daftar iklan mgid

Pengertian Treadmill dan Tips Berolahraga

Satu hal penting yang tentunya akan membuat tubuhmu semakin sehat adalah olahraga yang rutin dan makan makanan yang bergizi. Salah satu olahraga yang sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja adalah berlari.

olahraga Menggunakan Treadmill

Namun, terkadang kita merasa sangat malas untuk berolahraga keluar rumah dibawah terik matahari yang menyengat. Salah satu solusi untuk tetap berolahraga tanpa harus repot berpanas-panasan adalah dengan menggunakan alat treadmill.

Apa Itu Treadmill? 

Treadmil adalah salah satu jenis olahraga yang akan melatih otot jantung atau disebut juga cardio. Sama seperti olahraga lari, dengan menggunakan alat treadmill ini penggunanya akan mengaplikasikan gerakan jalan, dari lambat hingga cepat.

Alat ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau, harga treadmill terbaik berkisar di Rp 4 jutaan hingga puluhan juta.

Tips Berolahraga Menggunakan Treadmill

Jika Anda melakukan olahraga secara teratur dengan alat treadmill, tentu saja rutinitas ini akan menghancurkan lemak yang ada di tubuh Anda. Nah, berikut ini adalah beberapa tips berolahraga menggunakan treadmill agar kebugaran dalam tubuh bisa didapatkan secara efektif:

Lentera kecil:  Manfaat Isi Gas Nitrogen Untuk Ban Mobil

1. Paham Betul Akan Alat Treadmill yang Dimiliki

Sebelum berolahraga rutin menggunakan treadmill, sebaiknya pahami dulu alat treadmill yang Anda punya. Jangan hanya asal tahu cara menyalakan dan mematikan alatnya saja, namun ketahui juga berbagai fitur yang terdapat pada alat tersebut.

Ketahuilah fungsi kontrol panel statistik yang ada pada treadmillnya. Anda bisa membaca manual book atau bertanya pada sales/toko jual treadmill yang Anda pilih ketika membeli alat tersebut.

2. Waktu dalam Berolahraga itu Penting

Jangan asal-asalan menyeting waktu dalam menggunakan treadmill. Sebenarnya memang tidak ada aturan resmi mengenai waktu penggunaan alat ini. Berolahraga selama 30 menit dengan benar tentu saja lebih baik dibandingkan Anda berolahraga dalam rentang waktu 1 jam namun teknisnya tidak benar.

Sebagai saran saja, berlari menggunakan treadmill dengan waktu 30 menit seharusnya sudah cukup jika ingin mendapat tubuh yang bugar dan sehat.

Lentera kecil:  Pelabuhan Donggala Sisa Kejayaan Masa Lampau

3. Pemanasan Terlebih Dahulu

Agar tubuh tidak kram saat berolahraga, maka jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelumnya, tak terkecuali ketika Anda akan melakukan olahraga lari menggunakan alat treadmill.

Pemanasannya juga tidak perlu lama, regangkan otot kaki pelan-pelan, ulang terus hingga semua otot dirasa sudah nyaman dan siap, Anda bisa langsung berolahraga dengan nyaman.

4. Variasikan Berlari dengan Incline

Alat treadmill yang lengkap dan terbaik, pasti sudah mempunyai fitur inklinasi atau incline. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat berlari seolah-olah pada permukaan tanah yang mempunyai kemiringan tertentu (menanjak).

Untuk dapat membakar lemak dengan cepat khususnya pada tubuh bagian bawah, variasikan incline pada mesin treadmill Anda. Tidak perlu dengan speed/kecepatan yang maksimal, Anda juga bisa berjalan santai namun menanjak.

5. Jangan Langsung Setting dengan Kecepatan Maksimal

Lentera kecil:  5 Obat Pengubah Dunia Kesehatan

Sebenarnya tips ini ada hubungannya dengan pemanasan. Alangkah baiknya jika pada awal menyeting alat treadmill, jangan langsung dengan kecepatan maksimal. Jika langsung, bisa saja otot-otot pada tubuh Anda belum siap, dan pada akhirnya akan mengakibatkan kram.

6. Jangan Cepat Bosan

Aktivitas olahraga yang begitu-begitu saja tentu akan membuat Anda merasa bosan, itu adalah hal yang wajar. Maka dari itu, buatlah olahragamu menjadi lebih menyenangkan. Anda bisa sambil mendengarkan musik, berolahraga bersama teman, pergi ke gym, dan lain-lain.

Anda juga bisa memotivasi diri sendiri untuk melakukan olahraga menggunakan treadmill secara rutin. Misalnya, membayangkan body goals seperti artis-artis hollywood yang memang selalu menjaga kesehatan dan tubuhnya.

Selamat berolahraga!

 

Pengertian Treadmill dan Tips Berolahraga

Lentera Kecil

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *