Pendidikan

Mengapa NISN – Data Siswa Tidak Keluar

Mengapa Data Siswa NISN tidak keluar? Pertanyaan ini pasti muncul ketika mencari Data Siswa maupun NISN, namun tidak muncul di kolom hasil pencarian pada website http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

Perlu diketahui, website milik kemdiknas ini merupakan peralihan dari website dapodik.org yang mulai dikembangkan pada tahun 2006 oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri dikenal dengan Biro PKLN Depdiknas di masa itu.

Mulai Desember 2011 Tim DAPODIK Biro PKLN sesuai keputusan dan kebijakan PDSP, agar tidak terjadi dualisme sistem DAPODIK, layanan pada situs dapodik.org telah ditutup pada tanggal 1 Januari 2012. Dan mulai saat itu sistem Nomor Induk Satuan Pendidikan (NISP) dan Nomor Induk Peserta Didik dikelola oleh Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengapa Data Siswa NISN Tidak Keluar

Mengapa NISN tidak keluar

Kemungkinan bisa disebabkan oleh:

  1. Proses Data masih/sedang berlangsung.
  2. Data Siswa belum diajukan lewat dapodik.
  3. Kesalahan input data yang menimbulkan perbedaan isian data antara data base dengan data pencarian.
  4. Server http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data mengalami masalah

Langkah apa jika Data Siswa NISN tidak keluar?

Untuk siswa yang bersangkutan, dapat menanyakan langsung kepada Kepala Sekolah atau petugas operator sekolah yang ditunjuk. Apakah data siswa NISN sudah dikirim (input)? Jika sudah, cek kembali ke-valid-an data yang telah dikirim. Jika belum?

Saat ini NISN sudah terintegrasi dengan Dapodik, sehingga pihak operator dengan mudah mengajukan NISN baru bagi siswa yang belum memiliki. Sebelumnya pengajuan permohonan baru NISN dengan cara menggunakan Formulir A.1. yang telah diisi data siswa dan ditandatangani oleh Kepsek berikut stempel sekolah. Kemudian Formulir A.1. di scanner dan disimpan dalam format file pdf lalu dikirim via email nisn_pdsp@yahoo.com dengan subject:  “Pengajuan NISN Baru dari Sekolah…. (sebutkan nama sekolah)” Tentu saja hal ini sangat ribet.

Untuk itu, fasilitas pencarian NISN secara online adalah hanya sebagai informasi saja, apakah sudah benar data siswa tersebut. Jika masih ditemukan kekeliruan baik itu nama, tanggal lahir maka siswa dapat mengajukan perbaikan dengan membawa hasil scan akta kelahiran atau kartu keluarga (dalam bentuk file gambar jpeg atau png), kemudian operator sekolah akan meng-input perbaikan data. Update, operator sekolah segera mengkonfirmasi perbaikan data ke operator dinas kabupaten atau kota.

 

 

Data Siswa NISN Tidak Keluar – Lentera Kecil

Loading...

Lentera kecil media online sarana pembelajaran pendidikan yang informatif, inspiratif dan edukatif

87 Comments

  • Sri haryani

    Arti kode nomor NISN di tiga angka pertama artinya tahun lahir. Sedang anak saya lahir tahun 2006, tiga angka pertama nomor NISNnya 306. Harusnya 006. Pertanyaan saya apakah nomor NISN anak saya gak ada masalah? Mohon penjelasannya. Terimakasih

  • Sri haryani

    Saya orang tua murid. Anak saya sudah kelas 6 SD Negeri. Sudah menjelang ujian nasional. Tapi belum punya NISN. Saya sudah menemui operator sekolah katanya sedang diurus. Langkah apa saya sebagai orang tua supaya anak saya cepat mendapatkan nisn? Mengingat waktu ujian sudah dekat. Sedang jawaban pihak sekolah masih ngambang. Apa saya harus datang langsung ke dinas?

  • jurianto

    ada anak saya tidak terinput datanya kelas 1 pak. sekarang sudah kelas 6 dan jumlahnya 4 orang. bagaimana caranya pengajuannya pak

  • Gunadi

    saya salah satu operator Madrasah Ibtidaiyah,seperti yg kita ketahui bersama bahwa untuk madrasah itu data diambil dari emis bukan dari dapodik,yg ingin saya tanyakan kenapa nisn pada madrasah kami itu hanya dimulai dari kelas 4 saja?pdahal kami tiap semester selalu update emis,kami agak kesulitan ketika ada salah satu wali murid yang meminta nisn anak kelas 1, 2 dan 3 dan kami tidak mempunyai nisn tersebut. Terima kasih

    • LenteraK

      NISN tetap dalam satu naungan kemendikbud. Operator Madrasah (seperti operator dapodik) fokus ke Aplikasi EMIS Pendis saja dan pastikan semua data siswa lulus dalam Validasi Data di tingkat Kemenag Kabupaten. Operator Madrasah hanya bisa menunggu sampai diterbitkan NISN.

      Operator Madrasah bisa memantau perkembangan data siswanya terkait NISN di vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id. Jika ada masalah hubungi Operator Kemenag Kabupaten. Pastikan sudah melakukan pendaftaran di VerValPD Kemenag.

  • Elise

    Saya operator sekolah, nisn siswa kelas 2 dan 3 sekolah kami belum ada yang keluar. Saya harus urus kemana ya agar nisn siswa-siswa tersebut bisa keluar? Terimakasih pencerahannya…..

  • Maulid

    Saya sdh lulus dari MI dan kata kepala sekolah MI saya bisa menguruskan no nisn nah pas saya sdh lulus di ijazah saya tdk di catat no nisn nya jadi saya harus mengurus ke mana

  • ira rahmawati

    Assalamualaikum…
    satu murid yang sudah dinyatakan lulus seleksi tidak bisa direkomendasikan ke bidikmisi dikarenakan NISN nya katanya bermasalah… dan harus cek verval…dan pihak sekolah ssudah menge-cek dan ternyata nama anak tersebut ada, NISN dinyatakan valid. tp ketika dicoba lagi bidikmisi masih menolak dengan alasan sama soal NISN…
    adakah teman2 pernah mengalami yang demikian?? harus kemana kami meminta bantuan?? kasihan kalau anak tersebut hilang kesempatan….

  • Dian Aprianto

    Nomer NISN saya ada di ijazah tetapi saya cek di web data saya tidak ada. Apakah yang harus saya lakukan. Terima kasih atas bantuannya

    • LenteraK

      Kemungkinan data siswa di dapodik salah atau belum diinput. Pihak sekolah (operator) harusnya sudah menyelesaikannya karena NISN siswa baru otomatis terekam lewat Dapodik (kecuali pindahan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *