daftar iklan mgid

Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

Domain berkaitan erat dengan website terlebih jika untuk website bisnis atau company profile. Untuk itu pemilihan nama sebuah domain dapat menjadi salah satu langkah paling penting dalam membangun bisnis karena berhubungan dengan brand bisnis.

Memilih Nama Domain

Pengertian domain di sini adalah nama alamat untuk mengidentifikasi sebuah website sebagai pengganti alamat IP berupa kombinasi angka yang rumit. Dengan menggunakan nama domain maka sebuah website akan mudah diingat, dikenali dibandingkan menggunakan alamat IP aslinya.

Coba bayangkan jika sebuah website menggunakan alamat IP misalkan: 123.90.4567. Bandingkan jika website tersebut menggunakan alamat iniwebku.com. Tentu pengunjung akan lebih mudah mengingat, menulis atau mencari iniwebku.com dibandingkan 123.90.4567. Selain itu, nama domain bisa menjadi brand atau identitas dari website tersebut.

Oleh karena itu, disarankan tidak sembarangan memilih dan beli domain tanpa perhitungan yang matang saat akan meluncurkan sebuah website karena nama domain sering kali merupakan salah satu hal pertama yang dilihat dan dibaca orang, dan hal itu bisa memengaruhi kesan terhadap website tersebut.

Memilih Nama Domain

Meskipun memilih nama domain tidak boleh asal-asalan, namun tidak ada aturan yang pasti tentang penggunaan atau pemilihan nama domain. Hanya saja ada beberapa prinsip panduan untuk memilih nama domain yang bisa membantu untuk mencerminkan brand website tersebut.

Berikut adalah beberapa tips dan panduan dalam memilih nama domain yang dapat diterapkan ketika bingung memilih.

1. Panjang Domain

Sebagaimana pada umumnya, sebuah nama panjang akan menyulitkan orang untuk mengingat. Untuk itu nama domain yang bagus adalah semakin singkat semakin baik. Nama yang pendek lebih mudah diingat dan diketik, dan sebaiknya jangan melebihi 2-3 kata. Diharapkan pengguna cenderung akan lebih mudah mengingat dan menemukan karena hanya sedikit yang harus dibaca.

Lentera kecil:  Mendaftar Ke Dmoz Open Directory Project

2. Kata Sederhana

Nama domain sederhana disini maksudnya menggunakan kata-kata atau istilah yang tidak rumit saat dieja maupun diingat. Bagaimanapun juga jika orang mengingat nama domain dengan mudah maka saat mengetiknya bisa akurat.

Misalkan nama domain ini-blogkoe-budi66.com dipilih agar tampil beda. Bandingkan dengan blogbudi.com, selain pendek juga menggunakan kata sederhana yang nantinya bakal mudah dieja dan diingat.

3. Kata kunci

Dalam ilmu SEO, kata kunci memiliki posisi paling penting. Untuk itu, jika memilih nama domain sebisa mungkin memiliki kata kunci relevan yang nantinya akan membantu pengguna menemukan website dalam hasil mesin penelusuran. Jika nama sudah digunakan orang lain, carilah persamaan nama yang relevan. Apalagi saat ini Google sudah cukup canggih untuk menelusuri kata yang relevan.

Bukan hanya brand, kata kunci lokasi bisa menjadi alternatif untuk ditambahkan dalam nama domain jika menargetkan pelanggan dan pengguna lokal. Misalkan jualkopilampung.com untuk website bisnis kopi dari Lampung.

4. Nama brand

Bagi perusahaan baru mungkin nama domain (untuk websitenya) awalnya bisa sedikit “aneh” bagi sebagian orang. Namun bagaimanapun juga, website perusahaan harus mencerminkan brand dan perlu waktu untuk berkembang. Siapa sangka dulu nama google.com berasal dari nama salah tulis.

Mencantumkan nama brand unik pada nama domain dapat membantu tampil menonjol, mudah dikenali, yang akhirnya dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke website. Namun ingat saat membuat nama brand dan nama domain, pastikan tidak menggunakan nama brand atau merek dagang yang sudah ada.

Lentera kecil:  Blog sebagai Media Penyimpanan

Banyak orang menghabiskan waktu untuk mencoba memilih nama yang sempurna, padahal waktu tersebut dapat digunakan untuk membangun brand yang hebat dengan nama domain yang cukup bagus. Jangan menunda-nunda untuk memulai bisnis atau proyek hanya demi menemukan nama domain yang sempurna.

5. Ekstensi Domain 

Dahulu ekstensi (akhiran) domain terbatas dan yang paling populer adalah .com yang merupakan TLD (top level domain) adalah .com. Namun, sekarang ada beragam variasi TLD, seperti .academy, .coffee,  .photography dan lain sebagainya

Dengan pilihan TLD yang semakin bervariasi ini lebih banyak pilihan untuk membuat nama domain khusus yang dengan cepat mengkomunikasikan tujuan dan nilai yang ditawarkan. Selain itu, ekstensi domain yang baru tidak berdampak buruk pada peringkat penelusuran. Semua ekstensi domain sama di mesin pencarian. Hanya saja, sebagian besar orang mungkin masih terbiasa mengetik .com.

Hal Yang Harus Dihindari Saat Memilih Nama Domain

Beberapa hal yang harus dihindari dalam memilih nama domain karena mungkin akan berdampak negatif pada persepsi orang terhadap nama domain dan website, seperti:

  • Angka atau tanda pisah dalam nama domain. Karakter ini sulit diketik dan dapat menurunkan kredibilitas situs serta bisnis Anda.
  • Ejaan yang lucu atau kata-kata yang dapat dieja secara berbeda (misalnya “way” atau “too”). Hal ini dapat menyulitkan orang untuk menemukan situs Anda.
  • Salah eja. Hal ini dapat menyebabkan situs Anda tampak mencurigakan dan membuat orang menduganya sebagai situs phishing atau malware.
  • Nama brand dan merek dagang yang digunakan oleh perusahaan lain. Hal ini sama sekali tidak boleh digunakan dalam nama domain Anda. Jika mencoba melakukannya, Anda dapat terkena tindakan hukum dan penangguhan domain Anda.
Lentera kecil:  Strategi Memaksimalkan SEO dengan Metode LSI

Membeli Domain

Setelah mengetahui tips dan panduan dalam memilih nama domain di atas, saatnya membeli domain melalui registrar yang mengelola pemesanan nama domain Internet. Sebenarnya ada solusi bagus bagi yang belum memiliki website yaitu beli hosting murah gratis domain seperti di Niagahoster.

Membeli domain di Niagahoster akan dibantu untuk memilih domain yang belum digunakan. Coba  ketikkan nama domain pilihan pada kolom di halaman cek domain Niagahoster. Kemudian, klik Cek Domain. Jika domain yang dicari telah diregistrasi oleh orang lain, akan mendapatkan pemberitahuan bahwa domain tidak tersedia.

Selain registrar nama domain, Niagahoster juga menawarkan beragam paket hosting mulai dari shared hosting, Cloud Hosting, hingga VPS hosting yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Website untuk company, blog pribadi, forum atau toko online tentu saja memerlukan keperluan resource yang beragam.

Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari 10 ribu per bulan, bahkan ada diskon hingga 75% untuk Paket Personal serta garansi 30 hari uang kembali.

Dengan dukungan LiteSpeed Web Server agar waktu loading website meningkat pesat serta teknologi keamanan Imunify 360 agar website terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat.

 

Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *