Kiat-kiat Penulisan Artikel

Menulis artikel sangat berkaitan dengan publikasi yang merupakan sarana pengakuan bagi para penulis artikel. Di Indonesia, menulis artikel belum dipandang sebagai suatu hal yang penting bagi sebagian besar pelajar, mahasiswa, guru maupun dosen. Kebanyakan dari mereka hanya menulis artikel sebagai rutinitas seperti belajar, mengerjakan tugas, dan mengajar.

Padahal, artikel merupakan suatu topik yang akan selalu dibicarakan karena merupakan bagian penting dari ilmu pengetahuan. Di luar negeri, ada anggapan bahwa menulis artikel dan publikasi sebagai suatu hal yang mutlak dilakukan dalam upaya memberikan kontribusi terbaik untuk ilmu pengetahuan.

Muat Lebih

Kiat-kiat penulisan artikel

Kiat-kiat Penulisan Artikel

Menulis artikel merupakan kemampuan yang tidak dapat diperoleh secara singkat dan instan karena membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Semakin banyak waktu yang diluangkan untuk menulis artikel ilmiah maka akan bertambah pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan.

Apabila seseorang mempunyai kemampuan menulis artikel yang baik, maka akan semakin besar peluangnya untuk dipublikasikan.

Berikut Kiat-kiat Penulisan artikel sebagai panduan menulis sebuah artikel.

Menulis artikel sebenarnya merupakan tuturan yang diwujudkan ke dalam sebuah bentuk rangkaian huruf. Bagi penulis pemula harus berani memulai: yaitu praktik menulis, tanpa direcoki teori. Tidak ada cara lain yang lebih pas, selain itu .

Menulis memerlukan dorongan dalam diri sendiri. Tanpa motivasi yang kuat memang tidak akan mampu menulis, apalagi menjadi penulis profesional.

Menulis setiap hari. Dengan semangat motto Latin, nulla dies sine linea (tiada hari tanpa menulis), dalam kehidupan mondial (berkaitan dengan seluruh dunia).

Keberanian menulis artikel jurnalistik  menjadi tantangan tersendiri. Menulis artikel, boleh jadi merupakan upaya katarsis bagi penulisnya. Sementara, bagi pembaca, bisa jadi mendatangkan pencerahan.

Menulis perlu memandang ke dalam diri sendiri. Ketika terjadi masalah dengan penulisan, ketahuilah penyebab sebenarnya agar tidak menghentikan aktivitas menulis.

Pada umumnya, ketika seseorang ingin menulis, ia hanya melihat dua hal, kemampuannya dan lahan penulisannya.

Cermati dan pahami kiat tersebut dengan sungguh-sungguh, maka semangat untuk menulis diharapkan akan tumbuh terus, dan terus menulis. Cobalah memulai menulis untuk diri sendiri, lingkungan kecil, dan seluruh dunia.

Untuk menulis artikel ilmiah, ketepatan penggunaan kata dan keringkasan isi merupakan hal yang harus diperhatikan. Penulisan artikel ilmiah dengan kalimat rumit dan pemilihan kata-kata yang kurang tepat akan menganggu, membosankan, dan menjenuhkan serta akan merasa sulit untuk memahami artikel ilmiah yang dibacanya.

Kalau ingin mengetahui teknik penulisan artikel lainnya, baca Teknik Penulisan Artikel di Media Massa.

Revisi asli: Jul 6, 2011

 

Kiat-kiat penulisan artikel – Lentera Kecil

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar