daftar iklan mgid

Tips Menulis Artikel Kesehatan Blog

Sebelumnya perlu diketahui bahwa “Tips Menulis Artikel Kesehatan” ini bukan untuk penulisan karya ilmiah atau jurnal kesehatan, melainkan menulis untuk sebuah artikel blog atau website. Meskipun demikian, tips ini bisa menjadi rujukan untuk menulis “paper” atau karya tulis sederhana untuk tugas sekolah atau kuliah.

Artikel Kesehatan

Tips Menulis Artikel Kesehatan

Salah satu informasi yang banyak dicari orang di internet adalah artikel kesehatan. Informasi kesehatan seringkali diburu orang sebagai informasi untuk melanjutkan tindakan medis selanjutnya, yang dialami pembaca. Selain itu, tidak jarang digunakan sebagai referensi tulisan mereka.

Menulis artikel kesehatan untuk blog sebenarnya tidak jauh berbeda dengan artikel-artikel jenis topik lainnya. Namun yang menjadi kunci utama adalah artikel kesehatan harus benar-benar akurat dan terpercaya. Hal ini berkaitan dengan kesehatan yang merupakan hal yang paling di dalam kehidupan. Tak seorangpun mau sakit.

Selain itu, menulis sebuah artikel kesehatan memiliki beban tanggung jawab moral. Oleh karena itu, tidak sembarang orang berani menulis artikel kesehatan, melainkan hanya mereka yang benar-benar menguasai tentang kesehatan atau penulis memiliki sumber referensi yang akurat dan dipercaya, bukan hoax.

Lentera kecil:  Jenis Alat Bantu Pendengaran dan Cara Penggunaannya

Menulis Artikel Kesehatan di Blog

Menulis sebuah artikel blog pada dasarnya tidak memiliki aturan penulisan yang baku. Berbeda dengan karya ilmiah atau penulisan jurnal yang memiliki aturan tertentu. Misalnya Penulisan Artikel Jurnal Pendidikan. Akan tetapi, membuat artikel blog tetap mengacu kepada kesesuaian topik dan isi tulisan serta informasi yang mudah diterima pembaca.

Selain itu, gaya bahasa artikel bisa disesuaikan dengan target pembaca blog. Gaya bahasa artikel untuk kalangan remaja bisa saja berbeda dengan artikel yang dibuat untuk tujuan sebagai referensi.

Garis besar penulisan artikel kesehatan untuk blog atau website, sebagai berikut:

1. Menentukan Topik 

Seorang penulis jika akan membuat sebuah tulisan langkah pertama kali adalah menentukan topik tulisan. Demikian juga blogger yang akan membuat artikel kesehatan di blognya. Meskipun topik kesehatan sangat luas, namun kita bisa menentukan topik lebih spesifik lagi. Semisal ingin membuat tulisan tentang cara mengobati penyakit, maka bisa memilih topik cara mengobati masuk angin. Masuk asing menjadi topik tulisan.

Lentera kecil:  Untuk Apa Membuat Komentar di Blog

2. Membuat Kerangka Tulisan

Meskipun bukan merupakan artikel karya ilmiah, artikel blog tetap perlu menggunakan kerangka tulisan, meskipun secara sederhana seperti pembukaan, isi dan penutup. Selain memudahkan penulisan, informasi yang disampaikan akan lebih teratur sehingga memudahkan pembaca menangkap informasi yang ada.

3. Sumber Referensi

Sumber referensi sangat penting di dalam artikel kesehatan. Oleh karena itu mencari dan membaca sumber referensi yang terpercaya baik itu dari internet maupun buku sangat diperlukan. Namun, sebaiknya cek sumber referensi, terutama yang berasal dari internet (situs) bukan bersumber dari berita hoax. Semakin banyak referensi akan semakin baik isi informasi dari artikel yang dibuat sehingga tulisan lebih kaya dan lengkap. Banyak artikel kesehatan dalam bahasa Inggris. Jika belum paham, bisa ikut EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional.

Lentera kecil:  Pengalaman Menggunakan Web Hosting Niagahoster

4. Review Tulisan

Panjang pendek artikel di blog juga relatif dan tidak ada aturan baku. Yang terpenting informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca sudah terpenuhi secara singkat dan jelas. Tidak perlu panjang tapi bertele-tele. Namun juga jangan terlalu pendek hanya poin pentingnya saja.  Dan yang terpenting lakukan review tulisan. Cobalah cek kembali apakah tulisan yang sudah dibuat telah memberikan informasi akurat dengan singkat dan jelas, serta tidak banyak salah tulisan (typo).

Beberapa Jenis Artikel Kesehatan

Ada banyak contoh artikel kesehatan yang beredar di internet. Semuanya bertujuan untuk memberitahukan mengenai informasi tentang kesehatan. Berikut ini beberapa jenis artikel kesehatan yang umum ditulis di situs kesehatan secara umum yang dapat dijadikan pilihan topik.

  • Artikel Kesehatan tentang Informasi Penyakit
  • Artikel Kesehatan tentang Metode Pengobatan
  • Artikel Kesehatan tentang Program Hidup Sehat

 

Tips Menulis Artikel Kesehatan di Blog

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comments (1)