nex.

 

Perangkat Penting Dalam Data Center

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *