4 Kelebihan Les Privat yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Les Privat

Dunia Pendidikan saat ini sangat berbeda dengan belasan tahun yang lalu. Kalau dulu anak-anak generasi 90-an baru diajari mengenal huruf dan mengeja suku kata di kelas 1 SD, sekarang untuk bisa masuk SD justru memakai syarat harus bisa membaca.

Di masa kini, untuk tingkat SMP atau SMA sendiri saja bahkan harus telah memenuhi berbagai jenis syarat, agar bisa masuk ke sekolah impian. Apalagi, ketika hendak melanjutkan pendidikan ke tingkat tinggi. Anak-anak zaman sekarang seolah-olah dituntut untuk memiliki nilai akademik yang sempurna agar bisa masuk ke dalam penjaringan masuk perguruan tinggi terbaik.

Maka tak heran, ada banyak sekali les-les bimel dapat kita temukan di lingkungan sekitar. Les sendiri bentuknya macam-macam, ada les privat, les yang datang ke tempat les bersama-sama, ada yang sengaja datang ke rumah.

Kelebihan Les Privat

Apapun itu, pelajaran tambahan di luar jam sekolah ini diharapkan membuat anak dapat mengejar ketertinggalannya. Agar dia tetap mampu mengikuti ritme belajar yang ada di sekolah. Anda harus tahu, anak-anak yang berusaha menyesuaikan diri biasanya memiliki rasa percaya diri lebih tinggi.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ada beberapa opsi les tambahan. Pertama les bersama-sama, kedua les privat. Secara biaya dan hasil, keduanya memiliki perbedaan. Les privat tentu saja lebih mahal karena si guru hanya mengajar satu murid saja. Namun, di balik itu terdapat manfaat yang bisa didapat.

Kalau Anda sedang mencari layanan konsultasi dengan tutor berpengalaman, Quipper dapat dijadikan pilihan. Tak hanya itu, juga tersedia berbagai layanan menarik, seperti layanan Quipper Video Masterclass, yang dapat membantu anak Anda dalam proses belajarnya.

Menggunakan layanan bimbingan belajar online Quipper dapat memberikan banyak keuntungan bagi kebutuhan belajar anak Anda. Quipper memiliki tutor & coach profesional sesuai dengan bidangnya, sehingga anak Anda dapat konsultasi PR hingga tugas dengan tutor & coach sesuai mata pelajarannya.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan layanan konsultasi Quipper, Anda dapat berlangganan paket Super Plus untuk siswa SMA atau bagi yang sudah berlangganan paket reguler, Anda dapat melakukan upgrade ke paket Quipper Video Masterclass. Hal ini dapat dilakukan, agar anak Anda mendapatkan layanan konsultasi maksimal yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah.

Kalau Anda masih penasaran apa saja manfaat dari les privat yang belum banyak diketahui, berikut ini penjabarannya.

1. Waktu Belajar Lebih Fleksibel

Anda sebagai orang tua mungkin memiliki kendala mengenai antar-jemput anak ke tempat les karena harus bekerja dari pagi hingga sore hari. Nah, dengan memilih les privat, Anda bisa meminta pengajar datang ke rumah di malam hari. Anda tidak perlu repot mengantar dan tetap bisa menemani serta mengawasi anak di rumah supaya betul-betul belajar.

Biasanya, untuk guru privat yang datang ke rumah akan meminta tambahan uang bensin diluar biaya les itu sendiri. Jika Anda keberatan dengan hal tersebut, Anda bisa bisa meminta untuk melakukan pembelajaran secara online saja. Hal ini sangat menghemat waktu dan tenaga karena pengajar dan murid bisa tetap belajar dari kediaman masing-masing.

2. Guru Les dan Murid Sama-Sama Lebih Fokus

Belajar beramai-ramai dan belajar hanya berdua tentu saja memiliki tingkat fokus yang berbeda. Anda pasti mengakui ketika belajar dengan teman, Anda jadi lebih mudah terdistraksi. Kita bisa saja tiba-tiba disenggol dan berakhir ngobrol berdua alih-alih menyimak apa yang disampaikan oleh guru les di depan kelas.

Begitu juga dengan guru. Mengajar lebih banyak anak berarti harus mampu membagi perhatian ke mereka semua. Entah itu murid yang duduk di depan ataupun di belakang. Bahkan sebagai guru, sesekali harus mengingatkan murid-murid yang tidak fokus atau malah saling mengganggu supaya kegiatan pembelajaran tetap kondusif.

Belajar secara privat memungkinkan anak dan guru betul-betul berkonsentrasi pada pelajaran yang sedang dibahas. Belajar menjadi lebih efektif tanpa harus buang-buang waktu.

3. Anak Lebih Berani Untuk Terbuka 

Tidak semua anak memiliki rasa berani yang sama untuk jujur kalau dirinya tidak memahami salah satu soal. Bisa saja seorang anak khawatir akan dianggap remeh oleh teman-temannya yang lain karena tidak paham. Atau mungkin cemas jika dia bertanya dan guru menjelaskan, waktu belajar menjadi lebih lama dibanding biasanya.

Maka dari itu, belajar privat bisa menghilangkan kemungkinan ini. Tanpa ada teman-teman yang lain, rasa khawatir tersebut sirna. Anak akan lebih berani mengutarakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi tanpa perlu takut dinilai oleh orang lain.

Hal ini sebetulnya berlaku vice versa. Guru juga bisa memberikan penjelasan kepada anak didiknya dengan paripurna sampai si anak betul-betul paham. Guru tidak perlu khawatir dengan murid lain karena dia hanya mengajar satu anak saja.

Pada akhirnya, anak menjadi lebih paham dan bisa berlanjut ke soal-soal lainnya. Kegiatan belajar mengajar menjadi lebih mindful dan anak semakin percaya diri.

4. Metode Belajar Lebih Kreatif

Metode belajar yang diterapkan oleh guru les baik itu privat atau tidak bila dibandingkan dengan pihak sekolah tentu saja berbeda. Tidak semua guru di sekolah memiliki cara mengajar yang asyik dan mudah dipahami.

Rata-rata berdasarkan buku atau menjelaskan di depan kelas seperti biasa. Anak-anak pun enggan bertanya sehingga guru menganggap semua murid sudah paham dengan apa yang dia sampaikan.

Guru les lebih fleksibel dalam menghadapi masalah ini. Benar, mereka tetap memakai logika namun biasanya ad acara-cara singkat yang tidak njelimet dalam menjawab suatu soal.

Cara guru les menerangkan suatu pembelajaran pun lebih simple dan menyenangkan sehingga anak-anak tidak bosan dan mudah menangkap maksud dari pelajaran yang disampaikan. Tidak hanya sekedar menghafal, namun bagaimana caranya agar menghafal bisa dilakukan lebih mudah dan asyik.

Bila membutuhkan layanan bimbingan belajar seperti les privat secara online, coba deh untuk klik halaman ini sebagai solusi. Bagaimana pun, orang tua hanya ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya bukan?

 

4 Kelebihan Les Privat yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.