Arti sebuah Blog Pribadi

Judul “Arti sebuah Blog Pribadi” ini bukan untuk mendefinisikan arti blog pribadi, melainkan apakah yang menyebabkan orang memiliki blog atau menjawab jika ada pertanyaan, misalkan, “Buat apa sih, bikin blog?”

Arti sebuah Blog Pribadi

Muat Lebih

Tentu saja banyak maksud dan tujuan seseorang terhadap keberadaan sebuah blog atau website. Ada yang ingin mencari berita, informasi, pengetahuan, gambar, video, dan lain sebagainya. Sisi lain dimanfaatkan untuk promosi,mencari penghasilan, jual-beli, ajang pertemanan, dan sebagainya. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi, sebagai sarana kejahatan.

Khusus blog pribadi tentu saja memiliki arti tersendiri bagi pemiliknya, entah itu hanya sekedar menulis/curhat online, kewajiban atas tugas sekolah/kampus, sampai dengan ingin mendapatkan penghasilan. Apalagi sekarang zamannya internet, punya blog sendiri sudah dianggap biasa.

Membuat Blog Pribadi

Meskipun batasan antara website dan weblog (blog) saat ini semakin tipis karena masing-masing fungsi hampir memiliki kesamaan, namun blog lebih diminati karena banyak penyedia hosting gratis yang bisa dipakai, misalkan blogger.com atau wordpress.com.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan, bahkan disarankan, membuat blog pribadi dengan membeli domain dan sewa hosting sendiri. Blog akan tampil lebih profesional dan tentu saja dianggap serius jika menggunakan hosting sendiri karena pemilik blog telah mengeluarkan uang untuk membuatnya. Apalagi sekarang banyak penyedia layanan hosting yang menawarkan fasilitas dan harga yang beragam.

Jika berniat membuat blog pribadi yang dikhususkan untuk sarana menghasilkan uang misalkan membuat toko online, jual jasa atau memonetisasi blog, maka sangat-sangat dianjurkan menggunakan layanan premium yaitu membeli domain dan sewa hosting. Pengunjung blog semakin kritis terhadap keberadaan blog, apakah itu serius atau tidak.

Bahkan untuk sekedar menulis online entah itu berbagi cerita, pengalaman, atau share tentang informasi dan pengetahuan, lebih baik jika menggunakan yang premium (berbayar). Hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut lebih profesional. Contoh, Matt Cuss sewaktu bekerja di Google. Dia tetap menggunakan hosting sendiri meskipun Google punya blog gratis yaitu blogger.com atau menggunakan subdomain google.com.

Arti sebuah Blog

Saya pribadi, blog memiliki arti bagi saya. Kalau boleh saya mengungkapkan manfaat membuat blog adalah:

1. Bangga tentunya. Apa lagi di kartu nama atau profil lainnya ada tertulis homepage kita.

2. Belajar menulis. Jangan takut untuk memulai menulis. Tulis apa saja, mencontoh tulisan orang lain juga nggak apa-apa (kalau copy and paste itu bukan mencontoh, itu menjiplak/memindah). Teruslah menulis nanti akan biasa, bagus atau jeleknya tulisan itu relatif. Yang penting isi tulisan yang akan disampaikan dapat diterima oleh pembaca, abaikan dulu standar penulisan, kita nggak di sekolah, kampus, atau kantor.

3. Tambah lancar dan cepat mengetik, meski pakai 11 jari (telunjuk+telunjuk)

4. Akan bertambah mahir berinternet atau komputer karena sering bertemu dengan script, code html, dsb.

5. Dapat penghasilan tambahan, malah bisa jadi penghasilan utama. Banyak orang yang mengandalkan blognya sebagai penghasilan utama.

Tentu saja masih banyak alasan lain yang mungkin bisa saja berbeda antara saya dengan blogger (orang yang mengelola blog) lainnya.

Dan ini tambahan dari saya jika ingin punya blog pribadi yang keren. Gunakan identitas pribadi yang mencerminkan isi blog. Selain itu, tidak perlu menutupi identitas asli seperti nama, alamat atau kontak. Terkadang hal ini dianggap sepele bahkan sengaja disembunyikan.

Jika kita serius membuat blog pribadi dengan positif, identitas diperlukan jika ada yang mencoba menghubungi untuk meminta bantuan, mengutip tulisan hingga ingin memasang iklan atau mengirim artikel. Minimal kita memiliki email resmi dengan identitas asli. Apalagi sekarang bisa daftar gmail lewat ponsel.

Awalnya lenterakecil.com ini blog pribadi saya, namun seiring waktu telah saya ubah menjadi sebuah website pendidikan. Oleh karena itu, banyak artikel-artikel awal yang berisi opini saya.

Tunjukkan blog pribadi yang profesional.

 

Arti sebuah Blog Pribadi

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *