daftar iklan mgid

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Siapa nih yang merasa kurang percaya diri? Apalagi di masa pandemik seperti ini, membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja atau work from home. Interaksi dengan orang lain secara langsung menjadi berkurang, namun di beberapa momen sebenarnya kita masih dituntut untuk bisa tampil sebagai bentuk aktualisasi diri kita.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Media sosial saat ini begitu mudah diakses dan bisa digunakan oleh banyak orang. Saat kita tidak mampu mempergunakannya secara bijak, kita pun bisa terjebak dalam mempersepsikan apa yang kita lihat. Misalkan, kita melihat rumput tetangga lebih baik, wajah orang lain yang lebih menarik atau kemampuan orang lain yang dirasa lebih dari pada kita.

Hati-hati gaes, bisa-bisa diri kita menjadi makin merasa ciut deh!

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Oke, kita simak tips.dari curhatanaksekarang.com untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri

1. Menerima Kekurangan Diri.

Saat orang lain sering merespon kekurangan yang kita miliki, biasanya kita menjadi sedih atau bahkan membenci diri kita atau orang tersebut. Hal yang perlu kita tanamkan adalah, setiap orang pasti memiliki kekurangan.

Lentera kecil:  Mengenal Investasi Saham Bagi Pemula di Dunia Bisnis

Tidak ada makhluk yang tercipta sempurna. Saat kita mengetahui kekurangan diri kita, berusahalah menerimanya. Berusaha memaksimalkan kekurangan kita kearah yang positif. Jika masih belum bisa mengarahkannya, setidaknya kita berusaha memilah dan merespon sebaik-baiknya jika ada orang lain yang mengkritik kita. Terkadang sebuah kritikan yang pedas, justru membangkitkan keinginan kita untuk memperbaiki diri.

2. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang lain

Seringkali kita terjebak pada hal-hal yang dimiliki oleh orang lain. Hal yang perlu kita ingat adalah sebuah perubahan yang besar adalah membandingkan diri kita yang dulu dengan diri kita saat ini. Tolak Ukur inilah yang pada akhirnya akan membuat teman-teman lebih menghargai usaha yang telah dilakukan diri.

3. Menentukan Tujuan

Saat teman-teman sudah menerapkan kedua hal di atas, kini saatnya menentukan tujuan. Catatlah sebuah target untuk perubahan yang ingin anda hasilkan. Tentukan poin-poin penting yang bisa mengantar kalian pada tujuan tersebut.

Lentera kecil:  Semangat Belajar dari Tampur Paloh

Dengan adanya sebuah tujuan, kepercayaan diri kalian dalam mencapai tersebut akan lebih meningkat karena telah memiliki arah yang jelas. Persiapan yang matang akan membuat langkah kita lebih mudah dalam menghadapi rintangan. Dari sini, kita pun bisa memaksimalkan potensi yang kita miliki menjadi suatu kelebihan.

4. Perhatikan Penampilan

Sudah saatnya kita bergerak. Saat kita berani memperhatikan penampilan diri, saat itulah kita menyayangi diri kita. Jangan biarkan wajah kucel, baju lungset, atau bau badanmu mengganggu orang lain. Karena ekspresi atau tanggapan dari orang lain yang kurang menyenangkan, juga akan mempengaruhi orang lain.

Penampilan yang terlalu ramai atau vulgar pun mengundang perhatian, jadi jika belum siap untuk tampil berbeda usahakan tampil selaras dengan lingkungan yang kita hadapi.

5. Belajar dan Belajar

Sebuah pembelajaran yang baik adalah terus belajar. Tidak ada batasan umur untuk belajar. Mempelajari segala hal akan menambah wawasan kita. Tentu se-bisa mungkin kita mempelajari hal-hal yang bisa membawa manfaat bagi kita. Mempelajari hal-hal baru juga bisa membuat pengetahuan kita bertambah. Terkadang dari memahami pembelajaran yang baru dan menambah wawasan, akan mempermudah kita untuk memulai interaksi dengan orang lain.

Lentera kecil:  R. Basuki Endropranoto Pencipta Mars PGRI

Itulah beberapa tips dari saya, Saat kita fokus untuk membenahi diri Insyaallah kepercayaan diri kita akan ikut meningkat. Berbeda halnya jika kita selalu membandingkan diri pada orang lain. Kelebihan orang lain boleh menjadi penyemangat atau inspirasi, tapi jangan sampai jadi bikin baper ya.

Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing, dan juga memiliki kekurangan. Jadi, kita tinggal memilih mau terus merasa kurang rasa percaya diri atau memaksimalkan potensi yang kita miliki. Semoga bermanfaat ya sahabat.

Salam, Dewi Adikara.

 

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *