Calon Manajer Yuk Kenalan Lebih Dekat Dengan Sistem Manajemen Calon Perusahaanmu!

Mahasiswa jurusan Manajemen tentu tahu bahwa dalam manajemen terdapat sistem manajemen, merupakan sebuah bentuk umum dari suatu sistem yang di dalamnya terdiri dari input, proses, output, dan umpan balik. Biasanya dalam sebuah perusahaan, sistem manajemen yang diterapkan tergantung dari karakter manajer yang memimpin perusahaan / organisasi tersebut.

Sistem Manajemen Calon Perusahaan

Muat Lebih

Sistem Manajemen Perusahaan

Pada umumnya, sistem manajemen sendiri dibedakan menjadi:

Paternalistic Management

Paternalistik management atau manajemen bapak merupakan sebuah sistem manajemen yang hanya memfokuskan jenis usaha atau kegiatannya kepada bapak. Yang dimaksud bapak di sini adalah atasan perusahaan, jadi setiap usaha atau kegiatan apapun yang dilakukan karyawan hanya mengerjakan apa yang diinginkan oleh atasannya.

Menurut sistem manajemen ini, apapun yang dikatakan oleh atasan / bapak adalah yang paling dianggap benar. Dengan kata lain, dalam sistem manajemen satu ini para karyawan/bawahan mempertuhankan atasannya/bapak yang dianggap sebagai orang paling pintar, benar, dan mengetahui segalanya.

Mahasiswa yang kuliah S1 jurusan Manajemen di binus online atau kampus lainnya harus tahu, meski terlihat arogan namun sistem ini juga memiliki keunggulan tersendiri. Jika pemimpin masih dalam kekuasaan yang wajar, para bawahan akan bergerak dan bekerja dengan cepat hanya dengan mendengar satu instruksi. Dengan begitu, untuk mencapai tujuan bisa dijalankan dengan mudah dan lebih baik. Selain memiliki keunggulan, namun tentunya sistem ini juga memiliki kelemahan seperti:

  • Jika perusahaan dipimpin oleh seorang yang tidak ahli dan tidak benar biasanya mementingkan kekuasaan, maka karyawan akan mencontoh dan tentu saja perusahaan tersebut akan hancur
  • Kemajuan perusahaan hanya berjalan di tempat
  • Jika pergantian pemimpin terjadi, maka pemimpin baru akan kesulitan beradaptasi dengan pola perusahaan. Pasalnya karyawan perusahaan menganut struktur organisasi yang ada, yang selama ini diwariskan oleh pemimpin lama.

Closed Management

Sistem selanjutnya yang wajib diketahui mahasiswa jurusan Manajemen yakni Closed Management atau manajemen tertutup. Sistem satu ini merupakan sebuah sistem manajemen yang dimana setiap kegiatan, kejadian, maupun keadaan perusahaan tidak diberitahukan kepada siapapun bahkan kepada bawahannya sekalipun.

Manajer yang menganut sistem manajemen satu ini tidak menginformasikan apakah perusahaan tersebut mendapatkan untung atau rugi, yang diketahui karyawan hanyalah ia harus mengerjakan apa yang diperintahkan oleh atasannya. Perintah yang diputuskan oleh atasan biasanya tidak melibatkan partisipasi peserta musyawarah dari bawahannya.

Open Management

Open management atau manajemen terbuka merupakan sistem manajemen yang mana Manajer lebih terbuka kepada bawahannya. Seorang manajer yang menganut sistem manajemen satu ini menginformasikan kepada karyawannya apa yang perlu diketahuinya, hanya saja tetap pada lintasan tertentu.

Rahasia perusahaan tentunya tidak disampaikan pada seluruh golongan dan kedudukan bawahan, artinya jika karyawan masih golongan bawah maka rahasia perusahaan yang diketahui pun hanya sedikit. Namun sebaliknya jika sudah berpangkat tinggi di perusahaan, maka karyawan tersebut akan lebih banyak mengetahui privasi perusahaan.

Sistem ini juga memiliki keunggulan, seperti bawahan ikut memikirkan kondisi perusahaan, kerangka perusahaan diketahui umum, lebih memacu kreativitas, bawahan merasa mendapat pendidikan dan pengarahan, adanya sikap kerjasama; tolong-menolong; dan kebersamaan, memiliki tanggung jawab yang sama, dan tidak ada sifat buruk sangka. Sedangkan untuk kelemahannya sendirian, yakni pengambilan keputusan terkesan lambat serta tidak meyakinkan, rahasia perusahaan tidak terjamin, timbul sikap penilaian positif atau negatif, serta kemampuan manajer akan lebih mudah diketahui sehingga berimbas pada wibawa.

Ada banyak universitas terbaik yang menawarkan kuliah untuk prodi Manajemen, bahkan untuk jenis kuliah online salah satunya binus online. Jika merasa berat dengan biaya kuliah Binus, kamu juga bisa memilih universitas lainnya yang menawarkan biaya lebih murah.

Democratic Management

Democratic management atau manajemen demokrasi merupakan sistem yang mana seluruh bawahan didengarkan aspirasinya, termasuk juga kritikan terhadap perusahaan tersebut yang dianggap membangun. Sistem ini lebih mengutamakan kegiatan musyawarah, jadi tidak ada pihak yang merasa dirugikan apabila terjadi pengambilan keputusan.

Ada beberapa keunggulan dari sistem demokrasi ini, seperti tidak ada sikap penguasa dan dikuasai, sikap tanggung jawab dimiliki oleh semua pihak, struktur serta kerangka organisasi diketahui kalangan umum, serta pengambilan keputusan lebih meyakinkan dan berguna untuk banyak pihak.

Tentu saja sistem ini juga memiliki kelemahan, seperti biaya yang dibutuhkan lebih banyak, sikap minoritas serta mayoritas untuk pengambilan pendapat cenderung terjadi, serta adanya sikap menang kalah pada saat argumentasi dan cenderung saling menyalahkan.

Umumnya, semua sistem manajemen di atas diterapkan di dalam sebuah perusahaan. Dari ke-4 sistem tersebut, tentunya masing-masing memiliki kelebihan tersendiri jika diterapkan pada perusahaan (namun kembali lagi pada individu yang menjalankannya). Jika seorang manajer perusahaan merupakan alumni jurusan Manajemen, tentu ia akan memahami sistem manajemen mana yang lebih tepat diterapkan sesuai dengan karakter dirinya.

 

Sistem Manajemen Calon Perusahaan

Loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *