Blogging

Sekilas Tentang Algoritma PageRank

PageRank merupakan salah satu algoritma yang digunakan Google untuk mengetahui website mana yang lebih poluler. Pagerank digunakan oleh mesin pencari Google untuk menentukan urutan logis dalam mengambil keputusan untuk menetapkan sebuah halaman website berdasarkan kualitas. PageRank dihitung dengan skala 1-10, semakin tinggi nilainya maka web tersebut semakin populer. Pagerank sendiri dikembangkan oleh mahasiswa Ph.D Universitas Stanford yaitu Larry Page beserta Sergey Brin.

 

Konsep Pagerank

Sebenarnya kita tidak tahu persis formula untuk menentukan pagerank, kecuali google sendiri, rahasia perusahaan tetap dijaga ketat. Akan tetapi banyak sumber yang mengatakan rumus algoritme google dalam menentukan popularitas sebuah website, sudah menjadi rahasia umum. Meski belum ada penelitian benar tidaknya, banyak Agensi  atau perusahaan menawarkan jasa untuk mendapatkan pagerank.

Meskipun rumit perhitungan pagerank google (baca selengkapnya di sini) secara umum dapat digambarkan, begini:

Di dalam sebuah halaman website dipastikan memiliki sejumlah link masuk dan link keluar, yang akan di-indeks oleh mesin pencari google untuk memberikan status pagerank tertentu.

Mesin pencari Google melakukan perhitungan dan analisis terhadap halaman yang mendapat link (baik yang masuk atau yang keluar). Google juga melakukan hal yang sama terhadap halaman yang lain, dan nantinya dapat membantu meningkatkan kualitas pagerank halaman tersebut. Perlu diketahui pagerank tidak ditentukan seluruh isi web, tetapi per halaman yang saling berkaitan.

Banyaknya link yang masuk dari situs lain yang mempunyai pagerank lebih tinggi menuju situs kita, akan mendapat nilai lebih. Link masuk harus lebih banyak dari link keluar.

Ternyata tidak itu saja, menurut beberapa sumber, pagerank akan diperoleh jika website tersebut:

  • Web hasil pencarian yang ditampilkan di halaman google search, PageRank akan menambahkan nilai pada website tersebut.
  • Adanya Link sebuah website dengan website-website lain yang bertema sama akan menambah jumlah nilai PageRank.
  • Dengan membuat website dengan isi yang berkualitas akan mendapat lebih banyak referensi oleh website lain daripada website yang biasa-biasa saja.
  • Voting dari website yang memiliki PageRank tinggi memberi nilai lebih dibanding dari website dengan PageRank rendah. Hal ini untuk mencegah orang meningkatkan nilai PageRank situsnya dengan membuat website kosong yang me-link website utama mereka.
  • Umur sebuah website menambah nilai PageRank makin lama makin baik.
  • Kekuatan nama domain sebuah website menambah nilai PageRank.

Saat ini Tools bar untuk mengetahui PR situs sudah tidak ada lagi, namun sepertinya Google masih menggunakan pagerank sebagai algoritma untuk menentukan hasil SERP.

 

Sekilas PageRank –¬†lentera kecil

 

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

One Comment

  • Aqiqah

    You are so interesting! I don’t think I’ve truly read something like
    that before. So wonderful to find somebody with original thoughts on this issue.
    Really.. thanks for starting this up. This site
    is something that is needed on the internet, someone with a little originality!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *