Apa Manfaatnya Memelihara Kucing untuk Kesehatan?

Manfaat Memelihara Kucing

Ketika melihat teman kamu memelihara kucing, apakah terbesit pertanyaan di pikiran kamu apa manfaatnya memelihara kucing hingga banyak orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan mereka.

Bagi para pecinta kucing, hewan tersebut sudah dianggap sebagai anak mereka sendiri.

Mereka memenuhi semua kebutuhan kucing dari tempat tinggal yang nyaman, makanan yang berkualitas, hingga memberikan proteksi berupa asuransi hewan peliharaan.

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Berdasarkan survey dari Rakuten Insight pada tahun 2018, Indonesia menjadi negara di Asia yang penduduknya paling banyak memelihara kucing.

Hewan kucing memiliki nama latin Felis silvestris catus. Dirangkum dari berbagai sumber, kucing sudah hidup membaur dengan manusia sejak ribuan tahun sebelum masehi.

Dahulu kala, kucing dimanfaatkan oleh manusia untuk mengusir hama tikus yang bersarang di lumbung padi mereka. Namun, sekarang banyak orang memelihara kucing sebagai teman hidup agar tidak merasa kesepian

Apa Manfaatnya Memelihara Kucing

Pada zaman sekarang, manfaatnya memelihara kucing bukan hanya sebagai pengusir hama saja, akan tetapi bermanfaat untuk kesehatan fisik dan juga mental.

1. Membantu mengurangi stress

Jika kamu perhatikan hewan yang satu ini tingkahnya sangat menggemaskan. Cara mereka berlari, mengibaskan ekor, hingga manjanya ketika meminta makan bisa membuat kamu tertawa.

Tingkah mereka yang lucu tersebut tentu saja menimbulkan rasa senang pada diri kita. Hal ini akan meningkatkan serotonin pada otak. Manfaatnya, kamu akan menjadi bahagia dan akan menghindarkan kamu dari rasa stress.

Bayangkan ketika kamu lelah pulang kerja, ketika sampai di rumah kamu akan disambut oleh tingkah lucu dari si kucing kesayangan. Beban pikiran dan stress yang tadinya kamu rasakan akan menghilang dalam sekejap.

2. Mengurangi risiko berbagai penyakit

Manfaatnya memelihara kucing bagi manusia juga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit.

Seperti yang sudah diketahui bahwasanya kucing bisa membuat bahagia, sehingga hati dan pikiran juga akan menjadi lebih sehat.

Dengan bertambah bahagianya pemilik kucing, tingkat stress menurun, sehingga tekanan darah pun menjadi lebih rendah.

Menurut berbagai riset yang dilakukan para ahli yang diterbitkan dalam jurnal berjudul “Journal of Vascular and Interventional Neurology”, memelihara hewan kucing bisa mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit gagal jantung.

Menurut Prof. Adnan Qureshi yang dikutip dari health.grid.id, dikarenakan kucing bisa mengurangi stress dan kecemasan pada pemiliknya, maka hal ini juga berdampak dengan menurunnya risiko penyakit jantung pada pemilik kucing tersebut.

3. Melindungi rumah dari hama tikus

Apa lagi manfaatnya memelihara kucing bagi manusia? Manfaatnya yang berikut ini sudah diketahui oleh manusia sejak beribu tahun lalu.

Kucing yang merupakan musuh alami dan merupakan predator bagi tikus, telah dimanfaatkan oleh manusia untuk mengusir tikus dari lumbung padi mereka.

Saat ini, tikus bukan hanya berkeliaran di lumbung padi saja, tetapi di rumah-rumah mewah perkotaan, tikus juga bisa kita temui.

Cara alami untuk mengusir tikus ini dari rumah kamu adalah dengan memelihara kucing. Kucing dengan naluri alaminya akan mengusir setiap tikus yang ada di rumah kamu.

4. Membantu meningkatkan suasana hati

Bagi kamu yang moody-an dan mudah merasakan suasana hati yang tiba-tiba berubah, maka manfaatnya dari memelihara kucing yang satu ini bisa membantu kamu meningkatkan kembali suasana hati.

Apa yang membuat kucing bisa meningkatkan suasana hati kamu? Hal ini dikarenakan tingkah laku kucing yang lucu bisa membuat kamu tertawa, sehingga mood kamu yang tadinya jelek berubah menjadi lebih baik.

5. Membantu menyembuhkan nyeri otot tulang

Kucing bisa menyembuhkan nyeri otot tulang. Mungkin hal ini terdengar aneh. Namun, berdasarkan penelitian, kucing tidur dengan mendengkur. Dengkuran inilah yang membantu penyembuhan nyeri otot tulang.

Penjelasan ilmiahnya yaitu dengkuran kucing mengeluarkan frekuensi getaran yang berkisar 20-140 Hz.

Frekuensi getaran tersebut adalah getaran yg sangat pas untuk membantu menyembuhkan otot tulang, otot tegang hingga memperbaiki tendon. Manfaatnya, kamu akan merasa lebih baik setelah mendengar dengkuran kucing.

6. Memperluas pertemanan dengan komunitas pecinta kucing

Mengapa memelihara kucing bisa memperluas pertemanan? Bagi kamu yang mempertanyakan hal ini, penjelasannya adalah karena saat ini begitu banyak komunitas pecinta kucing  yang terbentuk.

Komunitas ini biasanya membahas tentang bagaimana cara memelihara kucing, apa yang harus dilakukan jika kucing sakit, dan bahasan seputar kucing lainnya.

Tidak jarang mereka sering mengadakan pertemuan dan berkumpul dengan agenda seputar dunia kucing.

Kamu bisa bergabung dengan komunitas tersebut dan memperluas pertemanan kamu dengan mereka.

7. Menghilangkan rasa kesepian

Kucing bisa  menghilangkan rasa kesepian. Apa hubungannya kucing dengan rasa kesepian? Kucing bisa menjadi teman yang menghibur kamu dengan tingkahnya yang lucu dan menggemaskan.

Tidak jarang saat ini kita bisa melihat banyak orang yang sibuk hingga tidak ada waktu untuk sekedar bersosialisasi dengan teman. Hal ini tanpa disadari akan menimbulkan perasaan sepi. Kekosongan rasa emosional ini bisa tertutupi jika kamu memelihara kucing.

Penelitian yang dilakukan oleh Moriah Galvan dan Jennifer Vonk menunjukkan bahwa kucing peka dengan emosi yang ditunjukkan manusia.

Artinya, jika kamu merasa kesepian, kucing kesayanganmu tahu hal itu dan mereka akan memberikan reaksi yang membuat kamu lupa apa itu kesepian.

Setelah kamu mengetahui apa saja manfaatnya memelihara kucing, tentu saja akan membuat rasa sayang kamu semakin bertambah untuk si kucing. Rasa ingin melindungi akan muncul karena khawatir kucing kamu akan sakit atau hilang.

Saat ini kamu bisa membuang rasa khawatir tersebut dengan memberikan perlindungan terbaik untuk kucing kesayangan kamu dengan asuransi hewan peliharaan.

Apa saja manfaatnya? Kamu akan mendapatkan jaminan kehilangan akibat pencurian, jaminan kematian karena kecelakaan, dan penggantian pihak ketiga. Manfaatnya akan berbeda-beda tergantung jenis proteksi apa yang kamu pilih.

Lebih lengkapnya mengenai proteksi hewan peliharaan dan proteksi lainnya ada di https://simasinsurtech.com/.                              

Demikian pembahasan mengenai apa saja manfaatnya memelihara kucing. Jadi, jangan ragu untuk memelihara kucing karena manfaatnya sangat banyak bagi kamu.

 

Manfaat Memelihara Kucing untuk Kesehatan

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.