daftar iklan mgid

Memilih SMP SMA Islam Terpadu Favorit di Bandung

Saat ini banyak lembaga pendidikan Islam bermunculan di Indonesia yang menawarkan konsep  penggabungan pendidikan Islam dengan materi-materi keislamannya dan pendidikan Nasional dengan materi-materi umumnya. Salah satunya  adalah dengan munculnya Sekolah Islam Terpadu  (SIT), mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Umum.

Yayasan Al Ma’soem Bandung

Sekolah Islam Terpadu

Secara umum, pengertian Sekolah Islam Terpadu (SIT) adalah sekolah yang berciri khas keagamaan (agama Islam) yang mengintegrasikan antara keilmuan sains dengan Al-Quran melalui pendekatan sebuah pembelajaran keterpaduan Sains dan Al-Quran.

Sebenarnya, sekolah atau pendidikan Islam di Indonesia sudah ada sejak lama yang ditandai oleh  munculnya pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam. Dalam perkembangannya secara bertahap, mulai dari yang sangat sederhana, sampai pada tahap-tahap yang sudah terhitung  modern dan lengkap. Dan mulai awal abad ke 20 sistem pendidikan Islam mulai menemukan  bentuknya dengan hadirnya Sekolah Islam Terpadu seperti terlihat saat ini yang merupakan penyesuaian diri dan masuk ke dalam sistem pendidikan umum.

Perubahan lembaga pendidikan Islam dengan banyaknya menggunakan sistem pendidikan modern dan pendidikan Islam sebagai filosofis utama, atau istilahnya “terpadu”, menjadikan lembaga pendidikan Islam dapat lebih maju dan berkembang.

Konsep terpadu dalam lembaga pendidikan Islam, antara lain:

  • Keterpaduan antara orang tua dan guru dalam membimbing anaknya.
  • Keterpaduan dalam  kurikulum
  • Keterpaduan dalam konsep pendidikan.
  • Keterpaduan antara stakeholder yang terkait dengan pendidikan tersebut.
Artikel rekomendasi Lentera kecil :  Pusdiklat Kemendikbud Siap Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional

Konsep terpadu menunjukkan bahwa dalam merumuskan tujuan pendidikan tidak hanya berpusat pada lembaga pendidikan saja, namun juga harus mampu terintegrasi dengan peran orang tua sebagai bagian dari pendidikan informal, kurikulum sebagai bagian dari pendidikan formal, dan ekstrakurikuler sebagai bagian dari pendidikan non formal.

Bagi banyak orang tua di Indonesia yang mayoritas beragama Islam, maka dengan munculnya Sekolah Islam Terpadu dapat menjadi solusi atas kebutuhan agama sekaligus penguasaan ilmu umum bagi anak-anak mereka. Menyekolahkan anak di lembaga pendidikan Islam menjadikan  tuntutan ketidakmampuan yang mendalam atas pengetahuan keislaman sekaligus belajar ilmu umum.

Sekolah Islam Terpadu favorit selalu dicari dan dipilih para orang tua dengan tidak mempedulikan jumlah biaya yang akan dikeluarkan. Yang terpenting adalah anak-anak mereka dapat menguasai ilmu umum sekaligus menguasai ilmu agama.

Sekolah Islam Terpadu dianggap sebuah lembaga pendidikan yang mampu mengintegrasikan materi pengetahuan keagamaan dengan materi pengetahuan umum dengan visi dan misi untuk  mengintegrasi kedua bentuk ilmu tersebut. Misalkan Yayasan Pendidikan Al Ma’soem Bandung yang menyelenggarakan Sekolah Islam Terpadu mulai dari tingkat PG, TK, SD, SMP hingga SMA Islam di Bandung. Banyak orang tua merasa puas dengan output lembaga pendidikan Islam tersebut.

Artikel rekomendasi Lentera kecil :  Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

SMP SMA Islam Terbaik dan Boarding School di Bandung

SMP SMA Islam Terpadu Favorit di Bandung

Di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan lain-lainnya, bermunculan dengan pesat sekolah berbasis keagamaan. Bahkan dapat dikatakan bahwa 80% sekolah-sekolah swasta yang baru dibuka tersebut adalah sekolah berbasis keagamaan, baik itu di kompleks-kompleks perumahan mewah maupun di daerah.

Yayasan Al Ma’soem Bandung yang sejak awal didirikan pada 1986, telah memiliki tanggung jawab sosial dan kepedulian terhadap pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan menyelenggarakan pendidikan Islami baik itu secara formal maupun non formal.

  • Pendidikan Formal: Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Universitas.
  • Pendidikan Non Formal: Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM), Kursus Komputer & Bahasa (LPK & LPB), Bimbingan Belajar, Kursus, A.

Yayasan Al Ma’soem Bandung sebagai lembaga pendidikan Islam terus melakukan perubahan dan memformulasikan pendidikan yang lebih baik lagi dengan banyaknya menggunakan sistem pendidikan yang mengadopsi sistem modern dan menempatkan pendidikan Islam sebagai filosofis ilmu yang utama. Meskipun demikian, pendidikan khas Al Ma’soem atau Budaya Al Ma’soem tetap dipergunakan.

Artikel rekomendasi Lentera kecil :  Jadwal Pelaksanaan Sertifikasi Guru PLPG 2016

Sekolah Islam Terpadu Yayasan Al Ma’soem Bandung sebagai bentuk satuan pendidikan pra-dasar, dasar, dan menegah memiliki peran yang sangat strategis dalam membangun, membentuk,  membina dan mengarahkan anak didik menjadi manusia yang seutuhnya.

Bagi orang tua yang ingin mencari pendidikan untuk siswa SMP Islam di Bandung maupun SMA Islam di Bandung, SMP dan SMA Al Ma’soem bisa menjadi pilihan. Bagi yang tinggal di luar Bandung, tidak perlu khawatir karena Yayasan Al Ma’soem Bandung tersedia program Boarding school atau asrama sekolah maupun Pesantren Siswa.

SMP Al Ma’soem
SMP Al Ma’soem – SMP Islam di Bandung

Masalah kedisiplinan diberlakukan kepada seluruh partisipan pendidikan, yaitu siswa, guru, pengelola, dan pengurus Yayasan. Sebagai konsekuensinya akan diberikan sanksi tegas, terukur, dan konsisten.

SMA Al Ma’soem
SMA Al Ma’soem – SMA Islam di Bandung

Beberapa program unggulan yang ada di Lembaga Pendidikan Yayasan Al Ma’soem Bandung menjadikan salah satu Sekolah Islam Terpadu dan Boarding school Favorit di Bandung.

Informasi Kontak

Yayasan Al Ma’soem Bandung (YAB)

  • Alamat :Jl. Raya Cipacing No. 22, Jatinangor – Sumedang
  • Telepon :(022) 7798204 / 7798243 / 7792448
  • Email:info@masoem.com

 

Memilih SMP SMA Islam Terpadu Favorit di Bandung

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *