Ragam

Potensi Keindahan Alam Kota Batu Sebagai Tempat Wisata

Kota Batu, Jawa Timur sudah dikenal sejak lama sebagai wilayah yang memiliki alam yang sangat indah. Berlokasi di ketinggian 700-2.000 meter dari permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 11-19 derajat Celsius. menjadikan Kota Batu sebagai salah satu tempat tujuan wisata favorit di Jawa Timur.

Awalnya, kota Batu merupakan bagian dari kabupaten Malang, namun pada 6 Maret 1993 ditetapkan menjadi kota administratif (kotatif) dan pada tanggal 17 Oktober 2001 ditetapkan sebagai kota otonom (kota madya) yang terpisah dari Kabupaten Malang.

wisata kota batu

Sebagai wilayah yang memiliki alam yang sejuk dan keindahan alam luar biasa, warga Belanda yang datang dan melihat kota Batu pada masa kolonial menjulukinya sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Bahkan konon sejak abad ke-10, telah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan.

Kota Wisata Batu

Berkat pemandangan alam yang indah dan mempesona serta iklim yang sejuk, Kota Batu terus berbenah untuk menjadikan sebagai tujuan wisata di Jawa Timur serta berusaha menyejajarkan dengan wisata di Bali dan Yogyakarta.

Ada beberapa tempat wisata yang ada di kota Batu baik itu yang alami maupun buatan, antara lain:

Wisata Alam

  1. Air terjun Coban Rais
  2. Air terjun Coban Talun
  3. Air terjun Coban Putri
  4. Pemandian air panas Songgoriti dan Cangar
  5. Pemandian Selecta
  6. Gua di Cangar dan Tlekung
  7. Kaliwatu Rafting

Wisata Buatan

  1. Jawa Timur Park 1
  2. Jawa Timur Park 2 (Batu Secret Zoo)
  3. Jawa Timur Park 3
  4. Batu Night Spectacular
  5. Batu Wonderland
  6. Eco Green Park
  7. Kusuma Waterpark
  8. Predator Fun Park
  9. Museum Angkut
  10. Museum Satwa
  11. Jelajah 5 Benua
  12. Rumah Terbalik Batu
  13. The Bagong Adventure Museum Tubuh
  14. Paralayang Batu

Wisata Budaya

  1. Candi Songgoriti
  2. Pura Luhur Giri Arjuno
  3. Masjid Agung An Nuur Batu

Agrowisata

  1. Kebun Arboretum Sumber Brantas (merupakan mata air Sungai Brantas)
  2. Kebun stroberi, jambu, dan jeruk, Kusuma Agrowisata

tempat wisata kota batu

Tentu saja masih banyak wisata lain di kota Batu sebagai sarana refreshing, acara keluarga, kuliner, petualang hingga edukasi. Oleh karena itu, di wilayah Batu banyak juga ditemukan sarana akomodasi seperti penginapan hingga rumah makan.

Hotel di Batu

Rasanya kurang lengkap jika hanya sebentar untuk menikmati wisata di kota Batu mengingat di wilayah ini banyak ragam wisata yang menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu, sebaiknya menginap beberapa hari di kota Batu.

Pilihan Hotel di Batu Malang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pada laman situs Pegipegi.com tersedia kurang lebih 143 hotel mulai dari harga 100ribuan hingga jutaan. Ada banyak pilihan model penginapan, apakah itu berupa hotel, homestay, guesthouse, ataupun villa.

Selain itu, untuk mempermudah pencarian, pegipegi.com menyediakan fitur filter pencarian hotel berupa tarif hotel, fitur hotel, tipe hotel dan lokasi hotel. Setelah menemukan hotel yang sesuai, pilih kamar hotel dan jumlahnya. Isi data pemesan dengan data tamu yang akan menginap. Setelah memastikan data sudah benar, lanjutkan ke halaman pembayaran. Metode pembayaran dapat melalui ATM, Transfer Bank, Perbankan Online dan Kartu Kredit.

Setelah pembayaran sukses diterima, akan dikirim sebuah email ringkasan voucher hotel berupa e-ticket secara instan berisi Informasi dari pemesanan, seperti kode booking dan nama pemesan, informasi kamar yang dipesan, dan E-voucher ini dapat ditunjukkan sebagai tanda bukti pemesanan saat melakukan check-in.

hotel batu pegipegi.com

Potensi Wisata Kota Batu

Pada dasarnya Kota Batu sudah terbentuk secara alami sebagai kota wisata dan agropolitan (kota pertanian) karena didukung oleh keadaan alam dan lingkungan yang potensial. Oleh karena itu pemerintah lewat dinas terkait bersama pihak swasta serta masyarakat terus membangun sarana dan objek wisata di kota Batu dengan sangat beragam, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya.

Atraksi wisata selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena letak Kota Batu itu sendiri yang berada di dataran tinggi dengan pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk sehingga para wisatawan merasa nyaman berada di kota Batu. Tempat wisata yang populer antara lain wisata air panas Cangar, Taman wisata alam Selecta, Jawa Timur Park, Agro Kusuma dan Taman Songgoriti.

Potensi pariwisata dan kebudayaan kota Batu terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain: Wisata Alam, Wisata Budaya, Wisata Agro, Wisata Rekreasi, Wisata Goa, Wisata Minat Khusus, Wisata Sejarah, dan Wisata Religi.

 

Kota Wisata Batu Malang – Lentera Kecil

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *