Kelebihan dan Kekurangan dari Tali Nilon

Kelebihan dan Kekurangan dari Tali Nilon

Dalam kebutuhan alat-alat berat, penggunaan tali menjadi suatu hal wajib. Jenis dari tali tersebut juga macamnya ada cukup banyak. Salah satu yang paling sering digunakan adalah jenis tali nilon. Tali ini dapat membantu para pekerja dalam proses pengangkutan barang menggunakan alat berat. Untuk mengenal lebih jauh tentang tali ini, Anda bisa ikuti penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Tali Nilon

Pengertian Tali nilon adalah sebuah tali yang tersusun dari material nilon. Serat dari nilon terkenal sangat kuat sehingga cocok digunakan sebagai produk pertalian. Karakter umum dari benda ini adalah punya fleksibilitas sangat baik, yakni bisa merenggang hingga 10% dari panjang mula-mula. Berkat kemampuannya tersebutlah bahan tersebut cocok digunakan untuk mengangkut beban berat.

Pada mulanya, jenis bahan ini digunakan sebagai pengganti serat sutera yang pada waktu itu termasuk langkah dan punya proses pembuatan lama. Namun, seiring berjalannya waktu, berkat kekuatan serta fleksibilitas yang dimiliki, nilon mulai digunakan sebagai kebutuhan untuk membantu alat berat. Alhasil, sampai sekarang benda tersebut jadi alat bantu wajib dalam proses penggunaan alat berat.

Kelebihan dan Kekurangan dari Tali Serat Nilon

Tali Nilon (Nylon) merupakan salah satu serat sintetis yang elastis dan memiliki karakteristik tahan terhadap gesekan, mampu untuk menerima hentakan tinggi sehingga tali ini ideal untuk aplikasi beban seperti menambat kapal, mengikat jangkar, menarik, pengaman, dan lain sebagainya. Namun, selain memiliki kelebihan tali nilon juga memiliki kekurangan.

Kelebihan Tali Serat Nilon

Sudah disampaikan pada bagian sebelumnya, nilon punya berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan jenis lainnya. Keunggulan tersebutlah yang membuat serat itu dapat digunakan untuk kebutuhan pengangkutan benda dengan alat berat. Lantas, apa sajakah keunggulan dari serat ini? Berikut ini adalah beberapa kelebihannya.

  • Punya nilai breaking load sangat tinggi
  • Memiliki sifat stretch yang sangat baik
  • Sangat kuat dalam menahan gesekan
  • Punya tingkat elastisitas baik yakni dapat meregang hingga 10% dari ukuran aslinya.
  • Kuat dalam menahan hentakan
  • Punya daya tahan baik terhadap alkohol, formaldehyde, ataupun minyak
  • Daya tahan terkena sinar matahari sangat baik karena punya titik didih tinggi, yakni 216 derajat Celcius
  • Bahan tidak dapat mengalami pembusukan

Setelah mengetahui tentang kelebihan di atas, tentunya kini Anda bisa menentukan apakah jenis serat nilon sesuai dengan yang dibutuhkan atau tidak. Anda bisa menyesuaikan berbagai kelebihan tersebut dengan kebutuhan pengangkatan barang yang ingin dilakukan.

2. Kekurangan Tali Serat Nilon

Mengingat serat nilon ini dibuat oleh manusia, tentunya akan terdapat beberapa kekurangannya. Mengetahui kekurangan seperti ini juga sangat penting karena bisa membuat Anda benar-benar tahu kapan harus menggunakannya. Nah, berikut ini adalah beberapa daftar kekurangan yang dimiliki oleh bahan tali yang terbuat dari serat nilon.

  • Tingkat elastisitas yang dimiliki oleh serat ini tidak cocok diaplikasikan pada rigging.
  • Bahan dapat menyerap air cukup baik sehingga menyebabkan breaking load menjadi berkurang hingga 20 % saat sedang basah.
  • Jenis bahan tali mudah tenggelam saat berada di air
  • Bahan kimia berbahaya bisa membuat nilon menjadi leleh
  • Saat digunakan dalam jangka waktu cukup intensif, jenis bahan bisa menjadi memanas sehingga kekuatannya jadi berkurang.

Seperti itulah tadi berbagai macam kekurangan dari bahan tali tersebut. Dengan mengetahui informasi tersebut, kini Anda bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan bahan tersebut dalam proses pengangkatan dengan alat berat. Perhatikanlah kekurangan tersebut dengan teliti agar pada saat digunakan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah tadi informasi mengenai pengertian, kelebihan serta kekurangan dari tali nilon. Semoga dengan informasi tersebut kini Anda dapat lebih mengenal lagi tentang jenis bahan tali yang digunakan dalam alat berat. Untuk Anda yang mungkin sedang membutuhkan alat berat ataupun peralatan lainnya, maka langsung saja cari dan kunjungi di asmarines.com.

 

Kelebihan dan Kekurangan dari Tali Nilon

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.