Redaktur

Perubahan Situs Lentera Kecil

Perubahan Situs Lentera Kecil. Memasuki bulan Pebruari 2012 ini usia lenterakecil.com sudah 8 bulan. Berarti selama waktu itu situs lentera kecil telah berada di dunia maya. Banyak sudah pengalaman yang saya dapatkan dalam mengelola situs ini mulai merasakan deface sampai mendapatkan sedikit uang saku dari situs ini.

Awal bulan ini, perubahan situs Lentera Kecil yang cukup besar terjadi yaitu perpindahan webhosting yang otomatis juga berpindahnya server. Awalnya Lentera Kecil mendaftar dengan memakai server lokal Indonesia IIX dengan alasan kecepatan situs akan lebih cepat diakses oleh pengunjung dari Indonesia, karena konsumen utama berada di Indonesia. Tapi (sesuai data yang terlacak) ternyata server sering berpindah lokasi dan terakhir malah berada di Jerman. Dan lebih parah lagi akses ke lentera Kecil sering down. Beberapa kali melayangkan email atas ketidaknyaman ini dan terakhir dijawab situs lentera kecil diserang server lain (DDOS) sehingga menyebabkan server overload. Dan peringatan datang agar segera membenahi situs. Saya terkejut atas peringatan tersebut. Selama ini saya menggunakan mesin wordpress yang selalu terupdate dengan tema free bukan hack atau nulled, dan plugin-plugin yang saya pakai juga terupdate dan dipakai mulai dari awal, mengapa ini sekarang menjadi masalah?

Saya selalu memonitor situs Lentera Kecil mulai dari tools dari google, web security, dan yang berhubungan dengan keamanan dan kesehatan situs lainnya, semua tidak ada masalah. Saya teringat awal-awal bulan berdiri, karena server lemah akhirnya semua situs dengan IP sama kena deface semua. Untunglah saya segera mengetahui sehingga Lentera Kecil dengan wajah defacenya tidak sampai diketahui pengunjung. Hacker merubah tampilan situs lewat cpanel buka admin wordpress dan ketika itu saya sedang memonitor situs, jadi segera ketahuan. Saya terus berusaha membenahi celah keamanan dan mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan semua penyedia layanan internet dalam mengelola situs ini.

Berhubung layanan kurang maksimal, akhirnya dengan berat hati melakukan ”pindahan rumah” ke hosting lain dengan resiko terjadinya penurunan ”kualitas” situs, seperti situs baru lagi (meski tidak 100%). Dan hal itu sudah saya diskusikan dan pelajari dengan beberapa webmaster, dan ternyata kemungkinan itu bisa terjadi. Logikanya seperti kita pindah rumah perlu pengenalan lagi terhadap lingkungan sekitar, bukan? Mulai saat ini server Lentera Kecil berada di Texas, Amerika Serikat. Tentu saja ada sedikit pengurangan kecepatan akses dari pengunjung Indonesia dibanding dengan memakai server lokal.

Perubahan Lentera Kecil masih saya rasakan pada awal bulan ini, beberapa hasil SERP terjadi penurunan, pengindeksan google menjadi lambat, akses kadang lemot. Dan yang penting lagi, jatah bandwidth dan space disk harus ditambah, yang dulunya bandwidth cuma 2Gb seiring dengan jumlah kunjungan yang lebih dari 1000/hari bandwidth hanya cukup untuk 10 hari saja, padahal saya melakukan penghematan bandwitdh semaksimal mungkin.

Perubahan Situs Lentera Kecil

Karena terjadi perubahan situs Lentera Kecil yang cukup mengganggu kinerja situs, maka sekalian saja saya mengganti tampilan situs, mengubah kode-kode, dsb. Tema wordpress baru yang freepremium saya pakai meski terjadi penurunan kecepatan loading menurut analisa google speed test dari tema sebelumnya yaitu nilai 91 menjadi 87. Dari segi konten, Lentera Kecil juga akan sedikit diubah. Prioritas utama konten kembali ke maksud dan tujuan pembuatan situs yaitu pendidikan dan pembelajaran. Konten nantinya lebih ke kategori Pendidikan, pengetahuan dan Opini penulis, sedangkan untuk kategori In English artikel umum saya hentikan lebih banyak untuk artikel masalah pendidikan berbahasa Inggris, untuk kategori Interkom, SEO akan saya alihkan ke http://lenterakecilku.blogspot.com. Artikel yang ada tetap saya pertahankan dan tidak dihapus berkaitan dengan search engine agar tidak menimbulkan broken link.

Semoga perubahan ini membawa arti baru buat situs Lentera Kecil dan juga tetap eksis dan tetap sedikit dapat memberi arti dan manfaat bagi pengunjung Lenterakecil.com

Lentera Kecil

Loading...

Lentera kecil media online sarana pembelajaran pendidikan yang informatif, inspiratif dan edukatif

4 Comments

  • Kei

    Nyari web hosting lokal yang bagus lebih susah, kebanyakan cuma reseller hosting dari web hosting luar.

    Tapi gampang sih kang mengetesnya, saya biasanya contact supportnya jam 3 pagi, web hosting yang bagus itu team support standby 24jam, kalau malam hari ngga ada support, kemungkinan besar cuma reseller hosting doang.

    Yang saya recommend sejauh ini hanya 3: hostinger, beon, niagahoster.
    Untuk hosting luar hawkhost dan digitalocean. Tinggal tutup mata, saya pasti cuma pilih diantara itu doang.

  • Galuh Ristyanto

    Hostingnya yang jelek tuh mas. Emang gak gampang nyari hostingan yang bagus dan berkualitas.
    Dulu hosting pertama saya, pernah kena hack. Hampir semua blog yang ngehost disitu kena, jadi targetnya buat blog, tapi hosting. Tapi gak parah, cuma diganti halaman depannya aja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *