Redaktur

Blog Lentera Kecil di DDOS

Blog lentera kecil di DDOS  Beberapa hari ini, blog lentera kecil lambat, sulit bahkan tidak dapat di akses. Perlu diketahui, beberapa kali saya mengajukan pertanyaan kepada webhosting sever lenterakecil.com atas ketidaknyamanan ini. Beberapa kali pihak server melakukan analisa dan perubahan terhadap laporan saya, seperti mengalihkan lokasi server, menganalisa web dengan menonaktifkan plugin, dsb. karena ada perubahan trafik yang tinggi terhadap blog saya.

Pertanyaan terakhir yang saya kirimkan:

tanggal: 24 Januari 2012 20:49
perihal: [Ticket ID: 505877] Perubahan yang merugikan
 
Maaf sebelumnya.
Saya semakin tidak mengerti dan kecewa atas pelayanan servis Indonix
Saya membangun website lenterakecil.com dengan susah payah tahap demi tahap dengan mengikuti aturan umum agar web dapat tampil “sempurna” di internet. Mulai dari Nol sampai selama 7 bulan ini, alexa rank sudah 250.000-an, pagerank 2, kunjungan rata-rata versi histats 700/hari, dsb.
Tapi, dengan semakin ramainya website saya, justru permasalahan terletak pada server. Sejak akhir desember lalu, sampai sekarang, web sering kolap. Saat ini, Menurut support Indonix, plugin WordPress SEO Plugin by yoast salah penyebab resource tinggi, hal ini menurut saya aneh: menurut forum wordpress tidak ada indikasi penyebab resource tinggi dan plugin tersebut saya pakai sejak awal website saya buat, kenapa sekarang bermasalah? Dengan dihilangkan plugin tsb, maka semua artikel dlm web saya akan mengalami perubahan SEO. Memulai pekerjaan baru lagi.
Perlu diketahui, saya tidak mengadakan perubahan plugin, kode website, kecuali update wp 3.3.1 Yang saya lakukan hanya menambah artikel.
Kesimpulan sementara sampai hari ini
1. Loading web lenterakecil.com malah lebih lambat dari sebelumnya. Kadang web sesekali tidak dapat diakses dari tempat saya (speedy surabaya)
2. Saya coba cek kembali dengan developers.google.com/pagespeed hasilnya: The website specified cannot be reached. (sebelumnya nilai 91)
3. Saya coba analisis dengan http://www.woorank.com/ hasilnya: This URL doesn’t exist!
4. Kunjungan ke situs saya mengalami penurunan separoh.
5. SERP mengalami penurunan
Kalau begini terus, rasanya sia-sia saya membangun website. Seharusnya makin lama-makin baik, bukan sebaliknya.
Apa yang seharusnya saya lakukan?
 

Dan di balas:

tanggal: 25 Januari 2012 05:47
perihal: [Ticket ID: 505877] Perubahan yang merugikan
 
website anda bulan bulanan ddos oleh server lain, bukan hanya itu saja kami dirugikan karena biaya bandwitdh yang membengkak
sekarang account anda kami suspend sambil menunggu ddos nya turun.
 

Blog Lentera Kecil di DDOS

Serangan DDOS (Distributed Denial of Service) adalah jenis serangan dengan cara memenuhi trafik server situs tersebut hingga situs menjadi lambat atau susah diakses. Kira-kira gambarannya DDOS adalah mengirimkan data secara terus menerus dengan menggunakan satu komputer atau lebih. Lebih lanjut tentang DDOS http://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_DoS

Entah mengapa serangan DDOS ditujukan ke lenterakecil.com.  WP Firewall juga beberapa kali mendeteksi potential attack. Tiap hari puluhan Comment spam dikirim ke salah satu artikel tetapi diblokir akismet. Ini pertama kali terjadi, sebelumnya sempat juga kena deface 3 kali ketika usia blog 2 bulan. Blog Lentera Kecil di DDOS

Benar tidaknya alasan tersebut, yang pasti akses ke lenterakecil.com mungkin lambat bahkan tidak dapat diakses sama sekali dari Indonesia, tetapi bisa dari luar negeri. Yang pasti, beberapa hari terjadi penurunan jumlah pengunjung separo dari rata-rata tiap harinya. Kontes SEO Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia dan Bisnis Online Daftar Gratis Bonus jutaan rupiah berhenti sampai di sini karena tidak dapat mengoptimasi. Tampilan blog kadang sedikit kacau (navigasi kategori kadang tidak tampil).

Saya tidak pernah melakukan hal yang aneh-aneh yang sekiranya dapat merugikan semua pihak. Blog ini saya bangun dengan susah payah banyak trial and error telah saya lakukan. Setelah mulai tampak ada kemajuan…eh ada lagi penghalang. Saya coba kembali mengkoreksi diri, kenapa terjadi?

 

Internet oh internet…..

 

Loading...

Lentera kecil media online sarana pembelajaran pendidikan yang informatif, inspiratif dan edukatif

11 Comments

  • Kei

    Sama kang, internet memang kejam, beberapa bulan kemarin wordpress saya down, CPU usage yang biasanya cuma 10-25% menjadi 100% konstan, spam di comment dan contact form sehari bisa lebih dari 100, dalam sebulan kena deface beberapa kali. Untungnya server masih kuat walaupun loyo kena ddos, hosting saya pakai hawkhost, mereka ngga pernah ngesuspend user, soalnya ada sistem limit, sisi negatifnya situs jadi lebih lemot dari biasanya. Kalo web hosting lainnya yakin waktu kena ddos pasti langsung di suspend detik itu juga account kita. Kalo hawkhost khusus ddos parah baru kena suspend jika lebih dari 2 attact dalam 10 hari. (setahu saya sih)

    Saya ngga pernah cari masalah, ngga ada gunanya soalnya, dan situs saya itu cuma company profile perusahaan kecil. Saya rasa sih ini gara2 persaingan bisnis, ada yang ngga suka gitu, karena di detik yang sama web saya kena ddos, saya dapet serangan bomb sms yang sekali dapat ribuan sms, sampai hp saya hang dan panas mau meledak. Lalu setiap hari subuh2 saya dapat teror telepon dari berbagai nomor, yang kalau diangkat ada orang marah2 ngga jelas, seperti: “udah kita ribut saja”, dll… ditanya ini siapa dia ngga jawab. Ini berlangsung hampir 2 bulan.

    Untungnya data domain register masih belum diupdate ke alamat baru saya, kalau sudah di update mungkin ada yang teror lempar batu ke kantor saya.hahaha

    Sekedar share, waktu itu saya mengatasinya:
    1. Waktu gampang di deface, ternyata ada plugin yang memiliki celah, dan developernya tidak bertanggung jawab banget (padahal plugin berbayar).

    2. WP custom dan programernya ternyata ngga bagus, jadi banyak celah, akhirnya saya memilih pakai template buatan developer luar karena bisa dipastikan bagus.

    3. Plugin loginizer untuk mencegah brute force ke login page.

    4. Plugin bullet proof security untuk mengamankan htaccess dan mencegah xml-rpc ddos. (ddos yang saya dapat itu menyerang xml-rpc)

    5. Pasang whois guard, teror bomb sms dan teror telepon berhenti.

    6. Pakai cloudflare jadi nanti di masa depan kalo kena ddos yang parah tinggal upgrade ke business plan sebulan doang trus downgrade lagi. hahahaha

    Sayangnya waktu banyak terbuang saat itu, semoga orang2 yang jail insyaf.

    Sorry kepanjangan kang, jadi inget lagi pengalaman itu soalnya. hahaha.

  • awan

    Webku yang visitor perhari gak sampai 10an aja kena suspend? kenapa oh Indonix dari dulu emang payah , mau pindah dah ,,
    busuk tuh , celah keamanan yang salah servernya lah kok pelanggan yang disalahkan?
    masak situs pengunjung dan visitor / hari g nyampe 10 orang kena suspended , serta plugin juga dipake cuma Platinmum, colorbox , supercache , ama gravityform ilang?

  • amelia

    Yang paling parah layanan hosting indonix ni, saya sangat kesal dengan layanan hosting indonix.com padahal harga yang di tawarkan murah, tetapi mereka paling sering melakukan maintenance akhir-akhirnya hosting kita di suspended dan tidak dapat lagi login ke cpanel. jika kita buat tiket jawabannya paling sering mengatakan silahkan login ke klient area dan ganti password anda. Namun mengakses halaman login tetap tidak dapat kita lakukan. Setelah kita hubungi kembali my support katanya kalau komputer kita keblokir padahal sudah saya coba pakai komputer milik teman namun hasilnya sama. Dan akhirnya kata suport indonix kita salah mepergunakan makanya hosting kita di suspended, yang penting banyak alasan-alasan yang tak memungkinkan diperbuat. Titik terakhir jika ingin hosting anda di aktifkan kembali, silahkan transfer biaya pengaktifan Rp 20-50rb lagi. Cuihhhh… Uang 20rb masih di palar juga.

  • amad soim

    wah… mnyeramkan juga ya gan…..itu pas kena DDOS pas kunjungan per hari brpa gan…. saya juga heran seiring trafik naik blog saya juga makin berat di akses…. 🙁

    • LenteraK

      Serangan DDOS nggak melihat trafik kunjungan, itu ditujukan ke server lewat situs. Untuk itu cari hosting yg berkualitas disamping itu, situs dijaga dengan aman (sy berusaha selama ini). Setelah pindah server(hosting) skrng trafik 1800 tetap enteng? dicoba dgn google speedtest, masih 90+. Dan biasanya saya dapat komen spam puluhan/hari, mendadak hilang.

  • Irfan

    Memang benar hosting di luar saja saya sering kena ddos tapi yang penting hosternya memberikan keterangan dan tidak tinggal diam, banyak tuh hoster gadungan di indonesia kalau server di ddos kita hubungi malah tidak ada tanggapan

    sukses bos webnya kembali online

    • LenteraK

      Terima Kasih, semua. Setelah saya analisa, ternyata Server dialihkan di Jerman tanpa pemberitahuan (malah kadang terdeteksi dari Belgi), padahal saya order server IIX (Jakarta). Awal 2012 yang berat buat lentera kecil, tapi ambil hikmahnya saja, biar nggak terlalu stress…he..he..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *