Blogging

Penggunaan VPS Untuk Performa Website Lebih Baik

Mengapa memakai VPS untuk hosting dapat membuat performa website bisa lebih baik? Alasan mendasar adalah dengan VPS kita akan bisa mengatur sendiri konfigurasi website yang digunakan pada sebuah server yang merupakan kebutuhan penting. Secara garis besar ada 3 jenis server dan hosting yang paling umum digunakan yaitu Shared Hosting, Virtual Private Server (VPS) dan Dedicated Server.

Virtual Private Server (VPS) dapat dikatakan server yang berada diantara Shared Hosting serta Dedicated Server. VPS sangat direkomendasikan bagi pemilik website karena memberi banyak kelebihan mulai dari fitur yang fleksibel hingga harga yang ekonomis. Selain itu privasi yang lebih terjaga, berbeda dengan shared hosting yang lebih rawan karena digunakan bersama user lainnya.

Penggunaan VPS Untuk Performa Website Lebih Baik
Penggunaan VPS Untuk Performa Website Lebih Baik

VPS Untuk Performa Website

Memiliki sebuah website dengan traffic pengunjung yang tinggi tentu merupakan dambaan bagi pemilik website baik itu perorangan maupun korporasi. Namun, traffic kunjungan yang tinggi harus dibarengi oleh server yang handal. Untuk yang baru memulai mengelola website atau website masih minim pengunjung memang tidak ada salahnya menggunakan shared hosting di mana memiliki keterbatasan namun memiliki harga yang lebih murah.

Seiring waktu, jika pengunjung sudah mulai banyak dan untuk lebih meningkatkan performa website, mau tidak mau harus meng-upgrade layanan hosting ke Virtual Private Server (VPS) yaitu layanan webhosting yang punya banyak lebihan di bandingkan shared hosting, namun memiliki harga di bawah Dedicated Server.

Apalagi sudah ada teknologi SSD Cloud VPS yaitu server virtual yang memiliki proses secara dedicated. Berbeda dengan Shared Hosting, Cloud VPS murah DomaiNesia memberikan sebuah tempat khusus untuk menginstall aplikasi dan menggunakan semua resource Cloud VPS sendiri (tidak berbagi dengan pengguna lainnya) serta akan mendapatkan IP Publik yang unik.

VPS juga diperlukan untuk website yang memerlukan kapasitas “ruang” server yang besar, untuk lebih dapat meningkatkan performa website terhadap jumlah traffic kunjungan yang banyak. Dengan demikian, pengguna VPS dapat menginstall aplikasi web sendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Apalagi saat ini kecepatan loading website sangat diperhatikan oleh mesin pencari Google. Oleh karena itu, memakai VPS untuk hosting agar website lebih cepat dan sesuai dengan SEO. Baca juga kesalahan SEO yang banyak dilakukan oleh webmaster. Berbeda dengan shared hosting yang digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain sehingga jika ada pengguna yang resource server berlebihan, maka akan mengganggu pengguna lainnya.

Hal ini tentu tidak terjadi pada pengguna VPS, sehingga akan lebih hemat resource dan menghasilkan performa yang lebih baik. VPS dapat meminimalkan hal tersebut dengan menyediakan software khusus yang mencegah pengguna terlalu oversource dalam memakai spesifikasi yang ada.

Memang masih ada Dedicated Server yang memiliki performa dan kualitas serta berkapasitas lebih baik daripada VPS, namun tentu saja memiliki harga yang lebih mahal serta mungkin website belum secara konsisten mendapatkan traffic tinggi yang pada akhirnya hanya akan menjadi pemborosan uang dan tenaga saja. Sehingga jika memerlukan resource server yang tinggi dengan harga yang murah, maka VPS sudah lebih dari cukup.

Apalagi ada layanan hosting yang menyediakan VPS Unmanaged dimana pengguna yang ingin secara mandiri mengelola semua website yang dimilikinya tanpa campur tangan dari provider. Serta VPS Managed untuk pengguna yang ingin mendapatkan support atau bantuan dari teknisi server provider untuk lebih mudah dalam membangun website yang dimiliki.

Tentu saja VPS memiliki beberapa kekurangan sendiri terutama bagi yang belum familiar dengan bahasa sistem operasi Linux dimana linux lebih banyak digunakan sebagai operasi sistem jika dibandingkan dengan windows. Namun sekali lagi, tentu saja menggunakan VPS lebih disarankan agar performa website lebih baik bila dibandingkan dengan dua server hosting lain yang memiliki kekurangan yang sama atau bahkan lebih banyak.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan VPS sebagai hosting kamu? Domainesia Pilihan Penyedia Layanan VPS Indonesia Terbaik Saat Ini

 

Loading...

Media online sarana pembelajaran pendidikan dan pengetahuan informatif, inspiratif dan edukatif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *