Usaha Unik di Desa yang Bisa Dicoba

Apakah Anda tinggal di daerah pedesaan atau kota kecil dan Anda sedang mencari bisnis terbaik untuk memulainya? Jika ya, di bawah ini adalah 14 ide bisnis unik untuk Anda yang tinggal di kota kecil dan desa. Bisnis ini dapat Anda mulai dengan modal kecil. Apa saja ya model bisnisnya? Simak ulasan dari ID Pengertian di bawah ini.

Usaha Unik di Desa

Muat Lebih

Usaha Unik di Desa

Apakah Anda tinggal di sebuah desa s kecil di mana hanya ada sedikit peluang untuk bertahan hidup? Sebenarnya, masih ada berbagai cara bagi Anda untuk menghasilkan uang di tempat-tempat seperti itu; meskipun peluangnya terbatas.

Memulai bisnis desa memiliki kelebihan. Pertama, modal yang dibutuhkan lebih kecil dan overhead yang dibutuhkan akan lebih rendah untuk memulai bisnis. Kedua, Anda akan lebih mudah untuk mengatur bisnis di desa yang mana orang-orangnya semua saling kenal. Apa saja ya bisnis-bisnis tersebut?

1. Penyedia Internet Broadband

Ide bisnis ini mungkin terdengar terlalu berisiko dan membutuhkan modal banyak tetapi  hal ini dapat dilakukan dan berpotensi memberikan penghasilan yang lumayan. Anda dapat membuat penyedia layanan internet di wilayah Anda jika mereka mengalami koneksi internet yang lambat.

Penyedia layanan internet (Internet service provider) ini kadang-kadang dikenal sebagai ISP. Anda dapat memulai dari yang kecil dengan menjual kembali layanan dari operator data utama.

2. Produksi Hasil Organik

Memproduksi dan menjual buah-buahan dan sayuran yang bebas dari bahan kimia dapat menguntungkan jika dilakukan dengan cara yang benar. Hal ini karena semakin banyak orang yang mendapatkan informasi kesehatan dan orang-orang sekarang sadar akan risiko kesehatan dari mengambil makanan yang tidak bebas dari pestisida dan pupuk kimia.

Jadi, Anda dapat memulai bisnis pertanian lokal yang mengadopsi metode organik ketat untuk mengolah sayuran, buah-buahan dan hidangan lokal. Bisnis Anda akan menjadi sukses besar, karena orang akan datang dari jauh dan dekat untuk membeli produk “aman” Anda.

Untuk peluang usaha di desa ini, Anda dapat memilih untuk menjual produk yang secara resmi diberi label organik atau organik tanpa label. Beberapa orang mengabaikan label resmi karena banyaknya dokumen yang harus diurus juga peraturan yang mungkin terlalu ketat atau membebani perusahaan pemula.

3. Konstruksi

Jika Anda memiliki pengetahuan yang baik tentang pertukangan dan kayu, maka bisnis di bidang konstruksi adalah usaha yang ideal untuk dicoba. Di daerah pedesaan, petani dan pemilik rumah mungkin tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memasang bangunan (misal lumbung, kandang ayam, dll.) Hal yang mereka butuhkan untuk keperluan perumahan atau bisnis. Jadi, memulai perusahaan konstruksi kecil mungkin menjadi pilihan bisnis terbaik.

4. Salon Keluarga

Membuka salon keluarga adalah pilihan tepat bagi orang-orang di desa yang ingin tampil lebih menawan, cantik dan kreatif. Orang yang tinggal di daerah pedesaan mungkin tidak memiliki akses ke layanan salon profesional semacam ini, jadi bisnis di bidang kecantikan ini adalah niche potensial untuk dieksploitasi.

5. Jual Telur Segar

Telur dari ayam yang diberi makan rumput sekarang mulai dicari oleh toko bahan makanan dan toko-toko khusus. Memulai bisnis unggas atau pemeliharaan tidak membutuhkan banyak lahan. Namun, undang-undang pemerintah daerah mungkin perlu diperiksa untuk melihat apakah persyaratan harus dipenuhi tanpa kesulitan.

6. Bertani Cabai

Bagi Anda yang memiliki keterampilan bertani yang baik, opsi bertani adalah pilihan yang jelas untuk memulai bisnis. Hal yang Anda butuhkan adalah rumah kaca kecil untuk menampung tas dan pot tempat cabai biasanya tumbuh. Tambahkan banyak sinar matahari dan tanah subur dan Anda dapat menghasilkan banyak uang dengan menjual cabai berkualitas ke toko bahan makanan, pasar, dan tetangga.

7. Berkebun Teh

Berkebun teh adalah pilihan sederhana namun menggiurkan bagi orang yang gemar minum teh. Anda tidak membutuhkan sebidang tanah yang luas untuk menanam biji teh. Anda bahkan dapat memilih untuk menanamnya di balkon atau halaman. Untuk pilihan ini, tanah harus sepenuhnya dikeringkan dan berpasir.

Baca juga: Inilah 2 Cara Berhenti Donasi UNICEF di Indonesia

8. Bertani Biji Kopi

Jika Anda suka dengan segala hal tentang kopi, maka Anda berada di jalur yang tepat. Satu-satunya hal yang Anda butuhkan adalah mengetahui cara memulai bisnis pertanian biji kopi dan Anda bisa memulainya. Satu-satunya persyaratan adalah kantong plastik, area teduh, biji kopi, dan izin usaha.

9. Pertanian Pohon Bonsai

Ada niche yang tumbuh untuk menjual pohon bonsai di pasaran saat ini. Namun, sebelum memulai usaha ini, Anda harus memiliki kesabaran, keterampilan menanam bonsai, dan bidang tanah yang cukup luas.

10. Sewa tempat dan alat berkemah

Anda dapat memulai situs sewa perlengkapan berkemah yang dilengkapi dengan tenda dan hal-hal penting lainnya yang membuatnya terlihat lengkap. Iklankan bisnis Anda ini melalui selebaran ataupun sosial media sampai banyak orang berminta untuk datang ke desa tempat tinggal Anda untuk berkemah Anda.

Anak-anak dan siswa selalu mencari tempat berkemah yang jauh dan bisnis ini bisa menjadi tempat yang mereka inginkan. Jika Anda masih memiliki toko bukan tanah, Anda masih bisa mulai menjual bahan berkemah di sana karena mungkin ada banyak kelompok yang datang untuk berkemah di dekat daerah pedesaan akan merasa terbantu dengan alat sewa Anda.

11. Jual produk global

Sebagian besar bisnis dalam komunitas kecil fokus pada produk buatan lokal. Namun, selalu ada pasar untuk produk global juga. Jika Anda berani menawarkan produk global untuk dijual di komunitas kecil Anda, Anda akan mendapat untung lebih dari yang Anda bayangkan.

12. Membuka toko reparasi elektronik

Sebegian besar orang-orang di desa suka membuang gadget dan peralatan elektronik yang mereka miliki ketika rusak. Jika Anda sangat pandai memperbaiki barang-barang elektronik, Anda dapat menghasilkan uang dengan mengumpulkan dan memperbaiki barang-barang tersebut.

Kemudian Anda bisa menjualnya kepada mereka yang membutuhkannya tetapi tidak mampu membayar barang-barang elektronik baru. Bisnis ini membuka dua pintu pendapatan; memperbaiki barang yang rusak dan menjual barang yang telah Anda perbaiki.

13. Pakaian lokal

Orang-orang yang tinggal di komunitas kecil senang membedakan diri mereka dengan gaya busana tradisional mereka. Karena alasan ini, Anda mungkin kesulitan menjual pakaian yang aneh.

Tetapi jika Anda menari mengikuti mode orang-orang dengan membuat pakaian mereka, Anda akan mendapat banyak keuntungan. Anda tidak harus menjadi pembuatnya. Anda dapat menemukan satu atau dua penjahit dan bernegosiasi dengan mereka. Mereka menghasilkan pakaian dan Anda menjual.

14. Perhiasan lokal

Jika Anda memiliki bakat artistik yang memungkinkan Anda mengubah barang-barang lokal menjadi perhiasan yang menarik, mengapa tidak memulai bisnis membuat perhiasan? Jika lingkungan Anda kaya akan tembikar, kerang, kayu apung, manik-manik, atau batu, Anda dapat mengubah barang-barang ini menjadi perhiasan yang indah seperti anting-anting, kalung, gelang, liontin, dan sebagainya.

Jadi masih mau berkata bahwa membuka bisnis di pedesaan itu sulit? Tenang saja usaha unik di desa itu ada banyak selama Anda mau mencoba.

 

Usaha Unik di Desa

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *